Bagaimanakah Cara Mempercepat dan Meningkatkan Berpikir KreatifNama : nana
E-mail : nanaxxx@yahoo.co.id
Judul : pertanyaan terkait kreatifitas (Berpikir Kreatif)
Isi Konsultasi : Permisi, sebelumnya saya ingin masuk jurusan desain atau seni rupa. Jurusan tersebut memerlukan kreatifitas yg tinggi, dan berfikir kreatif dgn cepat. Ujiannya pun menggunakan psikotes yg cukup berbeda dari kebanyakan psikotes. Nah yg ingin saya tanyakan, adakah dan bagaimana meningkatkan dan mempercepat berfikir kreatif dari sudut pandang psikologi? Terima kasih

Jawaban

Untuk nana, berfikir kreatif sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun agar terstruktur beberapa cara ini dapat nana lakukan dan coba praktikkan;

Yang pertama adalah Mencoba untuk menjalankan rutinitas-rutinitas baru dalam kehidupan keseharian anda.

Hal ini penting untuk di lakukan karena dengan mencoba hal-hal baru berarti anda akan menemukan pengalaman baru, kegiatan baru, dan tentunya pola pikir hingga sudut pandang baru.

Cara Meningkatkan Berpikir Kreatif

Cara kedua agar pola berpikir kreatif anda terasah adalah, dengan mencoba perbanyak untuk bertemu dengan orang baru. Hal ini dikarenakan, dengan bertemu orang baru, maka disitu pula anda akan memahami tentang sebuah perbedaan sifat dan karakter yang di miliki oleh orang lain. Kemampuan untuk memahami tersebut sangat berguna dalam penyelesaian-penyelesaian problem kehidupan yang tengah di hadapi sebagai study kasus.

Cara ketiga yang dapat dilakukan adalah dengan Lebih jeli mengamati lingkungan sekitar. Mengamati lingkungan sekitar memang terdengar sederhana untuk di lakukan. Namun hal sederhana ini yang seringkali di lalaikan oleh semua orang. Padahal jika kita mencoba untuk lebih jeli mengamati lingkungan sekitar, segala informasi yang penting dapat kita ambil sebagai informasi berguna untuk kehidupan nanti.

Cara keempat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan mempercepat berfikir kreatif adalah, segera menuliskan ide yang muncul ke dalam sebuah lembar kertas, atau media yang mudah untuk di baca kembali. Ide seumpama kesempatan, artinya jika kesempatan tersebut tidak segera di ambil, maka ia tak akan mampu lagi kita prediksi datangnya kembali.

Cara yang terakhir adalah konsisten untuk tekun melaksanakan apa yang sudah dimulai. Dengan tekun dan konsisten dalam berusaha sesulit apapun cita-cita akan dapat di raih suatu saat.

Itulah beberapa hal yang dapat di lakukan untuk meningkatkan dan mempercepat berfikir kreatif dalam diri. Semoga hal-hal di atas dapat di aplikasikan di kehdiupan sehari-hari. Mulai dari sekarang, kuatkanlah tekad bulatkanlah niat, niscaya semseta kan mendukung setiap langkah dan usaha kita. Pikologi mania


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia