Menangani Kecemasan Sebelum Maju Ujian

Menangani Kecemasan Sebelum Maju Ujian– Ujian adalah salah satu tolak ukur untuk menentukan keberhasilan dalam hal pembelajaran yang telah kita dapatkan saat ini. Dengan ujian maka seorang pembimbing ataupun pendidik akan mengetahui sejauh mana kemampuan hingga keberhasilan pembelajaran yang telah ia terapkan.

Namun biasanya ketika hendak menghadapi ujian tak sedikit orang yang dirundung masalah pada kecemasan. Kecemasan tersebut disebabkan oleh banyak faktor yaitu seperti pada belum siapnya kita terhadap apa yang akan di ujikan, Ketakutan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan hingga alasan ketakutannya menghadapi sang penguji.

Kecemasan yang terjadi mungkin sangat wajar untuk dialami oleh siapa saja, namun akan menjadi masalah apabila kecemasan yang dihadapi tersebut berlarut-larut dan menimbulkan dampak permasalahan pada perilaku yang berlebihan.

Perlu adanya penanganan yang dilakukan oleh diri sendiri sebelum kecemasan tersebut mengganggu aktivitas ujian anda nantinya. Berikut ini adalah beberapa trik untuk menangani kecemasan yang melanda diri kita.

  1. Mengatur Nafas

Ketika anda sedang cemas tentu deru nafas anda menjadi tak teratur, akibatnya ketika anda berbicara nada pun akan menjadi cepat. Oleh karena itu maka guna mengatur nafas agar normal, lakukanlah relaksasi nafas dengan menghirup nafas dalam-dalam, setelah itu hembuskanlah perlahan melalui mulut anda. Lakukan hal tersebut beberapa kali hingga anda merasakan relaksasi.

  1. Duduk

Setelah anda melakukan hal di atas cobalah untuk duduk tenang. Duduk yang tenang diketahui mampu untuk menurunkan tingkat emosi yang tengah tak beraturan diakibatkan oleh ketegangan karena cemas akan menghadapi ujian tersebut.

  1. Dengarkan Instrumental Musik

Berusahalah untuk tetap tenang, jika anda telah melalui fase di atas carilah kegiatan yang mampu memberikan ketenangan bagi diri anda contohnya adalah dengan mendengarkan musik instrumental. Para ahli psikoterapi bahkan menggunakan metode relaksasi musik untuk memulai terapinya terhadap orang yang mengalami kecemasan.

  1. Berdoa

Langkah selanjutnya adalah dengan mengucapkan doa. Entah itu anda mengucapkan istighfar ataupun lafalan doa lainnya akan membantu anda untuk menurunkan kecemasan yang tengah mendera anda. Dengan berdoa pun bahkan memiliki sebuah efek dhasyat bagi umat manusia. Dikarenakan dengan berdoa kita berada pada fase ikhlas dan penyerahan kepada yang maha kuasa. By : Muhamad Fadhol Tamimy