Saat Diri Egois Mencari Kasih Sayang Dari Orang Lain

Saat Diri Egois Mencari Kasih Sayang Dari Orang Lain

January 20, 2017 Off By admin

Saat Diri Egois Mencari Kasih Sayang Dari Orang LainNama : Siti xx
E-mail : yantisitwi214@gmail.com
Judul : trauma kehilangan orang terdekat (kasih sayang)
Isi Konsultasi : Permisi, saya ingin mengkobsultasikan masalah saya, saya pernah kehilangan seseorang yang saya sayangi yaitu ayah saya setelah itu saya merasa sangat takut kehilangan orang yang saya sayangi lagi, hingga sekarang setiap kali saya mempunyai masalah saya selalu teringat pada ayah saya kemudian berandai-andai beliau masih hidup. Saya sering merasa bahwa saya sendirian, terkadang saya seperti seseorang yang mencari kasih sayang dari ayah saya yang hilang, saya mencari kasih sayang itu pada orang lain, namun saya sering merasa kecewa jika saya diabaikan saya tidak tahu apakah itu bisa dikatakan saya egois? Mohon bantuannya

Jawaban

Hai Siti, bagaimana kabarnya? Semoga selalu baik dan sehat ya.

Kasih sayang – Kehilangan orang yang disayang memang menjadi salah satu fase perubahan hidup yang cukup berat, dan sulit untuk dilalui. Dari apa yang anda ceritakan, wajar saja anda mencari sosok orang lain yang bisa menggantikan Ayah anda, apalagi sosok ayah sudah anda anggap penting di dalam hidup anda. Mencari sosok lain yang bisa menggantikan Ayah anda bukanlah suatu hal yang egois, karena hal tersebut wajar adanya.

Namun yang bisa anda perhatikan adalah berhati-hatilah dalam memilih sosok pengganti ayah anda. pastikan sosok yang anda dekati memang benar-benar tulus dan juga sesuai dengan diri anda sendiri. Jangan sampai nantinya anda malah dimanfaatkan atau mengalami hal yang tidak diinginkan. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah mencoba untuk merelakan kepergian ayah anda. Ada kemungkinan anda memang masih belum merelakan kepergian ayah anda, sehingga anda masih mencari “pengganti”. Hal ini pastinya akan membutuhkan proses yang cukup panjang. Anda bisa mencoba untuk berkonsultasi secara langsung (tatap muka) dengan psikolog atau konsultan apabila anda merasa tidak nyaman dengan situasi anda yang cenderung mencari “pengganti” ayah anda tersebut.

Jika anda merasa kesulitan terkati pembiayaan dikarenakan jasa para professional cendrung berbayar, maka anda dapat mempercayakan pada mereka yang anda anggap dewasa, dan anda merasa nyaman untuk berbagi kisah dan kesedihan. Dari sana harapannya anda mendapatkan beberapa nasehat yang membangun, dan menenangkan hati anda.

Saran dari kami selain anda memang harus mengikhlaskan kepergian ayah anda, cobalah untuk lebih sering mengikuti beberapa kegiatan-kegiatan keagamaan, sosial, hingga kepemudaan di daerah anda. Jika anda tidak memiliki waktu luang, minimal anda aktif di lingkungan sosial anda. Jika anda aktif di lingkungan sosial anda, maka anda akan merasa memiiki rekan-rekan yang sekiranya dapat menyalurkan kesedihan yang tengah anda rasakan saat ini juga.

Melalui kesibukan itu pula anda akan mendpatkan beberapa pengalaman berharga, tentang apa artinya persaudaraan walaupun tak sedarah.

Mencari kasih sayang merupakan hasrat dasar manusia. Mencari kasih sayang juga merupakan kebutuhan alamiah seorang manusia. Tinggal bagaimana hasrat dasar dan kebutuhan alamiah tersebut mampu ditempatkan sebagaimana mestinya. Tak lupa dalam mencari kasih sayang kita membutuhkan hak dan kewajiban kita sebagai umat manusia. Manakala ia terpenuhi maka kasih sayang pun akan datang tanpa harus kita cari dan memaksakan kasih sayang tersebut datang pada diri kita. Psikologi Mania