Memahami Stuktur Pola Pemikiran AnakStuktur Pola Pemikiran Anak. Masa anak-anak merupakan masa ketika seorang manusia telah menempati fase dalam kehidupan menjadi orang yang cerdas. Bayangkan saja, ternyata seorang anak telah mampu menguasai sistem gramatikal bahasa yang hanya dipahaminya dengan cara mengamati sebuah percakapan di sekelilingnya. Anak pun mampu untuk mengidentifikasi kemana kata yang memiliki fungsi subjek, objek, predikat, dan juga keterangan waktu. Ia pun mengetahui dengan sendirinya, bahwa kata benda, sifat, kerja merupakan kata yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. dan masih banyak lagi keajaiban seorang anak yang mampu dengan cepat mempelajari dan memahami segala sesuatu.

Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah yang menyebabkan seorang anak begitu gampangnya untuk mempelajari ataupun menguasai hal-hal baru di sekitar mereka ?

Pikiran Bawah Dan Pikiran Bawah Sadar

Guna menjawabnya, maka kita haruslah memahami terlebih dahulu bahwasanya, manusia secara umum memiliki 2 jenis pikiran, yaitu pikiran di ranah sadar (conscious mind) dan juga pikiran yang ada di bawah sadar (subconscious mind).

Pikiran di bawah sadar berhubungan dengan hal logika dan hal-hal rasionalitas. Fungsi kerjanya, yaitu antara lain adalah dengan cara mengidentifikasi informasi yang telah masuk. Pikiran sadar inilah yang bekerja untuk mengidentifikasi informasi yang telah masuk. Melalui ranah pikiran sadar inilah terjadi pembandingan informasi yang telah masuk sebelumnya dengan beragam referensi, informasi, hingga pengalaman untuk selanjutnya di lakukan analisis, apakah infomrasi tersebut penting untuk di ingat atau di abaikan.

Lalu pikiran bawah sadar bekerja di ranah emosi, kreativitas, kepribadian, persepsi, kebiasaan, dan juga  belief system (nilai, etika, kepercayaan). Oleh karenanya pikiran bawah sadar tidaklah menganalisis dan memilah-milih sebuah informasi, namun mampu untuk menampung semua infomrasi yang masuk. Pikiran bawah sadar ini memiliki sebuah kemampuan untuk menyimpan memori lebih panjang dengan jangka waktu yang  tak terbatas.

Apabila pikiran sadar hanyalah memiliki kemampuan untuk menyimpan memori hanya di antara 7 hingga 9 informasi maka pikiran bawah sadar dapat menyimpan informasi hingga 2,3 juta dalam sesaat. Cerdas bukan kemampuan manusia ?

Bagi anak kecil yang memiliki usia rentang dari 0 – 3 tahun, seluruh tindakanya merupakan dominasi dari pikiran bawah sadar. Maka tak heran, apabila di usia itu, anak akan benar-benar menampakkan rupa kecerdasan yang luar biasa.

Sementara itu, pikiran sadar, yang letaknya berada pada korteks otak seorang manusia, baru saja aktif di usia 3 tahun. daya analitik seorang anak akan meningkat pula seiring dengan perkembangan usianya. Namun, hingga sampai usia tuhuh tahun, tindakan seorang anak masih saja di dominasi oleh pikiran bawah sadarnya.

Maka sebagai orang tua kita haruslah selalu menjaga anak kita agar mampu terarahkan pada infomrasi yang baik, agar dalam usia perkembangannya, seorang anak tidak menyimpan sebuah informasi yang tak seharusnya di simpan. By: Fatah