Manfaat Taman Kota Untuk Kesehatan Mental AndaSaat ini, kota – kota di Indonesia banyak yang berlomba – lomba membuat taman kota yang cantik dan juga indah. Hal ini ternyata memberikan dampak positif bagi kita semua. Tidak hanya kota tempat anda tinggal menjadi lebih cantik dan juga indah, namun ternyata taman kota juga dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan mental anda juga. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari taman kota untuk kesehatan mental anda.

  1. Sarana Relaksasi Dan Melepas Stress

Salah satu hal yang membuat taman kota menjadi penting untuk kesehatan mental anda adalah untuk sarana relaksasi dan juga melepas stress. Anda bisa melihat pepohonan dan pemandangan yang pastinya jarang anda temui apabila anda tinggal di kota besar. Pohon rindang dan juga udara yang segar adalah salah satu hal yang membuat taman kota adalah salah satu lokasi terbaik untuk relaksasi dan juga pelepas stress. Taman kota bisa membantu anda menghirup udara segar, yang bisa menyegarkan pikiran anda, sehingga beban pikiran anda bisa menjadi lebih ringan, dan membantu meredakan dan melepaskan stress anda.

  1. Bertemu Dan Bersosialisasi Dengan Orang Baru

Manusia sebagai makhluk social tentu saja membutuhkan apa yang disebut sosialisasi. Ya, sosialisasi dengan orang lain, baru maupun lama akan membuat anda akan merasa menjadi manusia seutuhnya. Memiliki teman atau relasi akan sangat baik untuk kesehatan mental anda. Dengan pergi ke taman kota, anda akan mendapatkan hal ini, yang mungkin tidak akan anda dapatkan apabila anda hanya berdiam diri di rumah, ataupun hanya berkutat dengan pekerjaan kantor anda.

  1. Menyegarkan Pikiran Anda

Selain membantu memberikan relaksasi dan juga mengurangi stress, taman kota juga bisa menjadi alternative anda yang ingin menyegarkan pikiran anda, dengan dana yang murah pastinya. Anda bisa menyegarkan pikiran anda dengan mudah dan juga murah, cukup dengan mengunjungi taman kota. Dengan pikiran yang lebih segar, maka anda akan bisa menyelesaikan pekerjaan dan juga tugas – tugas anda dengan lebih baik, sehingga akan sangat bermanfaat untuk diri anda nantinya.

  1. Memberikan Inspirasi

Anda mungkin sedang tidak merasa stress atau depresi, namun anda sedang mengalami masalah yang membutuhkan jalan keluar dengan segera. Anda bisa mencoba bermain ke taman kota anda. Dengan suasana yang rileks, anda bisa saja akan mendapatkan banyak inspirasi untuk berbagai masalah dan juga persoalan anda, sehingga dapat mencegah munculnya stress. Jadi, kalau bisa jangan tunggu sampai stress dulu yah.

  1. Menjaga Kesehatan Fisik

Jangan lupa, anda harus ingat juga tentang body and mind connection. Ketika mind anda positif, maka body anda pun akan ikut menjadi positif. Hal ini akan menjadi salah satu keterkaitan yang tidak akan putus. Ketika ada pergi taman kota, maka kesehatan fisik anda juga akan tetap terjaga, meskipun anda tidak melakukan kegiatan fisik yang berat. Cukup dengan istirahatkan pikiran dan segarkan pikiran anda dengan efek relaksasi dari taman kota, maka hal ini sedikit banyak  akan membantu menjaga kesehatan fisik anda dengan baik. Meski demikian, kegiatan dan aktivitas fisik juga harus anda lakukan juga, supaya hidup anda menjadi lebih seimbang yah.

Bagi anda yang merupakan tipe individu yang menyukai outdoor activity, maka berjalan – jalan di taman kota akan menjadi salah satu hal yang menyenangkan dan sangat bermanfaat. Jadi, tunggu apalagi? Segera langkahkan kaki anda menuju taman kota dan nikmati manfaat positifnya.

By: Eduardus Pambudi