Memahami Apa Itu Kesehatan dan Keselamatan Kerja Dalam Industri

Memahami Apa Itu Kesehatan dan Keselamatan Kerja Dalam Industri

February 23, 2017 Off By admin

Memahami Apa Itu Kesehatan dan Keselamatan Kerja Dalam IndustriKesehatan dan keselamatan kerja – Pekerjaan yang ada sekarang ini ada banyak dan beragam. Baik itu berada pada bidang pendidikan, industri, sosial, bisnis, hiburan, dan lain sebagainya. Apapun pekerjaan itu, pasti memiliki dampak baik dan buruk saat mengembangkannya. Seperti resiko kecelakaan, resiko sakit jangka panjang, atau resiko terjadi cidera yang merugikan pekerja. Semua bidang pekerjaan perlu memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja untuk karyawan mereka.

Misal dalam dunia industri adalah pabrik jamu. Tentu saja dalam pengolahan jamu ada beberapa pekerjaan yang cukup beresiko bagi pekerja. Misal bagi ibu – ibu yang bertugas untuk memilah rempah – rempah mana yang baik untuk masuk ke sistem produksi. Mereka harus jeli untuk membedakan jenis mana yang masih layak pakai. Yang dirasakan selain pernafasan itu sendiri, mata yang dituntut jeli pun akan lelah jika digunakan terus menerus tanpa istirahat.

Contoh lain seperti para pekerja bangunan pabrik. Mereka juga memiliki job pekerjaan yang berbahaya, seperti memperbaiki bagian yang ada di tingkat 10. Jika membenahi bagian tingkat 10 ada beberapa resiko kecelakaan yang menimpa pekerja tersebut. Bagaimana jika secara tidak sengaja jatuh, terpeleset, sehingga terjadi kecelakaan yang menyebabkan cidera patah tulang sampai kematian.

Itulah mengapa setiap pekerjaan yang memiliki resiko berat harus ada undang – undang keselamatan dan kesehatan kerja. Biasanya dikenal dengan istilah K3

Kesehatan dan keselamatan kerja, seperti apakah ?

Kesehatan dan keselamatan kerja dalam pekerjaan mutlak diperlukan. Hal ini berguna untuk menjamin pekerja agar tetap mendapatkan kesehatan sampai usia tua serte keselamatan selama ia bekerja. Ini adalah garis umum dan luaran mengenai kesehatan dan keselamatan kerja. Lantas bagaimana meurut penuturan dari para ahli  ?

Suma’ur menjelaskan bahwa keselamatan kerja adalah bentuk upaya atau sarana yang dilakukan dari pihak perusahaan untuk melakukan pencegahan jika adanya kecelakaan, kecacatan sampai kematian yang menjadi bentuk akibat dari keselamatan kerja.

Upaya adanya keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 adalah bentuk keamanan tenaga kerja. Jadi mutlkak ada dan diperlukan agar selama proses produksi sampai distribusi baik barang maupun jasa tidak ada yang dirugikan. Dari masa pekerja sekarang sampai jangka panjang nantinya.

Tujuan dari keselamatan dan kesehatan kerja adalah bentuk upaya tindakan aktif yang dilakukan terhadap hal – hal terjadi diluar prediksi. Maksudnya tindakan K3 ini adalah bentuk pencegahan dan tanggung jawab yang diberikan perusahaan pada pekerja ketika sedang melakukan pekerjaan.

Aplikasi kesehatan dan keselamatan kerja

Baik pekerja maupun perusahaan adalah dua bidang yang harus sama – sama menguntungkan. Baik itu dalam masa jangka panjang maupun pendek. Pekerja diminta untuk melakukan beberapa hal yang berat, bahkan sangat beresiko. Namun perusahaan tidak lepas tangan begitu saja. Tetap ada tanggung jawab pada setiap pekerjaan yang berat, apalagi beresiko.

Tujuan utama adanya kesehatan dan keselamatan kerja sebenarnya untuk kesejahteraan masyarakat sendiri. Jaminan kesehatan tubuh tetap terjaga, yakni dengan pelayanan kesehatan yang memadai. Agar pekerja tetap memiliki stamina tubuh fit. Selain itu adanya pencegahan terhadap kecelakaan, seperti cidera, cacat, sampai kematian. Keselamatan kerja juga berkaitan dengan pemeliharaan material dan konstruksi yang digunakan selama proses produksi sampai distribusi.

Beberapa standar yang digunakan untuk menunjang keselamatan kerja ada beraneka ragam. Berbeda – beda setiap jenis pekerjaan. Namun inti dan fungsinya sama – sama untuk melindungi alat – alat tubuh. Seperti pelindung badan, mata, hidung, kaki, tangan, telinga, dan lain sebagainya. Terutama bagi pekerja yang berhubungan dengan listrik. Resiko tersetrum sangat tinggi. By: Izzatur Rosyida