Masalah Komunikasi di Masa Dewasa yang Berhubungan dengan ADHD

Attention-Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) atau Gangguan Pemusatan Perhatian/ Hiperaktivitas (GPPH) adalah gangguan kesehatan mental yang dapat mempengaruhi hubungan antar manusia, prestasi di kelas, dan prestasi karir. Kurangnya kemampuan berkomunikasi yang tepat adalah salah satu konsekuensi dari ADHD. Jika gangguan ADHD tidak terdiagnosis dan tidak diobati menjadi dewasa, risiko masalah komunikasi semakin buruk akan meningkat

Dasar Gangguan Komunikasi

ADHD adalah gangguan kesehatan mental yang mempengaruhi otak dari orang yang menderita. Menurut Aliansi Nasional Penyakit Mental, penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan ADHD memiliki tingkat aktivitas yang lebih rendah di daerah otak mereka mengontrol perhatian, penilaian sosial dan gerakan.

Menderita ADHD memungkinan seseorang memiliki sejumlah masalah komunikasi. Seseorang dengan ADHD mungkin memiliki masalah dalam hubungan karena ketidakmampuannya untuk mengingat tanggal, waktu, kewajiban, dan tanggal keluar tagihan. Penderita juga dapat menimbulkan masalah di tempat kerja atau di sekolah karena perilaku impulsifnya.

Apa Artinya?

Karena kurangnya keterampilan mendengarkan yang umumnya datang dengan ADHD, seseorang mungkin tidak mendengar petunjuk lengkap, berhenti menulis sebelum dia mendengar seluruh hal yang harusya ditulis, atau dia cepat lupa tugas atau dokumen yang sangat penting yang diminta untuk dimasukkan ke tempat yang aman.

Orang dengan ADHD juga dapat mengganggu percakapan orang lain atau proses berpikir, sehingga sulit untuk berkomunikasi berjalan lancar. Hal ini akan mengganggu kinerja mereka di tempat kerja atau sekolah. Seseorang dengan ADHD dapat memiliki masalah dengan batas-batas dan bertindak impulsif. Hal ini bisa membawanya untuk mengajukan pertanyaan yang terlalu pribadi atau membuat proses komunikasi tidak nyaman.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Untuk mengobati masalah komunikasi yang terkait dengan ADHD, beberapa ahli memberikan kombinasi obat dan psikoterapi yang umumnya digunakan. Obat-obatan memungkinkan orang untuk mendengarkan. Psikoterapi diantaranya berbentuk pelatihan keterampilan sosial, terapi keluarga, terapi pasangan, atau terapi perilaku. Bentuk-bentuk psikoterapi dapat difokuskan pada kebutuhan individu untuk meningkatkan keterampilan komunikasi.

Yang Perlu Diperhatikan

Seseorang dengan ADHD yang memiliki hubungan yang buruk dan kurangnya keberhasilan di tempat kerja atau sekolah karena masalah dengan komunikasi mungkin memiliki risiko tinggi untuk menyakiti diri sendiri, bunuh diri dan/ atau membahayakan orang lain. Kurangnya kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dapat membuatnya frustrasi. Jika seseorang tampaknya beresiko merugikan diri sendiri atau orang lain, ia dapat menjadi  agresif, atau membahas rencana untuk menyakiti dirinya sendiri atau orang lain.

By: Mirza Miranti