3 Langkah Jitu untuk Menerapkan Cara Mengajar Yang EfektifCara Mengajar Yang Efektif. Jika Anda berprofesi sebagai seorang pengajar, entah di sebuah sekolah, di tempat kursus atau mungkin di tempat penitipan anak sekalipun. Beberapa di antaranya tentu pernah mengalami kebekuan di saat berhadapan dengan anak-anak yang akan anda bimbing.

Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah anda menyampaikan materi atau materi anda telah selesai sebelum pada waktunya. Tidak jarang pula para pengajar mengalami hal yang demikian. Lalu, apa yang akan Anda lakukan? Tak jarang anda meninggalkan mereka begitu saja bukan?

Mengajar merupakan suatu kegiatan yang tidak selalu mudah untuk dilakukan. Biasanya hal tersebut terjadi dikarenakan anak didik kurang fokus atau dikarenakan anak didik tidak terlalu suka dengan apa yang pengajar sampaikan.

Cara Mengajar Yang Efektif

Transfer informasi merupakan tujuan utama dari proses mengajar. Oleh karena itu, mengajar harus dilakukan secara efektif agar informasi dapat diterima dengan baik. Lalu, adakah tips yang dapat dilakukan untuk mengajar secara efektif? Nah, berikut ada tiga tips untuk mengajar efektif.

  1. Berinteraksi

Anda mungkin akan berhadapan dengan lebih dari tiga atau mungkin lima orang sekaligus ketika sedang mengajar, bahkan untuk para pengajar di sekolah dalam satu kali pertemuan, bisa jadi para pendidik bertemu tiga puluh anak peserta didik secara langsung.

Terkadang, para pengajar tidak ingin ambil pusing dengan jumlah anak didik yang berada di hadapan mereka. Pengajar cenderung menginginkan mereka duduk diam dan mendengarkan apa yang pengajar sampaikan, memberikan tugas, lalu membiarkan anak didik mengerjakan.

Hal tersebut sangatlah tidak efektif. Cobalah untuk berinteraksi dengan anak didik anda. Beri waktu mereka untuk bertanya, berdiskusi, dan menyampaikan pendapatnya di kelas, tentu bersama dengan Anda.

Dampingi anak-anak untuk membuat diskusi kecil dan berinteraksilah dengan mereka. Hadirkan diri Anda sebagai teman belajar, bukan sebagai pendikte informasi untuk mereka.

  1. Suasana Demokratis

Demokratis dalam mengajar merupakan salah satu cara transfer informasi yang baik. Informasi tidak hanya datang dari pengajar melainkan juga dapat diterima dari banyak sumber melalui anak didik yang diberikan ruang untuk, berdiskusi, mengungkapkan pendapat, dan kesempatan memperbaiki informasi sendiri, apabia ternyata hal yang disampaikan kurang tepat.

Dari suasana demokratis. anak-anak akan lebih nyaman untuk berbicara karena mereka dapat mengeluarkan isi pikiran mereka. Mereka juga akan belajar dalam mengendalikan emosi mereka, ketika ada pendapat yang sama. Suasana tidak akan tegang dan berusahalah untuk menjadi partner belajar, bukan menjadi pusat dalam kelas.

  1. Sarana yang Menunjang

Buatlah kelas menjadi tempat yang nyaman dengan sarana yang memadahi, seperti dengan mengubah tatanan meja ketika anak didik hendak membuat diskusi ataupun debat.

Usahakan kelas memiliki jendela agar udara dari luar tetap dapat masuk dan selalu menjaga kebersihan. Sarana yang menunjang akan membuat anak didik lebih mudah untuk berpikir dan belajar. Dari sana tubuh mereka juga tidak akan lelah kemudian menjadi malas untuk belajar.

Mengajar secara efektif sebenarnya memudahkan proses transfer informasi dari pengajar kepada anak didik atau dari anak didik kepada sesamanya. Menghargai anak didik dan membiarkan mereka mengeluarkan pendapatnya adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, bukankah Anda menginginkan anak didik yang tidak hanya diam dan mendapatkan nilai baik melainkan mereka berani untuk bicara dan menyampaikan pendapat?

Itulah beberapa cara menerapkan cara mengajar yang efektif, semoga dapat di aplikasikan.

By Tri Indarti