Memahami Makna Kepemimpinan Melalui Tinjauan PsikologiKepemimpinan. Pemimpin merupakan salah satu unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Bayangkan saja jika hidup kita tak memiliki seorang pemimpin, tentu hidup akan menjadi tak terarah, diakrenakan tak adanya seorang juru atur ataupun juru pemberi petunjuk. Seorang pemimpin memang menjadi salah satu orang di posisi sentral yang seharusnya ada didalam setiap orang-orang yang tengah berkelompok seperti organisasi, perusahaan, pemerintahan, bahkan dari lingkup terkecil yaitu keluarga.

Menurut istilah pemimpin dikatakan sebagai orang yang memiliki pengaruh serta kekuasaan, yang mana dengan kekuasaan tersebut ia mampu untuk mengatur orang lain sehingga mereka patuh terhadap apa yang diinginkannya. Seorang pemimpin memiliki karakteristik yang menyebabkan ia menjadi seorang pemimpin di antara kelompoknya. Seperti yang di ungkapkan oleh William Foote Whyte (dalam Ahmadi, 2009) bahwa seorang menjadi pemimpin itu disebabkan oleh :

  1. Operational Leadership

Dalam faktor operational leadership dikatakan bahwa orang yang menjadi pemimpin tersebut memiliki banyak sekali inisiatif, serta menarik dan juga dinamis diantara kelompoknya. Selain itu mereka yang berhasil untuk menjadi pemimpin adalah orang yang memiliki track record lebih baik serta memiliki prestasi kerja yang lebih apik di antara kelompoknya.

  1. Popularity

Mereka yang menjadi pemimpin merupakan orang-orang yang telah memiliki kepopuleran atau dikenal oleh masyarakat luas. Praktek-praktek ini pun cerdas dimanfaatkan oleh para politisi ketika pilkada dimulai. Mereka berlomba-lomba untuk menggaet pasangan calon berlatar belakang artis. Dan hal ini pun untuk beberapa calon sukses menjadi seorang pemimpin di pemilihan daerah masing-masing.

  1. The Assumed Representative

Orang yang mampu untuk mewakili suara ataupun kepentingan anggota kelompoknya. Ia merupakan orang yang paham dan vokal untuk merepresentasikan keinginan kelompoknya.

  1. The Prominent Talent

Seorang pemimpin merupakan orang yang memang memiliki bakat dan kecakapan lebih untuk bertindak dan berperilaku daripada anggota kelompoknya.

Beberapa karakteristik yang dimiliki di atas menjadikan seseorang untuk menjadi seorang pemimpin di dalam kelompok ataupun organisasi. Di antara karakteristik di atas jika kita memiliki salah satu ciri dari 4 tersebut maka kita pantas untuk dikatakan menjadi seorang pemimpin.

Jika anda menjadi salah satu pemimpin maka ingatlah bahwa, seorang pemimpin akan dimintai pertanggung jawabannya oleh mereka yang dipimpin dan Tuhan Yang Maha Esa. Jadilah pemimpin yang selalu berhasil mengayomi bukan semena-mena atas nama peraturan dan ketentuan. Karena ketegasan tak harus selalu dilakukan dengan jalan kekerasan. berilah sebuah kepemimpinan yang merakyat. By Muhamad Fadhol Tamimy