7 Manfaat Psikologi Pendidikan Untuk Aspek Kehidupan Sehari-Hari

Psikologi pendidikan merupakan salah satu bidang ilmu psikologi yang fokus pada masalah pendidikan, proses kognitif dan juga proses belajar yang ada di dalam diri individu. Hal ini membuat psikologi bidang  pendidikan sangat erat dengan sekolah, universitas dan juga berbagai macam aktivitas pendidikan dimanapun. Namun demikian, psikologi bidang pendidikan juga memiliki manfaat di dalam kehidupan sehari-hari juga loh.

Ruang Lingkup Psikologi Dalam Pendidikan

  1. Pengembangan metode belajar

Manfaat pertama dalam kehidupan sehari-hari adalah pengembangan metode pembelajaran. Saat ini sudah dikembangkan berbagai macam metode belajar, mulai dari metode belajar formal hingga metode belajar non formal yang sudah diaplikasikan di dalam dunia pendidikan.

Pengembangan metode belajar ini tidak lain dan tidak bukan adalah hasil penelitian dari ilmu psikologi bidang pendidikan, dimana di dalamnya terdapat berbagai macam eksperimen mengenai metode-metode belajar yang efektif, baik untuk individu yang normal dan juga individu yang abnormal.

  1. Pembuatan kurikulum

Kurikulum juga termasuk ke dalam salah satu manfaat dari adanya bidang ilmu psikologi pendidikan. Hal ini berkaitan dengan pengembangan metode belajar yang ada. Psikologi bidang pendidikan juga mencakup bagaimana cara mengajar yang baik oleh guru ataupun dosen, bagaimana pola interaksi yang tepat antara pengajar, siswa, dan staff sekolah.

  1. Pembentukan kepribadian

Siapa bilang psikologi pendidikan hanya berfokus pada sisi kognitif saja? Beberapa ruang lingkupnya juga berfungsi untuk membentuk kepribadian seseorang. Misalnya mengenai teori belajar. Teori belajar, seperti modeling merupakan ruang lingkup dari psikologi bidang pendidikan, namun berpotensi untuk membentuk kepribadian seseorang. Seorang anak yang mengikuti (memodelkan) sosok ayahnya yang kasar dan galak, bisa membentuk kepribadian yang galak dan kasar juga pada dirinya sendiri.

  1. Pemecahan masalah/problem solving

Psikologi bidang pendidikan juga fokus pada pemecahan masalah. Dengan adanya bidang ilmu psikologi pendidikan, maka individu diajarkan untuk berpikir secara efektif dan mencari solusi terbaik dalam menghadapi suatu masalah. Perannya adalah melatih individu untuk menjadi lebih peka terhadap masalah, dan mampu untuk kreatif dalam memecahkan masalah.

  1. Kreativitas

Manfaat lainnya  adalah pembentukan kreativitas. Psikologi pendidikan memberikan pemahaman mengenai apa itu kreativitas, bagaimana kreativitas dapat terbentuk, dan hal-hal apa saja yang dapat menghambat proses kreatif di dalam diri individu.

Bagi anda yang mempelajari tentang bidang ini, maka anda akan lebih mudah memahami proses berpikir kreatif dan juga penerapan dari proses berpikir kreatif ini di berbagai bidang ilmu lainnya, atau di dalam aktivitas/kehidupan sehari-hari.

  1. Pengukuran Inteligensi

Psikologi bidang pendidikan sangat erat kaitannya dengan pengukuran inteligensi, alias IQ. Manfaat dari psikologi bidang pendidikan ini adalah melihat struktur kecerdasan dan inteligensi individu. Dengan begitu akan terlihat kecenderungan minat dan bakat masing-masing individu, yang bisa diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Prestasi akademik dan motivasi belajar

Manfaat lainnya adalah memahami prestasi akademik seseorang dan juga motivasi belajar. Ilmu ini dapat menjelaskan mengapa seseorang memiliki prestasi akademik yang kurang dan motivasi belajar yang rendah. Dan psikologi bidang pendidikan dapat memberikan jawaban serta penanganan yang tepat untuk masalah prestasi dan juga motivasi belajar yang rendah ini.

Itu adalah beberapa manfaat di dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana? Apakah anda juga merasakan manfaat psikologi bidang pendidikan ini di dalam kehidupan anda sehari-hari?

Pentingnya Ilmu Psikologi Dalam Pendidikan

Pentingnya Ilmu Psikologi – Psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang unik untuk dipelajari. Tak Cuma unik, keilmuan bidang psikologi pun kerapkali disebut sebagi ilmunya para ahli nasehat. “sedikit-sedikit psikologis”. “Ujug-ujug kondisi psikologis”. Saking urgennya ilmu psikologis dalam kehdiupan sehari-hari, ilmu ini merupakan salah satu ilmu perancang dasar-dasar pendidikan karakter itu sendiri. Karena ilmu ini membahas tentang sebuah perkembangan manusia dari awal kelahiran hingga berakhirnya kehidupan.

Ilmu ini merupakan salah satu disiplin ilmu yang sudah lama berkembang, namun belum diterapkan secara penuh di dalam dunia pendidikan generasi milenium. Saat ini, kebanyakan terapan dari ilmu psikologi masih berkisar di dalam bidang ilmu psikologi pendidikan, yang kegunaannya kebanyakan berfokus pada:

  • Pembuatan kurikulum dan metode mengajar
  • Tes masuk, tes minat bakat, dan tes IQ
  • Konseling dalam konteks pendidikan

Pentingnya Ilmu Psikologi – Sedikit sekali lembaga yang memasukkan ilmu psikologi ke dalam pendidikan. Kalaupun ada, biasanya hanya mendapatkan waktu yang sangat sedikit, dan tidak optimal. Padahal, ilmu psikologi sendiri sangatlah bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Paling tidak, anak-anak akan diberikan sedikit pemahaman mengenai kondisi psikologis dirinya, dan melihat seperti apa sih kepribadian diri mereka.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh murid-murid apabila mendapatkan pemahaman dan juga pengajaran mengenai ilmu psikologi dalam pendidikan generasi milenium:

  1. Pemahaman mengenai dirinya sendiri

Murid-murid atau anak didik akan belajar untuk mencari jati diri mereka, mengenal diri mereka jauh lebih dalam dan melihat sebenarnya hal apa yang menjadi hal positif di dalam diri mereka, dan menyadari kekurangan serta kelemahan diri mereka. Hal ini akan membantu murid-murid untuk lebih peka terhadap masa depan mereka, dan lebih memahami apa yang sangat dibutuhkan oleh dirinya saat ini, dan nanti.

  1. Belajar berpikir secara objektif dan penuh pertimbangan

Psikologi adalah ilmu yang sifatnya multifaktor. Ilmu psikologi percaya bahwa sesuatu bisa terjadi karena dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari dalam diri sendiri, dan dari luar. Dengan mempelajari ilmu psikologi di sekolah, murid-murid akan belajar untuk melihat berbagai macam kejadian dan situasi dari berbagai macam faktor. Hal ini akan membantu mereka membentuk kepribadian yang tidak asal judge dan menjadi penuh pertimbangan ketika akan melakukan sesuatu.

  1. Mengenal berbagai macam masalah psikologis dan cara mengatasinya

Dengan adanya ilmu psikologi yang dipelajari di dalam pendidikan generasi milenium, murid-murid akan mempelajari mengenai beberapa macam gangguan psikologis yang umum terjadi pada rentang usia mereka. Hal ini akan membantu murid-murid untuk mengidentifikasi secara singkat, apakah mereka mengalami suatu gangguan dan permasalahan psikologis di dalam dirinya, seperti misalnya stress, gangguan makan, gangguan kepribadian, dan lain sebagainya. Selain itu, mempelajari ilmu psikologi juga akan menambah pengetahuan murid-murid mengenai bagaimana cara mengatasi suatu permasalah psikologis, hal ini dapat membantu mereka dalam mengatasi permasalahan, seperti misalnya stress akademik.

  1. Merubah pandangan terhadap guru BK dan lembaga konseling di sekolah

Selama ini, banyak murid menganggap bahwa dipanggil oleh guru BK (bimbingan dan konseling) adalah suatu aib, karena berhubungan dengan masalah-masalah indisipliner. Namun demikian, apabila ilmu psikologi diterapkan di dalam suatu sekolah dan pendidikan generasi milenium, maka hal ini akan membuka pandangan seluruh siswa terhadap BK menjadi lebih baik. BK hadir bukan untuk memarahi murid yang bersalah, namun ada untuk membantu murid-murid mengatasi dan menghadapi masalah yang dialami, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Selain kegunaan dalam pendidikan praktis di lingkungan sekolah, pendidikan psikologi pun memiliki andil yang sangat besar dalam menjaga karakter generasi bangsa yang saat ini cenderung kearah individualism. Individualisme yang di sebabkan oleh kecanggihan gadget, kemudahan dalam bertransaksi, hingga praktisnya dalam proses-proses interaksi.

Psikologi sebagai ilmu membahas beberapa ilmu tentang kepribadian, yang mana dengan mempelajarinya, siswa atau guru dapat memahami kepribadian yang ia miliki sendiri. Sehingga dengan memahami kepribadian yang dimiliki, harapannya para generasi memiliki kemampuan dalam proses beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Jika individu telah mampu dalam beradaptasi dengan lingkungan secara baik dan benar (adaptasi lingkungan keluarga, sosial, akademik, dan peer group) maka, problem-problem yang dihadapi oleh dunia pendidikan saat ini pun akan terpecahkan.

Nah, itu adalah beberapa hal yang membuat pendidikan dan pemahaman mengenai ilmu psikologi itu sangat penting untuk diterapkan di dalam pendidikan generasi milenial. Pendidikan dan pemahaman mengenai ilmu psikologi bisa membentuk mental seorang murid yang kuat, dan membantu para murid untuk bisa menghadapi masalah dengan bijak. Karena itu, ada baiknya porsi dari pendidikan dan pemahaman ilmu psikologi diperbesar lagi.

Ibarat sebuah air, ilmu yang terus mengalir akan jernih menjernihkan setiap arus yang ia lewati. Tak peduli arus tersebut terjal, curam, dangkal, dan kecendrungan tenang. Berbeda dengan kondisi air yang diam tak bergerak, tentu kualitasnya pun tak akan sebaik air yang mengalir dan bergerak.

Begitulah ilmu, semakin ia bergerak akan memberikan dampak yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita. Tak perlu sesumbar dam muluk-muluk untuk berjuang layaknya sang pejuang kemerdekaan untuk memberantas kebodohan. Namun kita bisa sedikit bermanfaat saat ilmu yang kita dapatkan di bagikan kepada mereka yang belum mendapatkannya. Untuk itu, yuk mari bagikan artikel ini agar mampu membuat dampak kebermanfaatan yang viral.