Memahami Perbedaan Antara Psikologi Sosial dan SosiologiPerbedaan Antara Psikologi Sosial dan Sosiologi. Psikologi sosial dan sosiologi adalah dua ilmu yang tidak dapat terpisahkan satu dengan yang lainnya. Psikologi dan sosiologi antara dua kutub yang sama namun berbeda rasa. Dikatakan sama karena memang kedua disiplin ilmu ini berada di ranah sosial. Berbeda rasa yang dimaksud di sini adalah area cakupan pembahasan.

Apa Itu Psikologi?

Sebelum lebih jauh ke psikologi sosial maka kita perlu untuk memahami terlebih dahulu yang dimaksud dengan ilmu psikologi itu sendiri. Psikologi atau dalam bahasa dasarnya disebut dengan psyche yang berarti disebut dengan jiwa. Sedangkan logos berarti ilmu. Apabila di sederhanakan berarti psikologi merupakan sebuah cabang ilmu sosial yang khusus memahami dan mengkaji tentang ilmu kejiwaan.

Psikologi ini memiliki banyak cabang besar dan cabang terapan yang menaunginya. Beberapa cabang tersebut adalah sosial, klinis, dan pendidikan. Ketiga cabang tersebut masih memiliki anak cabang yang merupakan terapan seperti industri, forensik, motivasi dan lain sebagainya. namun di sini kita memfokuskan untuk membahas tentang psikologi sosial.

Seperti telah dijelaskan di atas, psikologi merupakan ilmu yang membahas tentang jiwa seseorang. Sedangkan penjabaran tentang psikologi sosial berarti menitikberatkan pada kajian keilmuan yang membahas tentang kejiwaan seorang manusia yang dipengaruhi oleh hasil interaksi antar manusia dalam situasi sosial. Situasi sosial yang dimaksud adalah adanya kehadiran seseorang secara nyata ataupun imajinasi.

Sosiologi

Sedangkan sosiologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang membahas mengenai perilaku seseorang individu dengan individu, individu dengan kelompok, ataupun kelompok dengan kelompok. Dan Sosiologi ini menitikberatkan pada dinamika hubungan antar manusia, yang dikarenakan manusia merupakan makhluk yang memiliki sifat alamiah sebagai makhluk sosial.

Nah sudah kebayangkan tentang perbedaan antara sosiologi dengan psikologi sosial. Perbedaan antara sosiologi dan psikologi sosial adalah cakupan pembahasannya, apabila psikologi sosial mempelajari tentang perilaku dan juga pemikiran dari individu sedangkan pada kajian sosiologi fokus kepada kelompok-kelompok besar atau masyarakat sebagai satu kesatuan yang utuh.

Kedua ilmu ini sangat bermanfaat untuk kita pelajari, terlebih bagi para calon mahasiswa yang ingin menentukan studi yang akan diambil di bangku kuliah. Agar nantinya kita tak salah untuk memahami tentang kedua disiplin ilmu ini. Itulah Perbedaan Antara Psikologi Sosial dan Sosiologi semoga menjadi referensi apik untuk kita semua.

Jangan lupa like dan share ya agar yang lain mendapatkan manfaat yang sama. By: Muhamad Fadhol Tamimy