Maafkanlah Dirimu SendiriApakah setiap manusia selalu hidup tanpa membuat kesalahan? Manusia selalu benar? Tentu tidak bukan? Anda atau orang-orang yang berada di sekitar Anda pasti pernah membuat suatu kesalahan baik dengan kadar kecil maupun besar.

Beberapa dari Anda terkadang merasa bahwa membuat kesalahan adalah suatu kewajaran, tak ada yang perlu menyalahkan atau disalahkan. Namun, apa yang terjadi jika sebaliknya?

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk lekas menentukan langkah berikutnya setelah melakukan kesalahan. Biasanya, semakin besar kesalahan tersebut akan semakin sulit untuk percaya pada diri sendiri bahkan Anda tidak bisa memaafkan diri Anda sendiri.

Banyak faktor yang sebenarnya membuat Anda merasa seperti Anda tidak mampu memaafkan diri sendiri, pergunjingan, dikucilkan atau mungkin tidak lagi dianggap sebagai keluarga, teman atau sahabat. Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika dihadapkan dengan kondisi tersebut? Segeralah memaafkan diri Anda. Bagaimana caranya?

  1. Akui dan Ikhlaskan

Berbuatlah jujur pada diri Anda. Beranilah mengakui bahwa Anda melakukan kesalahan dan berani mengambil risiko dari apa yang telah Anda lakukan. Jangan menyembunyikan kesalahan Anda secara terus menerus sebab hal tersebut akan membuat Anda semakin membenci diri Anda. Kemudian, ikhlaskan apa yang telah terjadi dan jadikan semuanya pelajaran yang berharga untuk Anda.

  1. Bangkit

Keterpurukan tidak akan menghasilkan apapun dalam kehidupan Anda. Bangkitlah sebagai tanda bahwa Anda telah memaafkan diri Anda dan bersiap menjadi seseorang yang memiliki pribadi baru yang lebih baik daripada yang lalu. Kebangkitan Anda akan membuat sekeliling Anda memjadi lebih positif, jangan terus menyalahkan diri dan cobalah untuk selalu optimis.

  1. Membuka Diri

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin dan percayalah pada kemampuan Anda. Jangan menutup diri Anda dengan memilih mengurung diri di kamar, meringkuk menahan tangis atau mungkin memilih untuk tidak lagi bertemu dengan siapapun. Pergilah ke luar kamar, bersihkan diri Anda, dan pergilah untuk bertemu dengan orang-orang baru. Semakin Anda mampu membuka diri, Anda akan bertemu dengan pribadi-pribadi baru yang menyenangkan untuk Anda.

  1. Bersama Tuhan

Mintalah pengampunan pada Tuhan. Hal ini dipercaya akan membuat Anda lebih mudah memaafkan diri Anda sendiri. Bagi Tuhan, tidak ada satu pun kesalahan yang tak dapat diperbaiki, Tuhan pun tidak akan mungkin membiarkan Anda menyalahkan diri terus menerus sebab Dia adalah Maha Pengampun. Berdoalah di pagi setelah Anda bangun tidur dan sebelum Anda tidur, memaafkan diri akan lebih mudah dilakukan jika Anda bersama Tuhan.

Banyak di antara kita merasa takut untuk bangkit dan memaafkan diri sendiri karena merasa apa yang telah kita lakukan adalah sebuah dosa besar yang tak terampuni. Padahal, sesungguhnya jika Anda mampu menyadari, Tuhanlah yang sepatutnya menghukum Anda, bukan orang di sekitar Anda. Lalu apa yang terjadi jika Tuhan saja begitu mudah memberi maaf pada Anda?  Ya, maafkan diri Anda dan teruslah bersyukur padaNya.

By Tri Indarti