Belajar Membaca Kondisi Psikologis Lewat Ekspresi Wajah Yang Ditampilkan

Belajar Membaca Kondisi Psikologis Lewat Ekspresi Wajah Yang Ditampilkan

February 6, 2017 Off By admin

Belajar Membaca Kondisi Psikologis Lewat Ekspresi Wajah Yang DitampilkanMembaca ekspresi wajah – Siapa pun tentu menginginkan kehidupan harmonis di laluinya. Baik dalam keluarga, persahabatan, karir, bisnis, hingga hubungan asmara. Semua hal tersebut dapat berjalan dengan baik melalui sebuah komunikasi yang saling terhubung dengan baik.

Namun yang menjadi permasalahan adalah, terkadang dalam komunikasi pun tak semua orang mampu untuk memahami maksud antara para komunikan yang terjadi. Untuk itu maka penting sekali kita mempelajari cara membaca gestre seseorang. Dalam kesempatan kali ini kita akan belajar menerka pesan bahasa tubuh sebagai bagian cara membaca gesture.

Seperti dilansir dalam buku berjudul gesture karangan ramdani (2015) sebelum membaca gesture kita perlu untuk memahami Ekspresi Makro dan Mikro.

Ekspresi Makro Dan Mikro

Membaca ekspresi wajah – Bahasa yang mana paling banyak memberikan sebuah informasi seseorang adalah melalui ekspresi wajah. Nah, di dalam Ilmu psikologi, terdapat dua jenis dari ekspresi yang ditunjukkan oleh wajah, yaitu makro dan mikro.

Ekspresi makro yaitu adalah ekspresi mimik wajah yang dapat dengan mudah kita mengamatinya dan membedakan. Misalkan saja, tersenyum atau menangis. Sedangkan ekpresi mikro yaitu ekspresi yang tak disdari dan terjadinya biasanya cendrung dalam waktu relative yang singkat. Itu sebabnya ekspresi mikro lebih sulit untuk di amati.

Dari mikroekspresi inilah, kita dapat menerka apakah lawan bicara kita sedang berbahagia, sedih, takut, kaget, muak, marah atau bahkan menganggap remeh kita. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara menilai dan apa indikatornya? Hal tersebut dapat berupa gerakan sudut mulut, gerakan sudut mata, dan pergerakan otot pipi.

  1. Bahagia/ senang

Ekspresi singkat yang mana dapat menunjukkan seseorang itu, sedang bahagia ataukah senang dapat ditunjukkan melalui senyuman. Senyuman merupakan sebuah ekspresi positif yang dapat menunjukkan seseorang tersebut sedang merasakan kebahagiaan ataukah menyenangi sesuatu. Lalu bagaimanakah raut wajah orang yang berbahagia tersebut?

Kita dapat melihat indikatornya yaitu di bagian otot pipi yang bergerak naik dan juga kedua sisi atau tepi bibir membentuk senyuman.

  1. Marah atau Jengkel

Ekspresi wajah jengkel ini biasanya akan muncul dikarenakan rasa ketidaknyamanan ataupun timbul dari kesesuaian antara apa yang diharapkan dengan sebuah kenyataan. Kita pun dapat melihat ekspresi ini dari pada sisi alis di bagian dalam yang menyatu dan ia condong ke bawah, lalu bibir yang menyempit, dan juga pandangan mata yang menajam.

  1. Sedih

Mungkin kita juga sering melihat wajah yang sedih. Kesedihan ini dapat mucul daripada kekecewaan ataupun rasa kehilangan sesuatu. Ekspresi wajah sedih ini dapat ditinjau daripada bagian mata yang kehilangan fokus, lalu pada bagian bibir tertarik ke arah bawah, dan juga kelopak mata atas terkulai.

  1. Takut

Perasaan ini terkadang muncul secara tiba – tiba, namun hal ini adalah bentuk ekspresi yang manusiawi. Ketakutan yang dirasakan biasanya muncul karena ia mengalami ketidakmampuan untuk mengatasi segala sesuatu hal. Pun juga, pada saat ia berada dalam suasana yang ia anggap seram. Ekspresi dari rasa takut ini dapat dilihat dari kedua alis yang mana naik secara bersamaan, kelopak mata menegang, dan juga bibir yang terbuka membentuk horizontal.

  1. Muak

Orang yang sedang dalam keadaan muak biasanya timbul dikarenakan melihat segala sesuatu yang tak pada tempatnya ataupun mendengar yang tak layak ataupun mau untuk di dengar. Ekspresi orang yang sedang muak dapat kita baca di area batang hidung yang berkerut dan bibir atas naik.

  1. Kaget atau terkejut

Ekspresi kaget ataupun terkejut dapat muncul saat seseorang memperoleh pesan yang belum ia ketahui sebelumnya. Pesan ini pun biasanya bersifat mendadak, di luar dugaan atau penting. Raut wajah yang kaget ini dapat diidentifikasi dari kedua alis mata yang naik, mata terbuka lebar, serta mulut yang refleks terbuka.

  1. Menganggap remeh

Tak jarang pula kita menemui orang – orang yang sombong, sehingga ia kerap menganggap remeh oleh orang lain, seolah – olah taka da perasaan hormat sama sekali pada lawan bicaranya. Ekspresi ini dapat ditunjukkan dari gerakan yang menaikkan salah satu sudut bibir.

Itulah pernak-pernik cara membaca kondisi psikologis lewat ekspresi wajah yang ditampilkan oleh seseorang. Membaca kondisi psikologis lewat ekspresi akan sangat menguntungkan jika kita dapat menguasainya. Keuntungan dari membaca ekspresi wajah tersebut dapat  dirasakan dari segi cinta, ekonomi, lain sebagainya. Namun diperlukan untuk proses belajar yang mendalam guna menguasai dan sensitive terhadap tanda-tanda ekspresi tersebut. By: Muhamad Fadhol Tamimy

 

 

Dapatkan buku “Cara Cepat Membaca Wajah for Relationship” yang akan membantu anda memahami karakter dan kepribadian pasangan anda lewat ekspresi wajah. Pemesanan dapat langsung dengan mengklik gambar di bawah ini. Selamat membaca kepribadian wajah pasangan anda

Belajar Membaca Kondisi Psikologis Lewat Ekspresi Wajah Yang Ditampilkan