Ini Dia Manfaat Mengenali Kepribadian Anda SendiriManfaat Mengenali Kepribadian – Kepribadian merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari diri kita. Kepribadian adalah kita, dan kita adalah kepribadian. Segala perilaku dan sikap yang kita munculkan, sedikit banyak dipengaruhi oleh kepribadian kita. Pola pikir, cara kita memahami sesuatu, dan cara kita memecahkan masalah juga sedikit banyak dipengaruhi oleh kepribadian kita. Namun demikian, masih banyak orang yang belum memahami kepribadian diri mereka sendiri. Banyak yang belum paham, sebenarnya, kepribadian saya itu seperti apa sih?

Mungkin terkesan tidak penting. Toh kita sudah tahu diri kita seperti apa, buat apa sih memahami kepribadian diri sendiri? Meskipun terkesan sepele, tapi memahami kepribadian diri sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk diri anda.

Manfaat Mengenali Kepribadian Diri Sendiri

Ada beberapa manfaat penting yang bisa anda peroleh apabila anda mampu untuk mengenali kepribadian anda sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh :

  1. Lebih mengenal diri sendiri

Hal pertama yang akan anda rasakan apabila anda mampu memahami dan mengenali kepribadian anda adalah anda akan menjadi orang yang lebih mengenal diri sendiri. Aneh bukan apabila anda bahkan tidak mampu mengenali diri anda sendiri? Karena itu, ketika anda mampu untuk memahami dan mengenal kepribadian anda, maka anda akan lebih mudah mengenal diri sendiri. Ibaratnya, bagaimana anda bisa memahami orang lain, kalau diri sendiri saja anda tidak kenal. Betul tidak?

  1. Lebih mudah memecahkan masalah

Problem solving mungkin lebih banyak dipengaruhi oleh pengalaman dan juga fungsi kognitif. Namun demikian, ketika anda memahami dan mengenali kepribadian anda sendiri, pikiran anda akan menjadi lebih mudah “bekerja” dalam mencari pemecahan masalah. Anda akan mencari pemecahan masalah yang sesuai dengan diri anda, dan pastinya anda akan menjadi lebih banyak mencari pertimbangan dalam mencari pemecahan masalah.

  1. Regulasi diri yang lebih baik

Regulasi diri adalah kemampuan seseorang dalam mengatur dirinya, baik itu dalam hal emosi, perilaku, dan sebagainya. Ketika anda sudah sangat paham dan kenal dengan kepribadian anda sendiri, maka pastinya anda akan menjadi lebih mudah dalam melakukan proses regulasi diri ini. Anda akan mudah untuk mengontrol diri anda, sesuai dengan kepribadian yang anda miliki.

  1. Mampu menempatkan diri di situasi yang berbeda-beda

Penempatan diri juga bisa menjadi salah satu manfaat yang sangat penting apabila anda mampu untuk memahami dan mengenal diri anda sendiri. Ketika anda paham dan mengenal diri anda, maka anda akan lebih mudah untuk menempatkan diri anda di berbagai macam posisi di situasi yang beragam. Anda tahu apa yang akan anda bicarakan, atau apa yang akan anda lakukan di dalam situasi tertentu.

  1. Mengurangi stress

Ya, ketika anda memahami dan mengenal kepribadian anda, maka anda akan lebih mudah dalam menganalisa stressor (penyebab stress) anda. Anda akan lebih paham, bahwa penyebab stress pada masing-masing individu adalah berbeda, dan anda secara tidak langsung akan lebih mudah menghindari dan mengatasi stress anda secara alami, sesuai dengan kepribadian yang anda miliki.

Nah, itu adalah beberapa manfaat mengenali kepribadian anda sendiri. Bagaimana? Apakah anda sudah memahami kepribadian anda? By: Eduardus Pambudi