Ingin Membantu Mengatasi Masalah Yang Dialami Oleh Teman? Yuk, Jadilah Support Group MerekaTerkadang, untuk mengatasi masalah dibutuhkan dukungan dan juga bantuan orang lain. Tidak hanya masalah diri kita sendiri, namun masalah teman kita pun terkadang bisa selesai apabila kita sebagai sahabat dan temannya membantu mereka. Karena itu, sebagai teman dan sahabat, kita pun harus bisa membantu mengatasi masalah yang dialami oleh teman kita. Bagaimana caranya?

Support Group, Salah Satu Cara Membantu Mengatasi Masalah Teman

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh teman adalah dengan menempatkan posisi kita sebagai support group, alias orang yang selalu ada untuk mendukung teman kita untuk mengatasi masalah yang dialaminya.

Sebenarnya support group sendiri secara teoritis harus terdiri dari sekelompok orang, paling tidak 9-10 orang dan berkelompok dengan masalah yang sama. Namun dalam hal ini, kita bisa saja menjadi support group kecil-kecilan untuk bisa membantu mengatasi masalah yang dialami teman.

Tentu saja cara menghadapi masalah ini bukan berarti kita harus memberikan dukungan materiil seperti meminjamkan uang, kendaraan, dan sebagainya. Namun dukungan yang kita berikan adalah bagaimana kita bisa membantu mengatasi masalah yang dialami oleh teman kita dari sisi psikologis. Misalnya saja teman anda mungkin mengalami stress dan depresi karena mengalami kejadian yang menyedihkan, atau sedang galau karena ditinggal pasangan, dan sebagainya. Disitulah anda bisa menjadi pendukung yang memberikan support kepada teman anda dan membantu mengatasi masalah teman anda.

Bagaimana Caranya?

Caranya sebenarnya sangat simple. Yang perlu anda lakukan adalah menerapkan keterampilan anda sebagai pendengar yang baik dan juga sebagai “konselor” yang bisa membantu menemukan pemecahan masalah yang dialami oleh teman anda. Ada beberapa hal menarik yang bisa anda terapkan sebagai pendengar yang baik untuk membantu mengatasi masalah anda, seperti misalnya:

  1. Jangan memberikan feedback apapun, cukup mendengarkan semua cerita yang diberikan oleh teman anda
  2. Mengangguk, menepuk pundak, dan merangkul, sebagai tanda bahwa anda memang benar-benar mendengarkan cerita dari teman anda yang mengalami masalah. Secara tidak langsung, teman anda akan merasakan bahwa anda memang benar-benar ada disana untuk mendukung dirinya.
  3. Memberikan respon yang netral dan tidak berlebihan, misalnya tidak kaget, tetap tersenyum, dan jangan menyerang balik teman anda yang sedang bercerita
  4. Ulangi kembali cerita teman anda dengan menanyakan pertanyaan yang bersifat konfirmatif, seperti misalnya “Jadi, kamu merasa sedih dengan hal tersebut?” , “Oke, saya mengerti, jadi kamu pasti merasa sedih ya saat ini.”, dan sebagainya

Selain menjadi pendengar yang baik, anda juga bisa menjadi orang yang membantu teman anda dalam memecahkan masalah anda. Ada beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah dengan menggunakan metode dan teknik problem solving. Dimulai dari bagaimana mendefinisikan masalah, mencari alternatif pemecahan masalah, hingga bagaimana cara memilih dan memutuskan pemecahan masalah mana yang tepat dan paling memungkinkan untuk dilakukan.

Sebagai sahabat yang baik dan teman yang peduli, maka anda harus bisa untuk membantu mengatasi masalah yang dialami oleh teman anda. Paling tidak, anda memang bisa berada di sisi teman anda untuk memberikan support dan dukungan penuh dan membantu teman anda mengatasi masalah yang sedang dialami. Hanya dengan mendengarkan saja, tanpa memberikan nasihat pun biasanya hal ini sudah berhasil membuat seseorang menjadi lega dan merasa nyaman. Selamat Mencoba. By: Eduardus Pambudi, S.Psi