mengapa masalah datang

Datangnya suatu kondisi dimana manusia merasa terbatasi oleh hambatan yang tidak diharapkan merupakan gejala yang dirasakan oleh setiap orang, terutama bagi yang sedang mengalami suatu permasalahan. Pada umumnya suatu masalah menjadi alasan utama bagi individu ketika mengalami tekanan mental serta dampak negatf lainnya. Padahal suatu masalah ternyata datang untuk sebuah misi yang besar bagi anak manusia. Berikut ini alasan mengapa kita harus bersyukur ketika masalah datang :

  1. Proses Pendewasaan

Salah satu misi masalah datang kepada setiap individu tidak lain ialah untuk mendewasakan pemikiran menjadi lebih matang. Jadi lewati saja prosesnya dengan sebaik – baik usaha dalam menguraikan setiap permasalahan yang ditemui.

  1. Adanya Masalah Membuatmu Selalu Berpikir

Jika dilihat dari sisi kesehatan, selalu berpikir positif membuat kinerja otak semakin optimal. Masalah pada umumnya datang untuk segera dipecahkan hingga menemukan solusi yang tepat. Untuk menemukan solusi inilah setiap individu akan memutar otak dengan ide – ide yang muncul lalu menganalisanya dengan teliti.

  1. Masalah Menjadikanmu Semakin Tangguh

Setiap orang akan didatangi oleh suatu permasalahan yang justru menjadikannya jauh lebih tangguh dari segi fisik maupun mental. Jadi sangat tidak bijak sekali apabila anda lari atau menghindari permasalahan, karena sampai kapanpun suatu masalah tidak akan terselesaikan tanpa adanya sebuah solusi.

  1. Kaya Akan Pengalaman

Seberat apapun permasalahan yang datang apabila anda mau menyelesaikannya maka manfaat pertama  yang dapat dipetik ialah sebuah pengalaman. Dimana sebuah pengalaman akan membuat anda semakin mudah memecahkan permasalahan serupa bahkan membantu mencarikan solusi bagi orang lain.

  1. Masalah Adalah Sebuah Peluang

Percaya atau tidak, bahwa suatu permasalahan adalah sebuah peluang bagi setiap individu untuk meningkatkan segala potensi yang terpendam dalam diri seseorang. Tidak jarang bahkan suatu potensi diri baru diketahui setelah seseorang benar – benar merasa terhimpit oleh suatu permasalahan.

  1. Meningkatkan Fokus

Proses pemecahan dari suatu masalah tentunya membutuhkan fokus yang baik. Bahkan suatu permasalahan dapat menjadi indikator bahkan tolak ukur setiap individu dalam memfokuskan setiap perhatiannya. Semakin tinggi tingkat kefokusan seseorang dalam menguraikan masalah maka semakin cepat pula ide ditemukan dan dapat menjadi sebuah solusi.

  1. Awal Mula Munculnya Ide Baru

Dampak positif lain dari suatu permasalahan yakni munculnya ide baru yang tentunya tidak akan didapatkan jika hidup kita lenggang begitu saja. Setiap individu diciptakan untuk mempunyai potensi atau kemampuan dalam bertahan serta menciptakan gagasan baru ketika ia benar – benar terhimpit suatu permasalahan. By : Nurus Syarifatul Ngaeni