Mendiagnosa Gangguan Bipolar

Nama : Friski xxxx
Judul : Pemeriksaan Gangguan bipolar
Isi Konsultasi : Assalamualaikum Selamat MAlam Dok, Sebelumnya terima kasih karena telah bersedia membaca e-mail dari saya. Begini dok, saya sering membaca artikel mengenai penyakit gangguan bipolar disorder dan saya merasa semua gejala pada pasien bipolar ada pada diri saya. Jujur saya ingin sekali berkonsultasi secara langsung dgn psikiater namun sya takut bila ada orang yg tau saya terlibat dgn psikiater nanti saya di cap “ODGJ”.. Oleh karena itu saya harap dokter bisa membantu saya untuk mendiagnosa apa benar saya menderita bipolar atau hnya sekedar tekanan psikologi standar. Saya siap di anamnesa bila dlm pemeriksaan ini dibutuhkan anamnese. Terima kasih dokter Wassalamualaikum Selamat Malam Makassar, 11 Juli 2016

 

Jawaban: Sebelumnya untuk mba april trimakasih untuk mempercayakan pada kami. Namun memang perlu diketahui sebelumnya untuk dilakukan anamnesa memerlukan informasi yang lengkap, tentang apa yang anda keluhkan. Jika mengacu pada pertanyaan di atas, tentu belum bisa di lakukan anamnesa dengan baik. Dari cerita anda di atas, anda hanya menerangkan telah membaca penyakit bipolar dan merasakan gejala-gejalanya. Lalu gejala yang bagaimananya dan tepat seperti apa yang anda rasakan pun belum saya ketahui.

Namun untuk mba april anda tak perlu khawatir, untuk mendatangi para psikolog maupun psikiater tak mesti ODGJ kok. Justru mereka yang dengan kesadarannya untuk datang langsung menandakan bahwa ia memang tidak ODGJ. Stigma yang sekiranya menganggap bahwa, apabila seseorang mendatangi psikolog dan psikiater untuk di mintai bantuan adalah ODGJ itu tidaklah benar. Yakinlah bahwa ketika anda datang ke psikolog maupun psikiater adalah upaya anda untuk menjadi lebih sehat secara fisik maupun mental.

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan bahwa, jika anda merasakan gejala-gejala Bipolar disorder hingga hal tersebut mengganggu aktivitas sehari-hari anda maka sebaiknya memang mendatangi langsung psikolog terdekat.

 

Psikologi Mania