1pengembangan diri dan motivasi

Pengembangan diri dan motiviasi. Berkembang yakni kondisi dimana seseorang selalu bertambah baik dari kondisi sebelumnya sedangkan motivasi merupakan salah satu penggerak atau dorongan untuk seseorang melakukan sesuatu. Untuk membuat hidup kita selalu berkembang tentunya kita membutuhkan motivasi yang selalu dipupuk setiap waktu. Salah satu hal yang mendasari kita untuk mempelajari segala ilmu terkait pengembangan diri dan motivasi yakni dengan mengetahui rangkaian manfaat dan tujuan didalamnya. Baik dalam mengekspresikan diri berdasarkan minat dan bakat maupun untuk melatih keahlian diri menjadi lebih  baik. Berikut ini penjabaran mengenai manfaat mempelajari pengembangan diri dan motivasi :

  1. Melatih Kemandirian

Sebuah pendekatan humanis yang terdapat dalam strategi pengembangan diri tentunya akan memicu setip orang untuk mengenali kepribadiannya lebih dalam, lalu berusaha mengoptimalkan segala kemampuan diri. Selanjutnya kemampuan tersebut akan terwujud kedalam aktualisasi kemandirian yang bisa ia dan orang lain rasakan.

  1. Mengenal Kekuatan dan Kelemahan Diri Anda Sendiri

Seseorang yang mempelajari manfaat dari pengembangan diri dan motivasi tentunya mempunyai kemampuan untuk membaca kekuatan dan kelemahan yang ada didalam dirinya. Lebih fokuslah pada kekuatan diri dan berusaha semaksimal mungkin mengatasi kelemahan diri tersebut dengan kebiasaan positif.

  1. Mengetahui Batasan yang Ada Buat

Pada dasarnya sebuah batasan adalah garis henti yang dibuat oleh kita sendiri. Tidak peduli seberapa besar masalah menurut versinya masing – masing, namun apabila kita faham konsep pengembangan diri maka dengan penuh kemantapan kita telah siap memecahkan masalah tersebut dengan motivasi yang tinggi. Jadi jangan terburu – buru membatasi kemampuan diri anda sendiri.

  1. Anda Akan Faham Makna dari Sebuah Motivasi

Motivasi pada dasarnya datang dan tumbuh dalam diri setiap manusia, hanya saja beragam peristiwa kadang membuat kadar seseorang kehilangan motivasi dalam dirinya. Salah satu alasan dari hilangnya motivasi tersebut yakni karena kurangnya potensi untuk terus bisa mengembangkan diri. Padahal jika dilihat dari segi ilmu psikologi menyebutkan bahwa kesuksesan setiap individu itu ditentukan dari 99 % usaha dan hanya 1 % berasal dari kemampuan. Hal ini membuktikan bahwa motivasi diri untuk terus bergerak merupakan alasan terbesar bagi seseorang untuk meraih kesuksesan.

  1. Belajar Mengatasi Rasa Takut

Selain tidak stabilnya motivasi dalam diri, ada permasalahan lain yang umum dirasakan oleh setiap orang. Rasa takut ini merupakan batasan yang bisa menghalangi diri kita untuk menjadi berkembang.

  1. Mengendalikan Rasa Stress

Banyaknya tuntutan dari dalam diri maupun lingkungan sekitar tentunya dapat memicu timbulnya stress. Namun apabila kita faham makna dari pengembangan diri maka rasa stress dapat dikendalikan. Semoga Bermanfaat … By : Nurus Syarifatul ‘Aini