Manfaat Psikologi Pendidikan Untuk Aspek Kehidupan Sehari-Hari

Psikologi pendidikan merupakan salah satu bidang ilmu psikologi yang fokus pada masalah pendidikan, proses kognitif dan juga proses belajar yang ada di dalam diri individu. Hal ini membuat psikologi bidang  pendidikan sangat erat dengan sekolah, universitas dan juga berbagai macam aktivitas pendidikan dimanapun. Namun demikian, psikologi bidang pendidikan juga memiliki manfaat di dalam kehidupan sehari-hari juga loh. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari psikologi pendidikan:

  1. Pengembangan metode belajar

Manfaat pertama dari psikologi bidang pendidikan dalam kehidupan sehari-hari adalah pengembangan metode belajar. Saat ini sudah dikembangkan berbagai macam metode belajar, mulai dari metode belajar formal hingga metode belajar non formal yang sudah diaplikasikan di dalam dunia pendidikan.

Pengembangan metode belajar ini tidak lain dan tidak bukan adalah hasil penelitian dari ilmu psikologi bidang pendidikan, dimana di dalamnya terdapat berbagai macam eksperimen mengenai metode-metode belajar yang efektif, baik untuk individu yang normal dan juga individu yang abnormal.

  1. Pembuatan kurikulum

Kurikulum juga termasuk ke dalam salah satu manfaat dari adanya bidang ilmu psikologi pendidikan. Hal ini berkaitan dengan pengembangan metode belajar yang ada. Psikologi bidang pendidikan juga mencakup bagaimana cara mengajar yang baik oleh guru ataupun dosen, bagaimana pola interaksi yang tepat antara pengajar, siswa, dan staff sekolah.

  1. Pembentukan kepribadian

Siapa bilang psikologi pendidikan hanya berfokus pada sisi kognitif saja? Beberapa ruang lingkup dari psikologi pendidikan juga berfungsi untuk membentuk kepribadian seseorang. Misalnya mengenai teori belajar. Teori belajar, seperti modeling merupakan ruang lingkup dari psikologi bidang pendidikan, namun berpotensi untuk membentuk kepribadian seseorang. Seorang anak yang mengikuti (memodelkan) sosok ayahnya yang kasar dan galak, bisa membentuk kepribadian yang galak dan kasar juga pada dirinya sendiri.

  1. Pemecahan masalah/problem solving

Psikologi bidang pendidikan juga fokus pada pemecahan masalah. Dengan adanya bidang ilmu psikologi pendidikan, maka individu diajarkan untuk berpikir secara efektif dan mencari solusi terbaik dalam menghadapi suatu masalah. Peran psikologi pendidikan adalah melatih individu untuk menjadi lebih peka terhadap masalah, dan mampu untuk kreatif dalam memecahkan masalah.

  1. Kreativitas

Manfaat lainnya dari psikologi pendidikan adalah pembentukan kreativitas. Psikologi pendidikan memberikan pemahaman mengenai apa itu kreativitas, bagaimana kreativitas dapat terbentuk, dan hal-hal apa saja yang dapat menghambat proses kreatif di dalam diri individu.

Bagi anda yang mempelajari tentang bidang ilmu psikologi pendidikan, maka anda akan lebih mudah memahami proses berpikir kreatif dan juga penerapan dari proses berpikir kreatif ini di berbagai bidang ilmu lainnya, atau di dalam aktivitas/kehidupan sehari-hari.

  1. Pengukuran Inteligensi

Psikologi bidang pendidikan sangat erat kaitannya dengan pengukuran inteligensi, alias IQ. Manfaat dari psikologi bidang pendidikan ini adalah melihat struktur kecerdasan dan inteligensi individu. Dengan begitu akan terlihat kecenderungan minat dan bakat masing-masing individu, yang bisa diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Prestasi akademik dan motivasi belajar

Manfaat lainnya dari psikologi pendidikan adalah memahami prestasi akademik seseorang dan juga motivasi belajar. Ilmu psikologi pendidikan dapat menjelaskan mengapa seseorang memiliki prestasi akademik yang kurang dan motivasi belajar yang rendah. Dan psikologi bidang pendidikan dapat memberikan jawaban serta penanganan yang tepat untuk masalah prestasi dan juga motivasi belajar yang rendah ini.

Itu adalah beberapa manfaat psikologi bidang pendidikan di dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana? Apakah anda juga merasakan manfaat psikologi bidang pendidikan ini di dalam kehidupan anda sehari-hari? By: Eduardus Pambudi