Marital Goal, Indikator Bahwa Kehidupan Pernikahan Anda Sudah Berjalan Dengan BaikKehidupan pernikahan yang anda alami akan tergantung dari bagaimana anda menjalankan kehidupan pernikahan anda sendiri. Apakah kehidupan pernikahan anda sudah sesuai harapan, dan juga sudah ideal? Atau masih jauh dari kata ideal? Marital Goal memiliki peranan yang cukup kuat dengan kepuasan pernikahan, dan juga menjadi salah satu indikator atau proses yang menentukan apakah suatu kehidupan pernikahan sudah berjalan dengan ideal atau belum.

Kriteria Marital Goal

Secara teoritis, kehidupan pernikahan dan kepuasan pernikahan bisa terlihat dari tiga indikator penting marital goals, yaitu personal growth, instrumental goals, dan juga companionship goals. Ketiga indikator ini dapat menentukan apakah suatu kehidupan pernikahan berjalan dengan ideal, dan menentukan apakah masing-masing pasangan sudah mendapatkan kepuasan pernikahan secara optimal.

  1. Companionship Goals

Companionship goals merupakan salah satu indikator atau bagian dari marital goal, dimana pasangan memiliki kebutuhan akan rasa saling memiliki satu sama lain dan juga hubungan yang sangat kuat di dalam kehidupan saat pernikahan. Apabila dihubungkan dengan teori mengenai segitiga cinta Sternberg, companionship goals ini berkaitan erat dengan hadirnya komponen intimacy dan juga commitment.

  1. Personal Growth

Personal growth atau pertumbuhan personal merupakan indikator atau bagian dari marital goal yang berikutnya. Kriteria ini memfokuskan pada keinginan dan hasrat seseorang untuk mengembangkan dan mengaktualisasikan dirinya sendiri melalui kehidupan pada pernikahan.

Hal ini mengacu pada kebutuhan manusia akan hubungan dan relasi sosial dalam mencapai tujuan hidup. Hal ini membuat kehidupan pernikahan tidak hanya berfokus pada pasangan dan juga hubungan spesial, namun juga fokus pada pernikahan sebagai lingkungan yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan individual.

  1. Instrumental Goal

Indikator berikutnya dari marital goal adalah instrumental goal. Instrumental goal merupakan suatu indikator dimana pasangan saling berbagi satu sama lain, mulai dari berbagai kepemilikan, hingga berbagai tanggung jawab. Seperti misalnya saling mengatur keuangan rumah tangga, dan saling membantu dalam membesarkan anak. Cutrona (1996) mengatakan bahwa instrumental goal mampu memberikan kontribusi yang kuat dalam meningkatkan kualitas kehidupan pernikahan.

Dengan berkembangnya ke-tiga indikator marital goal yang sudah disebutkan di atas, maka hal ini dapat meningkatkan kualitas dan juga kepuasan kehidupan dalam pernikahan, dan juga menjadi indikator bahwa kehidupan dalam pernikahan yang anda alami adalah pernikahan yang ideal atau tidak.

Namun demikian, belum tentu ketiga indikator tersebut akan terpenuhi dalam satu periode saja. Li dan Fung (2011) mengatakan bahwa secara umum, pasangan muda lebih berfokus pada pengembangan indikator atau kriteria personal growth. Instrumental growth banyak dikembangkan dan muncul pada pasangan-pasangan yang lebih senior, sedangkan pasangan yang berusia tua lebih banyak berfokus pada companionship goals.

Jadi, seperti apakah kehidupan pernikahan anda sekarang? Apakah sudah ideal dan sudah mengembangkan indikator-indikator tersebut di dalam kehidupan pernikahan anda?  By: Eduardus Pambudi


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia