Mau Lolos Tes Wawancara ?  Persiapkan Jawabanmu Sekarang!

Mau Lolos Tes Wawancara ? Persiapkan Jawabanmu Sekarang!

February 14, 2017 Off By admin

Mau Lolos Tes Wawancara ?  Persiapkan Jawabanmu Sekarang!Tes Wawancara – Apakah anda adalah job seeker ? Sedang berburu pekerjaan namun belum mendapatkan hasil yang sesuai ? Tidak kunjung di terima, padahal sudah lolos tes administratif. Lantas, masuk ke tes wawancara langsung di tolak ? Kualifikasi sudah memenuhi, skill juga oke punya, mengapa tidak di terima ? Pasti ada yang salah dengan diri anda!

Tahap yang paling banyak menggugurkan proses seleksi adalah bagian wawancara. Mungkin beberapa ada yang merasa lega setelah mengalahkan ribuan pendaftar. Namun sampai pada wawancara, mereka ikut tersisihkan. Padahal tinggal satu langkah lagi bisa di terima. Ada apa dengan tes wawancara ini ?

Bisa jadi anda kurang mempersiapkan jawaban jitu agar lolos wawancara. Lantas apa saja jawaban yang harus di persiapkan ?

  1. Apa motivasi bekerjamu ?

Ketika kamu melaksanakan proses interview, ada 2 jenis orang yang akan menganalisa jawaban anda. Pertama adalah HRD perusahaan serta direktur. Mereka benar – benar merekrut orang – orang dengan kemampuan tinggi, skill banyak, namun harga juga tidak terlalu tinggi. Melalui jawaban motivasi bekerja, interviewee bisa mengira-ira seperti apa kerjaanmu nanti.

‘Kenapa ingin bergabung dengan perusahaan ini?’ adalah contoh pertanyaan yang diajukan. Maka siapkan jawaban yang bisa membuat interviewee berpikir bahwa kamu adalah seseorang yang bisa mengembangkan perusahaan ke depannya. Jangan menjawab dengan teoritis, namun berilah jawaban berdasar pengalaman.

  1. Bagaimana rencana masa depan perusahaan ?

Ini adalah pertanyaan sensitif yang harus di jawab. Maka persiapkan jawaban ini sebaik-baiknya. Perusahaan cenderung menyukai kamu yang punya rencana atau planning masa depan. Agar jalanmu konsisten. Paling tidak rancangan 5 tahun ke depan.

‘Apa rencana masa depanmu ?’ Maka jawablah dengan tegas dan jelas. Misal bahwa kamu pernah memiliki pengalaman bidang ini, sehingga evaluasi yang harus dilakukan adalah ini. Atau saya akan melakukan ini, ini, dan ini, sebab berdasarkan pengalaman, melakukan ini lebih efisien.

  1. Apa skill dan ketrampilan yang kamu miliki ?

Keahlian yang kamu miliki adalah poin bisnis yang bisa diperjual-belikan. Gunakan untuk menarik interviewee. Anda harus tahu pekerjaan apa yang akan dilamar dan bagaimana mengerjakannya. Perusahaan bukan melirik orang yang ‘hanya bisa’ mengerjakan setiap jobnya. Namun juga ‘mengembangkan’ job tersebut.

Sebelum melamar, maka bidiklah posisi tertentu. Baru kamu pelajari kualifikasi dari pekerjaan itu. Maka saat ditanya, apa yang bisa kamu lakukan untuk pekerjaan ini bisa menjawab. Akan lebih baik jika berpengalaman dalam hal itu.

  1. Bagaimana sikap kerjamu ?

Ada 3 kunci utama dalam pekerjaan yang harus anda ketahui. Pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang baik. Meskipun anda pandai dan skill-nya bagus, tanpa sikap sopan anda susah di terima. Perusahaan mungkin lebih tertarik pada orang yang biasa saja, namun sopan dari pada pintar namun sombong.

Interviewee menilai, mereka yang tidak memiliki sikap kerja di nilai buruk. Sebab ia akan menganggap remeh orang lain. Tidak terkecuali juga atasan. Sikap tersebut juga akan membuat pekerja susah untuk menjalin pekerjaan secara tim.

  1. Berapa gaji yang kamu minta ?

Jangan segan – segan untuk menyebutkan nominal harga untuk pekerjaan yang anda lakukan. Biasanya mereka akan mengukur terlalu rendah, agar bisa diterima. Namun ada juga yang menyebut terlalu tinggi, jika ia adalah orang yang sombong. Maka perlu anda pikirkan masak – masak.

Penting untuk mengetahui beberapa hal terkait dengan UMR (upah minimum regional), UMK (upah minimum kota), dan juga harga atas posisi yang sedang akan anda masuki di pasar kerja. Dari situ anda akan dapat mengukur seberapa besar dan pantas anda harus di bayar.

Carilah data gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang di lakukan. Bisa dari perusahaan lain, atau dari orang-orang yang bekerja di bidang yang sama. Jangan menyebut nominal kecil, karena interviewee akan menilai anda tidak percaya diri. Jangan pula menyebut nominal besar, karena interviewee tidak akan suka.

  1. Apakah Anda Siap Untuk Di Tempatkan Di Mana Saja?

Pertanyaan ini pun adalah pertanyaan wajib yang harus anda pelajari dahulu jawabannya, agar anda sukses melewati pertanyaan hal ini. Setiap pewawancara memiliki kriteria tersendiri, yang terkadang tidak sama dengan karakter pewawancara yang lainnya. Untuk itu di sarankan untuk mempelajari artikel kami sebelumnya yang berjudul 27 CONTOH PERTANYAAN WAWANCARA KERJA YANG WAJIB DIKETAHUI PELAMAR KERJA.

Itulah beberapa hal yang dapat kita pelajari agar kita dapat lolos di sesi tes wawancara kerja. Semoga dapat di terapkan dan semoga sukses untuk anda. Jangan lupa untuk di share dan di bagikan informasi ini kepada yang lainnya. Salam. By: Izzatur Rosyida