Memahami Tipe Gaya KepemimpinanTipe Gaya Kepemimpinan. Pemimpin merupakan salah satu unsur yang di butuhkan dalam sebuah kelompok, baik itu organisasi keagamaan, pendidikan, komunitas, hingga organisasi profit. Pemimpin dalam pengertian teoritis disebutkan bahwasanya, pemimpin secara umum dapat dimaknai dengan seorang yang memiliki kemampuan dalam mengakomodir, mempengaruhi, dan memberikan perintah kepada para bawahannya. Pemimpin adalah seorang yang memiliki wibawa dan kharisma dalam setiap penampilannya yang dirasakan oleh para anggotanya.

Tipe Gaya Kepemimpinan Dalam Psikologi

Ada beberapa jenis tipe gaya kepemimpinan dalam teori psikologi sosial mengenai leadership tersebut, beberapa jenisnya tersebut adalah

  1. Kharismatik

Tipe dari kepemimpinan kharismatik dicirikan dengan seorang pemimpin yang memiliki ciri penampilan yang selalu berenrgi disetiap penampilannya menghadapi anggotanya, maupun lawan politiknya. Ia mampu mempengaruhi orang lain sehingga memiliki para pengikut yang loyal. Contoh dari para pemimpin yang bergaya kharismatik, salah satunya adalah seperti presiden pertama Soekarno dan presiden  ke 5 Bapak Susilo Bambang yudhoyono.

  1. Paternalistis

Kepemimpinan berjenis paternalistik memiliki sifat identik seperti kebapakan yang mengayomi namun cenderung menganggap anggotanya belum cukup mampu untuk mengambil keputusan penting. Ciri-ciri pemimpin yang menjadi pemimpin bergaya paternalistis seperti pada (1) menganggap bawahannya belum cukup dewasa, (2) mereka bersikap melindungi bawahanya, (3) hampir tidak pernah memberikan kesempatan pada anggotanya untuk memutuskan inisiatif, (4) selalu bersikap maha benar dan maha tahu daripada anggotanya.

  1. Militeristik

Tipe gaya militeristik dicirikan dengan pemberian mandat ataupun perintah berdasarkan komando, menyenangi ke formalitasan seperti upacara ritual dan tanda-tanda yang berlebihan, tidak menghendaki adanya saran ataupun usul dari para bawahannya dan komunikasi yang cenderung searah.

  1. Otokratis

Kepemimpinan bergaya otokratis adalah tipe kepemimpinan yang mendasarkan diri pada kekuasaan super mutlak dari bawahannya, setiap kebijakan yang diambilnya dan ditetapkan harus dijalankan dengan segera oleh para bawahannya.

  1. Tipe Kepemimpinan Laissez Faire

Kepemimpinan bergaya laissez faire adalah gaya kempimpinan yang bergantung kepada para anggotanya. Tipe kepemimpinan ini praktis seperti adanya kepemimpinan yang tidak memimpin karena sifatnya yang lebih bergantung pada inisiatif dari anggota-anggotanya.

  1. Demokratis

Kepemimpinan demokratis adalah kepemimpinan yang mendasarkan pada asas musyawarah dan pengambilan suara terbanyak. Kepemimpinan demokratis selain mengambil ciri pengambilan keputusan dengan menggunakan suara terbanyak namun masih dalam arahan sang pemimpin. Gaya demokratis inilah yang banyak diadopsi oleh para pemimpin dunia hingga pemimpin negara, untuk menerapkannya di dalam organisasi maupun negara yang mereka pimpin.

Beberapa tipe gaya kepemimpinan di atas merupakan jenis yang ada dalam diri setiap pemimpin di dunia ini. Bahkan dari tipe gaya kepemimpinan di atas telah diterapkan menjadi sebuah pakem pedoman dalam sebuah bangsa dan negara Written by Muhamad Fadhol Tamimy