Membangun Komunikasi Efektif Dengan Pasangan, Untuk Hubungan Yang Lebih Baik

Membangun Komunikasi Efektif Dengan Pasangan, Untuk Hubungan Yang Lebih Baik

November 27, 2016 Off By admin

Membangun Komunikasi Efektif Dengan Pasangan, Untuk Hubungan Yang Lebih BaikKomunikasi efektif adalah salah satu hal yang harus dibina dengan baik di berbagai aspek kehidupan, termasuk di antaranya adalah di dalam aspek hubungan dengan pasangan. Perlu diketahui bahwa komunikasi efektif merupakan suatu bentuk komunikasi dimana komunikan mampu memahami dan mengerti apa yang dikatakan oleh komunikator. Ketika komunikan berhasil memahami dan mengerti apa yang dibicarakan dan apa maksud dari komunikator, maka disitulah terjadi komunikasi yang efektif.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun komunikasi efektif, terutama dengan pasangan anda. Faktanya adalah banyak hubungan yang kandas di tengah jalan karena komunikasi yang tidak berjalan dengan baik, yang menyebabkan munculnya kesalahpahaman, dan akhirnya membuat hubungan menjadi retak dan hancur.

Bagaimana Membangun Komunikasi Efektif Dengan Pasangan?

Nah, berikut ini adalah beberapa cara membangun komunikasi efektif dengan pasangan yang sangat mudah dan bisa anda lakukan, untuk mempertahankan hubungan yang lebih baik.

  1. Jangan berbicara dengan berbelit-belit

Salah satu penyebab komunikasi tidak efektif adalah karena komunikator berbicara terlalu berbelit-belit. Hal ini akan membuat mengembangkan komunikasi yang efektif menjadi sangat sulit, karena komunikan atau pasangan anda yang diajak berkomunikasi menjadi tidak paham dan tidak mengerti dengan maksud pembicaraan anda.

Gunakanlah bahasa yang mudah dipahami dan tidak berbelit-belit. Hal ini akan sangat membantu anda dalam mengembangkan komunikasi yang efektif.

  1. Belajar merespon dengan tepat

Komunikasi tidak akan berjalan dengan efektif apabila komunikan atau orang yang diajak berkomunikasi tidak merespon dengan tepat.

Misalnya ketika   pasangan anda ingin dibelikan tas baru, namun anda sedang tidak memiliki uang. Anda meresponnya dengan ketus dan galak. Hal seperti ini akan membentuk komunikasi yang tidak efektif. Karena itu, cobalah untuk belajar merespon dengan tepat, pintarlah dalam membaca situasi, dan menganalisa apakah respon-respon yang anda gunakan sudah tepat dalam membangun komunikasi yang efektif.

  1. Memberikan feedback atau timbal balik

Timbal balik atau feedback juga merupakan salah satu komponen penting dari komunikasi efektif. ketika pasangan anda mengajak berbicara, maka paling tidak anda bisa menimpali pembicaraan tersebut. Hal inilah yang akan membangun komunikasi efektif. Memberikan feedback akan membuat seseorang merasa lebih dihargai dan merasa didengarkan, meskipun mungkin sebenarnya anda tidak memahami maksud dari ucapannya.

  1. Bertanya apabila tidak memahami maksud pembicaraan

Komunikasi efektif hanya akan terjadi apabila komunikator dan komunikan saling memahami isi pembicaraan yang ada. Nah, apabila anda tidak memahami pembicaraan pasangan anda, maka jangan sungkan untuk bertanya maksud dari ucapan atau pembicaraan tersebut. Hal ini akan membantu membangun komunikasi efektif dan menghindari terjadinya kesalahpahaman akibat komunikasi yang tidak efektif.

Pada dasarnya, komunikasi efektif adalah salah satu elemen penting dalam mempertahankan hubungan dengan pasangan anda. Karena itu, apabila anda ingin supaya hubungan anda dengan pasangan tetap bertahan dan lebih baik lagi, anda harus mampu untuk menerapkan komunikasi efektif dengan pasangan anda. By: Muhamad Fadhol Tamimy