Melepaskan Diri Dari Kekangan StresBeragam permasalahan dalam hidup dapat menjadi salah satu pemicu munculnya stres. Dan apabila tidak ditangani secara lebih lanjut, stres yang muncul dapat berlanjut ke arah depresi apabila tidak tertangani dengan baik. Menghadapi stres yang hadir di dalam diri kita penting untuk dilakukan. Disamping mengurangi produktivitas, stres diketahui tak hanya memunculkan permasalahan psikologis semata, namun kondisi stres ini diketahui dapat pula memunculkan masalah kesehatan fisik.

Kadang kala dalam kondisi tertentu kita merasa tak memiliki jalan keluar dari permasalahan yang sedang kita hadapi, sangat sulit menemukanya. Padahal jika kita memahami hakikat kehidupan, akan banyak sekali jalan keluar yang dapat kita ambil untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Karena memang hidup tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk keluar dari kekangan stress akibat permasalahan yang kita hadapi yaitu membiarkannya berjalan seperti apa adanya. Tak perlu memikirkan yang berlebihan permasalahan yang kita hadapi. Membiarkan bukan untuk meninggalkan, namun membiarkan untuk menetralisir terlebih dahulu pikiran negativ yang masih bercokol di benak dan fikiran kita.

Sembari berusaha memunculkan fikiran positif segeralah untuk bertindak dan mencoba menghadapinya. Lakukanlah hal-hal simpel seperti menarik nafas perlahan secara berulang hingga anda menemukan titik ketenagnan dan perasaan rilax. Jika hal itu telah dilakukan maka anda telah siap untuk menghadai segala permasalahan yang ada.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah melakuan evaluasi diri, sudah benarkah sikap kita. Dengan melakukan evaluasi, maka diri kita akan menapatkan banyak pelajaran berharga untuk menjadi sosok tangguh kedepannya.

Berusaha untuk selalu realistis namun tetap optimis dan jangan terlalu memiliki ekspektasi yang diluar batas. Di satu sisi anda tetap optimis anda mampu untuk menyelesaikannya, namun anda juga harus selalu realistis dalam pencapaiann hasilnya. Jangan berusaha untuk berekspektasi terlalu tinggi. Ekspektasi yang terlalu tinggi hanya akan membuat kita terjerembab ke dalam luka yang lebih dalam jika realita tak sesuai dengan harapan.

Langkah yang terakhir untuk melepaskan diri dari kekangan stres adalah selalu mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Allah kepada diri kita. Dengan mensyukuri rasa lapang di hati akan semakin terbuka dan membuat kita bahagia. Written by Assyifa Mecca