Mengapa Sulit Berteman Dengan Orang Lain? Apakah Saya AntisosialNama : Ukhti
E-mail : xx.u@yahoo.com
Judul : Hai mba
Isi Konsultasi : Haii! Kenapa saya orang-orang menganggap saya itu antisosial? Saya yang selalu merasa gak enakan, malu jika blm trlalu akrab, pendiam, dan saya masih trauma dengan masa lalu saya, terhadap teman2 saya yang dulu sehingga saya kalo kdng ngumpul sama teman2 saya kdng bingung mau ngomong darimna, memulai pembicaraan darimana, dan bgaimna agar mereka senang dng kita tidak trsnggung dng sikap ucapan kita (semenjak masalah saya dengan teman saya).

Jujur saya pribadi sangat ingin bergaul, bersosialisai, punya bnya teman, saling membantu satu sama lain tapi gak tau kenapa seakan saya takut untuk memulai, takut untuk bersama. Saya kesepian sendiri, jika ada tugas kelompok saya suka kebingungan untuk kelompok dengan siapa. Saya iri dengan merka yg punya teman sahabat yang baik, saya iri merka yang memiliki kelompok teman tugas tanpa harus mencari kelompok, tanpa harus bertanya blh kah saya gbng dng klompok tugas, jika saya tak mndptkan kelompok tugas atau sdh full dri bts yg ditntukan saya trpaksa mngrjakan sendri individu saya sedih, kesepian. Dan seakan akan mereka menganggap saya itu antisosial dan mereka selalu menatap sinis dngn saya

Jawaban

Hai Ukhti, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat terus ya.

Oh iya, menanggapi keluhan dari anda, pertama-tama harus dipahami terlebih dahulu bahwa istilah antisosial sebenarnya merupakan kondisi dimana seseorang melakukan pelanggaran dan pembangkangan terhadap norma dan aturan sosial. Antisosial merupakan perilaku yang berkaitan dengan kriminalitas, kejahatan, dan perilaku menyimpang di lingkungan sosial. Jadi, jangan salah lagi ya, karena yang dialami oleh anda bukan antisosial namanya. Hanya saja mungkin anda adalah orang yang sulit bergaul dengan mudah.

Baca 6 Fakta Penting Dari Gangguan Kepribadian Antisosial

Dilihat dari kondisi anda, ada kemungkinan anda memang memiliki kecenderungan kepribadian yang introvert. Orang yang memiliki kecenderungan kepribadian introvert memang menunjukkan ciri-ciri sikap dan perilaku seperti anda. Tidak ada salahnya kok menjadi introvert yang sering menyendiri dan pendiam.

Mungkin, hal yang bisa anda lakukan adalah menerima diri anda apa adanya. Jadikan anggapan orang-orang sebagai hal yang membangun dan memberikan motivasi untuk anda. Yang sebenarnya harus anda lakukan bukanlah berusaha untuk menjadi orang yang mudah bergaul atau berubah menjadi ekstrovert, namun yang harus anda lakukan adalah selalu semangat dalam menjalani setiap aktivitas anda. Jangan pernah menyerah karena anggapan orang dan omongan orang lain. Diri anda mungkin memiliki kekurangan dalam membina relasi sosial dan juga interpersonal, namun pasti di dalam diri anda terdapat kelebihan yang mungkin belum anda ketahui.

Tugas anda adalah mengembangkan kelebihan yang anda miliki, dan fokuslah pada apa yang bisa anda lakukan dan nyaman anda lakukan. Jangan pernah merasa sedih karena anggapan orang, buatlah anggapan orang tersebut menjadi penyemangat anda dan menunjukkan bahwa “Aku Bisa!”. Ingat, berubah mungkin baik, namun tidak selalu akan menyelesaikan masalah. Jadilah diri sendiri dan kembangkan kemampuan dan kelebihan yang anda miliki. Psikologi Mania


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia

4 Comments

Comments are closed.