Manfaat Tersenyum bagi Diri Sendiri Dan Orang LainManfaat Tersenyum – Seorang ilmuan psikolog Prof. James V. Mc Connell, pernah mengatakan, “Orang yang tersenyum, memiliki kecenderungan mampu dalam mengatasi, mengajar, dan jug menjual dengan lebih efektif dan juga membesarkan anak anak yang lebih bahagia”. Bahkan, di dalam Agama Islam pun diajarkan bahwa tersenyum merupakan sebuah sedekah termudah yang dapat di lakukan.

Hal ini memanglah benar adanya. Dengan kita tersenyum, pada orang yang dijumpai, maka akan membuat orang tersebut merasa bahwa kita senang berjumpa dengannya. Toh, siapa pun yang berjumpa di berikan raut wajah yang masam pun tidak akan suka, karena pada dasarnya kita pun akan merasa senang manakala orang lain tersenyum pada diri kita.

Senyuman tak hanya menunjukkan sebuah ketertarikan semata, akan tetapi lebih daripada itu, senyum pun menandakan kebahagiaan dan juga sikap senang dalam persahabatan. Manfaat tersenyum pun, mengindikasikan bahwasanya kita bersifat terbuka serta ingin berkomunikasi dengan orang lain.

Senyuman yang tulus di tunjukkan adalah penanda bahwa kita sedang merasa senang. Senyuman seperti itu hanya lahir secara alami sebagai mana hasil dari aktivitas otot-otot yang adadi daerah sekitar mata kita. Rasa senang yang telah terpancar dari sorotan mata disertai dengan ekspresi wajah ceria, adalah salah satu bentuk emosi positif yang dapat ditularkan pada orang lain.

Kondisi yang menyenangkan ini lah yang mana berpotensi untuk memudahkan dalam berinteraksi dengan orang lain secara baik.

Cara Mudah Tersenyum

Cara termudah untuk menghasilkan senyuman adalah dengan menggunakan imajinasi. Beberapa saat sebelum anda ingin menyapa orang lain, maka bayangkanlah bahwa anda memiliki waktu yang benar benar menyenangkan dan indah dengan orang tersebut, ataupun anda dapat mengingat-ingat kesenangan anda pada saat berhubungan baik dengan seseorang yang sedang anda jumpai tersebut.

Hal ni akan mengundang kembali sebuah perasaan senang yang telah anda rasakan di masa lampau secara alami. Namun disarankan untuk tidak mencoba-coba untuk mengingat kejadian buruk, karena hal ini akan membuat otot otot di sekitar permukaan wajah terasa kaku hingga sulit untuk tersenyum. Pun tersenyum, akan terlihat kaku.

Alasan Mengapa Harus Tersenyum

Berikut ini adalah beberapa alasan dan manfaat yang akan anda peroleh jika anda tersenyum pada orang yang sedang di jumpai

  1. Dengan tersenyum, Maka Anda Akan Mendapatkan Kebahagiaan

Secara fisiologi, senyum merupakan bentuk ekspresi wajah yang terjadi di akibatkan oleh timbulnya suatu gerakan bibir (pada kedua ujungnya) ataupun di sekitar mata. Kebanyakan dari orang yang tersenyum akan menampilkan kebahagiaan dan juga perasaan senang yang dirasakan.

Mereka yang tersenyum pada umumnya akan bertambah menarik secara fisik karena aura positif yang terpancar.

Abraham Lincoln mengatakan, “Sebagian besar orang bahagia sebagaimana apa yang mereka pikirkan.” Artinya kebahagiaan ini tak ditentukan oleh apa yang sedang terjadi pada hidup kita, akan tetapi oleh cara kita dalam bereaksi terhadap apa yang sedang terjadi.

Oleh sebab itu, mullai sekarang,, cobalah untuk sering-sering tersenyum. Lakukan juga saat anda sedang menghadapi masalah. Seberat apapun masalah yang sedang dihadapi, paksakan diri anda untuk tersenyum. Latihlah diri, untuk mampu tersenyum bagaimanapun permasalahan menghimpit diri anda.

Dengan membiasakan diri anda tersenyum, tak peduli bagaimanapun perasaan anda saat itu, di dalam tubuh anda akan terjadi sebuah reaksi reaksi kimia yang akan dapat membuat diri anda merasakan kebahagiaan. Luangkan pula waktu bersama anak anak. Belajarlah daripada mereka lebih banyak tentang tawa, keingintahuan, spontanitas, kegembiraan, keteguhan, kepercayaan, dan imajinasi. Cobalah dan juga rasakan perbedaannya.

  1. Senyuman Dapat Mengubah Keadaan Anda

Manakala anda sedang dalam keadaan bersedih, marah, putus asa, atau bosan, sebuah senyuman akan dapat mengubah keadaan emosi dalam diri anda menjadi sebuah emosi yang positif. Percayalah bahwa sebuah keadaan yang positif tersebut tidaklah hanya dapat membuat hidup menjadi lebih menyenangkan, akan tetapi juga membuka segala kemungkinan lain dalam pola pikir anda. Dan tentu saja kemungkinan kemungkinan tersebut adalah positif.

  1. Senyuman Juga Dapat Mengubah Keadaan Orang Di Sekitar Kita

Cara paling mudah dalam menghasilkan kesan pertama yang menyenangkan pada orang lain adalah dengan tersenyum. Cara yang amat mudah dan juga murah. Menurut seorang ahli Dr. Lieberman (2010), senyum memiliki 4 kandungan penting di dalamnya, yaitu, kepercayaan diri, antusiasme, kebahagiaan, dan penerimaan.

Nah khusus penerimaan ini adalah efek yang sangat baik bagi orang lain yang kita beri senyuman. Ketika anda tengah memasuki sebuah ruangan yang di dalamnya berisi orang-orang yang tak mengenal anda, mungkin perasaan pertama kali adalah kaku. Akan tetapi, dengan senyuman yang tulus, tentu semuanya akan sedikit banyak berubah dari sebelumnya. Dengan tersenyum itu juga interaksi menjadi lebih terbuka, penuh kegembiraan, dan santai.

Senyum tulus anda ibarat setetes embun di padang yang gersang atau sebuah cahaya lilin di antara kegelapan, yang selalu menyenangkan bagi para pemandangnya.

  1. Senyum Adalah Salah Satu Prinsip Meraih Kesuksesan

Manfaat tersenyum selanjutnya adalah salah satu jembatan dalam meraih kesuksesan. Percayakah anda bahwa senyum tulus dapat mengubah dunia? Ya senyum menyimpan kekuatan yang dhasyat. Sesuatu yang sulit dapat menjadi mudah karenanya dan sesuatu yang tidak me sesuatu yang tidak mungkin data menjadi mungkin olehnya. Menurut Dale Carnegie dalam buku karanganya yang berjudul How to Win Friends and Influence People mengatakan senyuman tulus ini adalah salah satu prinsip dalam meraih kesuksesan.

Dalam bukunya, Carnegie mencontohkan seperti seorang manajer personalia di sebuah minimarket di kota New York City yang mana ia memilih  mempekerjakan seorang gadis yang belum menamatkan sekolah, akan tetapi memiliki senyuman daripada seorang Ph.D yang memiliki wajah yang muram. Menurutnya, senyum tulus dapat membawa dampak aura positif yang dapat ditularkan pada lingkungan sekitarnya. Demikianlah, etos kerja para karyawan akan meningkat pula dan tentunya keuntungan perusahaann pun dapat meningkat beberapa kali lipat.

  1. Anda tak Akan Kehilangan Apapun manakala Memberikan Senyuman Terhadap Orang Lain

Manfaat Tersenyum yang ke lima adalah kita tak akan rugi dengan tersenyum. Senyuman tak akan dapat di beli, dimint, diciuri, ataupun dipinjamkan, hal tersebut karena ia merupakan sesuatu yang tak berguna sebelum ia di berikan pada orang lain. Itulah senyman yang memperkaya orang yang menerima tanpa membuat mereka yang memberinya bangkrut.

  1. Lebih Mudah Tersenyum Daripada Melakukan Hal Sebaliknya

Manfaat Tersenyum tersenyum selanjutnya adalah lebih mudah untuk di lakukan. Sebuah perkataan bijak telah mengatakan, “Dibutuhkan tujuh puluh dua otot untuk berkerut, akan tetapi hanya tiga belas otot untuk tersenyum” Jadi sesungguhnya, anda telah menggunakan jauh lebih sedikit otot pada saat anda tersenyum dibandingkan pada saat anda mengerutkan dah ataupun memasang wajah marah anda.

Dengan membiasakan untuk tersenyum, maka otot yang anda miliki akan lebih kuat untuk tersenyum di bandingkan dengan mengerutkan dahi. Jika di hal tersebut terus menerus terjadi, maka anda berhasil membudayakan diri anda untuk tersenyum, dan menjaga kebahagiaan anda.

Selain itu dengan mudahnya anda tersenyum maka anda berkesempatan untuk memiliki aura, fisik, dan juga psikis yang lebih di sukai oleh orang lain. Itulah beberapa alasan dan manfaat tersenyum dalam diri. Semoga dengan hal ini anda akan lebih berfikir ulang jika, hendak marah tanpa alasan terhadap orang lain. Dan anda membudayakan untuk berbagi dengan sedekah melalui senyuman anda. By: Muhamad Fadhol Tamimy