Luwes Dalam Bergaul Harus Di Ajarkan Sejak DiniDi sekitar kita tentu kita pernah menemui orang yang yang sangat nyaman untuk diajak bergaul. Namun di sisi lain kita tak jarang pula menemukan orang yang sangat sulit untuk di ajak bergaul. Dari kedua jenis perilaku individu tersebut tentu kita akan lebih cenderung menyukai orang yang mudah untuk di ajak bergaul daripada yang kaku.

Hal tersebut dikarenakan manusia sebagai makhluk sosial yang tak dapat di pisahkan dari hal-hal atau kegiatan yang membutuhkan interaksi maupun komunikasi. Maka tak heran apabila mereka yang cendrung luwes dalam bergaul akan lebih sukses untuk meraih segala hal yang dicita-citakan. Sementara itu mereka yang tak pandai dalam berkomunikasi akan lebih membutuhkan waktu dan kerja keras yang lebih dalam menggapai kesuksesannya.

Menumbuhkan sikap luwes dalam bergaul haruslah dilakukan sesegera mungkin dalam pembentukanya semenjak dini. Hal tersebut dikarenakan agar kesuksesan yang kita impikan mampu kita raih dengan mudah dengan jalan yang terbuka. Menumbuhkan sikap luwes dalam bergaul ini sebenarnya tak sulit dan mudah untuk di lakukan. Berikut ini adalah beberapa trik agar kita mampu menjadi orang yang luwes dalam bergaul.

Cara menumbuhkan Keluwesan dalam bergaul :

  1. Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Keluwesan dalam bergaul tak lepas dari rasa percaya diri yang dimiliki oleh setiap individu. Mereka yang memiliki kepercayaan diri tinggi tentu akan mudah sekali tampil menghadapi orang yang belum di kenalnya. Akibatnya, kebiasaan dari kemampuannya untuk mudah dalam menghadapi orang lain membuat ia terasah kemampuannya. Dan akhirnya ia menjadi orang yang mudah dalam bergaul.

Cara untuk menumbuhkan sikap terserbut adalah dengan mencontoh tokoh terkenal setiap berpidato dan jangan takut untuk meniru gaya orang lain, selama anda mampu tampil percaya diri namun tidak sampai melakukannya dengan sifat yang permanen.

  1. Berusaha Dengan Melakukan Trial And Error

Berusaha dengan tekad dan kesungguhan adalah kata kunci untuk meraih kesuksesan. Dengan usaha tersebut maka seorang yang gagal untuk melakukan segala sesuatu pun akan berubah menjadi orang pemberani dan berkarakter. Lakukanlah trial and error kepada teman anda maupun orang baru di lingkungan anda. Ajaklah mereka untuk berbincang atau mengikuti kegiatan yang diadakan oleh warga tersebut. Dengan kebiasaan tersebut maka kemampuan untuk bergaul pun akan mudah untuk kita dapatkan.

  1. Mencoba Terus Menerus

Usaha yang terakhir adalah mencobanya terus menerus. Singkirkan kata menyerah maupun merenungi nasib bahwa anda bukan orang yang luwes dalam bergaul.

Itulah beberapa hal yang dapat anda perhatikan untuk meluweskan diri dalam bergaul. Semoga bermanfaat. By : Muhamad Fadhol Tamimy