Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Mental AndaManfaat meditasi sangatlah penting untuk membantu kesehatan mental anda. Meditasi merupakan suatu metode yang berkembang di wilayah timur, seperti Asia dan sekitarnya yang saat ini mulai banyak diadaptasi sebagai suatu metode psikoterapi atau terapi psikologis yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Meditasi, dalam psikoterapi dikenal sebagai metode mindfulness, yang menggabungkan pemfokusan pikiran ke dalam ketenangan dan juga berkonsentrasi dan mengabaikan suasana dunia luar.

Manfaat Meditasi

Meditasi merupakan suatu bentuk terapi psikologis yang cukup mudah untuk dilakukan, dan juga tentu saja akan sangat efektif dalam menjaga kesehatan mental anda. berikut ini adalah beberapa manfaat meditasi untuk kesehatan mental anda:

  1. Meredakan stress

Salah satu metode terapan dari meditasi, yaitu MBSR atau mindfulness based stress reduction merupakan suatu teknik terapi psikologi yang menggabungkan meditasi untuk meredakan stress. Hal ini menegaskan bahwa meditasi akan sangat tepat dilakukan untuk meredakan stress yang anda miliki.

  1. Merubah pola pikir

Teknik psikoterapi yang menggabungkan meditasi lainnya adalah MBCT alias mindfulness based cognitive therapy. MBCT menggabungkan proses terapi behavior, yaitu CBT alias Cognitive behavior therapy dengan teknik meditasi dari mindfulness. Dengan begitu, MBCT mampu menjaga ketenangan di dalam pikiran anda, dan merubah pikiran negatif dan pikiran irasional yang anda miliki.

  1. Menghilangkan perilaku buruk

Sama seperti merubah pola pikir, MBCT mampu untuk merubah perilaku buruk anda. karena menggunakan basis terapi kognitif, yang salah satu tujuannya adalah untuk merubah perilaku, maka tentu saja MBCT ini sangat cocok sekali dan memiliki manfaat yang sangat baik untuk merubah perilaku buruk anda.

  1. Meningkatkan optimisme

Salah satu ciri-ciri dari orang yang memiliki kesehatan mental yang baik adalah selalu berpikir positif dan juga optimis dalam menghadapi berbagai macam masalah. Meditasi akan membantu anda untuk menenangkan pikiran dan membuat anda menjadi lebih positif dan optimis dalam menghadapi berbagai masalah dan persoalan yang anda hadapi.

  1. Meredakan kecemasan

Kecemasan merupakan salah satu hal yang apabila tidak mampu dikontrol, dapat memunculkan masalah besar bagi seseorang. kecemasan, apalagi yang sifatnya patologis akan sangat mengganggu kesehatan mental seseorang. karena itu, manfaat meditasi berikutnya untuk kesehatan mental seseorang adalah mampu meredakan munculnya gejala kecemasan. Dengan jiwa dan pikiran yang tenang, manfaat meditasi akan membantu anda untuk meredakan kecemasan yang muncul

  1. Problem solving

Meditasi juga bisa menjadi salah satu teknik yang membantu anda mencari pemecahan masalah. Namun demikian, bukan berarti meditasi akan langsung membuat masalah anda selesai. Meditasi hanya akan menjadi perantara bagi anda dalam memecahkan suatu masalah. Dengan melakukan meditasi, anda akan menjadi lebih tenang, rileks, dan mampu menerima kondisi anda seutuhnya. Hal inilah yang akan membantu anda dalam memecahkan masalah yang sedang anda hadapi.

Nah, itu adalah 6 manfaat meditasi bagi kesehatan mental yang perlu anda ketahui. Selain untuk kesehatan mental, manfaat meditasi juga terasa untuk kesehatan fisik anda. jadi, ada baiknya anad rutin melakukan meditasi untuk kesehatan mental dan kesehatan fisik yang selalu terjaga. B: Eduardus Pambudi


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia