Menebak Tipe Kepribadian Seperti Apakah Dirimu?

Menebak Tipe Kepribadian Seperti Apakah Dirimu?

February 14, 2017 Off By admin

Menebak Tipe Kepribadian Seperti Apakah Dirimu?Tipe Kepribadian – kepribadian adalah corak atau ciri khas yang di miliki oleh setiap orang. Tentu saja ia berbeda – beda, dan hanya ada satu orang saja yang memiliki kepribadian seperti itu. Meskipun ia adalah saudara kakak adik, atau saudara kembar, antara satu sama lain pasti memiliki kepribadian yang berbeda – beda.

Secara garis besar memang ada seseorang yang gampang marah. Misal ayah adalah orang yang mudah marah. Lantas sikap ini juga di turunkan pada anak ke tiga, yang juga mudah marah. Namun sifat yang lain tentu berbeda – beda lagi. Misal, meskipun ayah mudah marah namun ia sangat pemikir. Sedagkan anak ke tiga meskipun ia mudah marah, namun sebenarna hatinya lembut.

Tipe – tipe kepribadian ini sudah sejak lama di rumuskan oleh ahli psikolog. Beliau adalah Carl Gustav Jung. Penemuan beliau sangat banyak di bidang psikologi. Terutama dalam bidang kepribadian manusia. Menurut Jung, seseorang itu memiliki 2 kecenderungan dasar yang kuat. Di antara dua kecenderungan itu, manusia hanya akan orientasi lebih banyak pada satu hal.

Seperti apakah kepribadian menurut Jung ?

Inikah tipe kepribadian mu ?

Kepribadian atau corak sikap manusia itu berbeda – beda. DI antara 2 pilihan, biasanya ia akan cenderung pada satu hal. Sikap kecenderungan ini yang akan membentuk perilaku dan sifat manusia. Dari sinilah seseorang bisa di prediksi sifatnya dan perilakunya di masa datang. Lantas apa saja kecenderungan itu ? Manakah yang masuk seperti diri anda ?

  1. Introvert dan Ekstrovert

Untuk melihat apakah ia seseorang yang ekstrovert atau introvert, anda bisa melihat perilaku dan kesukaannya. Jika ia adalah seseorang yang sangat berorientasi dengan dunia luar, maka ia memiliki kepribadian ektrovert. Sedangkan jika ia memiliki orientasi dengan dunia dalam atau pribadi, maka ia masuk dalam kepribadian introvert. Lantas maksud dari dunia luar dan dalam itu bagaimana ?

 Seseorang yang ekstrovert, ia cendrung untuk suka sekali untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Berkumpul, bercerita masing – masing dengan beberapa kawan, suka membentuk dan membangun relasi sosial, aktiv melakukan banyak hal, memiliki komunitas, dan semua hal yang sifatnya action oriented. Orang – orang ini sangat nyaman jika berada di dunia bebas

Tak hanya itu saja, mereka dengan kecendrungan berkepribadian ekstrovert akan merasa tidak nyaman jika mereka harus di hadapkan pada kesendirian di tengah keramaian. Insting mereka untuk selalu berinteraksi dengan orang di sekitar membuat mereka selalu ingin mencari rekan yang dapat di ajak berinteraksi.

Mereka yang berkepribadian ekstrovert memang tak selalu harus terbuka kepada siapa saja, namun terkadang ada pula momen di mana seorang ekstrovert merasa nyaman dengan satu orang yang di jadikan teman untuk berdiskusi di bandingkan dengan orang banyak.

Berbeda dengan orang introvert. Mereka sangat suka mengeksplore dirinya sendiri. Tipe kepribadian ini suka menyendiri. Bukan karena tidak punya teman. Namun menurutnya, sendiri memberikan ketenangan dan kesenangan tersendiri. Suka membaca, menulis, dan tidak begitu suka bergaul. Biasanya orang – orang ini sangat detail dan memiliki konsentrasi tinggi.

BACA JUGA ARTI KEPRIBADIAN MENURUT PARA AHLI

2. Thinking dan Feeling

Kemudian, Jung juga mengelompokkan tipe kepribadian seseorang menganut bagaimana pola pikirnya. Berdasarkan teori yang cukup rumit, ada kecenderungan thinking dan feeling. Dua kecenderungan ini adalah mengenai bagaimana seseorang mengambil keputusan ketika berada dalam suatu pilihan. Seperti apakah mereka ?

Seseorang yang memiliki tipe thinking, ia adalah pemikir keras. Setiap masalah yang datang, lantas memiliki pilihan yang rumit, ia akan benar – benar memikirkan. Pilihan mana yang secara logika dan analisa menguntungkan. Biasanya mereka membutuhkan waktu yang lebih lama. Sebab perhitungannya benar – benar matang. Bahkan jarang meleset.

 Sedangkan seseorang yang menggunakan tipe feeling berbeda. Saat berada dalam suatu masalah, lantas ada pilihan-pilihan yang bisa di ambil. Biasanya mereka melibatkan perasaan dan empati. Ia melakukan prasangka mana yang lebih tepat menggunakan intuisinya. Waktu yang di gunakan untuk memilih lebih cepat. Meskipun hasil keputusannya tidak salah sasaran.

Dengan mengerti kepribadian di atas, harapannya kita semakin mengenal diri kita sendiri. Ingat, salah satu faktor penentu kesuksesan dalam hidup adalah saat kita mengetahui diri kita sendiri. By: Izzatur Rosyida