Manfaat Art Therapy Yang Sangat Bermanfaat Untuk Teknik Terapi

Art Therapy merupakan salah satu teknik psikoterapi yang saat ini mulai banyak digunakan untuk membantu siapapun dalam mengatasi dan menghadapi masalah psikologis.

Art Therapy banyak digunakan, karena cenderung mudah untuk dilakukan, dan bisa digunakan untuk berbagai usia, mulai dari anak–anak, remaja, dewasa, bahkan hingga lansia pun bisa melakukan ini. Selain itu, art therapy juga tidak membutuhkan kemampuan seni yang tinggi.

Anda pun bisa melakukan art therapy dengan hanya mencoret-coret kertas saja. Berikut ini adalah beberapa contoh art therapy yang sering digunakan dalam psikoterapi :

  • Menggambar dan melukis
  • Melipat kertas
  • Membuat patung atau bentuk dari tanah liat
  • Psikodrama / Terapi menggunakan drama
  • Musik dan menulis lagu
  • Dan masih banyak lagi

 

Manfaat Art Therapy

Dalam pengaplikasiannya, art therapy tentu saja memberikan banyak manfaat dan juga kelebihan, sehingga dapat membantu banyak klien dan juga pasien dalam menghadapi masalah psikologisnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari art therapy yang bisa anda peroleh dalam konteks masalah psikologis :

  1. Meningkatkan awareness atau kesadaran anda akan masa kini

Kesadaran akan masa kini (present moment) adalah salah satu hal penting yang harus anda miliki untuk bisa menghadapi situasi sosial ataupun masalah psikologis yang mengganggu. Fokus pada saat ini sangat mungkin dapat membantu anda dalam melakukan berbagai hal dengan lebih baik dan juga optimal.

Namun, mungkin banyak orang yang sulit memfokuskan dirinya pada present moment ini. Karena itu, art therapy mampu untuk membantu anda, dan siapapun untuk fokus pada present moment.

  1. Membantu anda untuk mengidentifikasi respon emosional, dan merasakan koneksi antara tubuh dan pikiran anda (body and mind)

Respon emosional terhadap situasi tertentu kadang sulit sekali untuk dirasakan dan juga diungkapkan. Dengan menggunakan art therapy, maka anda bisa lebih mudah dalam melakukan identifikasi terhadap respon emosional. Selain itu, anda juga bisa ikut merasakan bagaimana pikiran dan tubuh anda (body and mind) bisa saling terkoneksi satu sama lain, yang akan meningkatkan kesadaran akan diri anda sendiri.

  1. Dapat memperkuat self image

Self image bisa dikatakan mirip seperti self concept, yaitu merupakan suatu gambaran tentang diri sendiri. Banyak orang, atau mungkin termasuk anda yang memiliki self image yang buruk, misalnya sering teledor, tidak berguna, dan sebagainya.

Nah, dengan menggunakan teknik art therapy ini, anda bisa lebih mudah untuk mengidentifikasi dan juga memperkuat self image positif anda. Misalnya anda adalah orang yang berani, maka dengan art therapy, self image anda sebagai orang yang berani akan menjadi lebih kuat dan juga melekat pada diri anda.

  1. Mampu merasakan emosi yang ada di dalam diri anda

Terkadang kita seringkali sulit untuk mengungkapkan dan juga merasakan emosi yang ada di dalam diri masing–masing, mungkin begitu pula dengan anda. Art therapy mampu untuk membantu anda untuk bisa merasakan emosi apa yang sedang anda rasakan, dan emosi apa yang sedang muncul atau sedang mendominasi diri anda.

Dengan begitu, anda akan menjadi lebih mudah dalam me–manage diri anda sendiri, sehingga bisa lebih optimal dalam beraktivitas, tanpa harus terganggu dengan masalah emosi yang seringkali meresahkan.

Itu adalah beberapa manfaat art therapy yang bisa anda dapatkan. Jadi, dengan membuat sebuah karya seni (meskipun tidak berbakat sekalipun) akan tetap memiliki dampak dan juga manfaat yang baik untuk kesehatan mental anda secara khususnya.

By: Eduardus Pambudi