Saat Harimu Terasa Berat Lakukanlah Manajemen Masalah Dengan Tepat

Manajemen masalah. Sebelum mengenal lebih lanjut dengan manajemen masalah, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu masalah. Dalam bahasa inggris masalah adalah problem yang mana ia merupakan kata yang di pakai untuk menggambarkan sebuah kondisi, ataupun keadaan yang bersumber dari hubungan antara dua faktor atau lebih, dan mengakibatkan orang tersebut mengalami suatu situasi yang membingungkan.

Masalah biasanya dianggap sebagai suatu keadaan yang mana ia harus segera diselesaikan. Pada umumnya, masalah disadari pada saat orang tersebut menyadari keadaan yang sedang ia hadapi tersebut tak sesuai dengan kondisi/ keadaan yang diinginkan.

Di luar daripada itu, banyak sekali definisi tentang suatu masalah. Beberapa orang pun mengatakan bahwa, masalah adalah kondisi ataupun keadaan yang mana terjadi ketidak sesuaian antara harapan dengan realitas yang tengah terjadi.

Apabila di amati secara lebih seksama, kadang kala orang lebih melihat suatu masalah bukan lagi dari segi kejadian ataupun keadaan. Akan tetapi, terdapat hubungan dengan suatu mekanisme cara berpikir dan juga dalam bersikap orang tersebut, sehingga hal inilah yang menjadi penyebab masalah tersebut muncul.

Untuk itu penting sekai untuk menerapkan langkah bijak dalam hidup Anda dengan memahami akar permasalahan yang sedang terjadi pada diri Anda.

Melakukan Manajemen Masalah Dengan Tepat

Banyak faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut muncul diantaranya yang paling utama adalah ketidakmampuan diri seseorang untuk menerima kenyataan. Sebab prinsip utama dari masalah yang muncul letaknya terdapat di dalam masa lalu, dan juga masalah ini terjadi dikarenakan tidak sinkronnya rencana dan juga kenyataan yang ada.

Menerima Apa Yang Terjadi

Jika anda mampu untuk menerima permasalahan yang ada tersebut layaknya sebuah kondisi yang biasa-biasa saja terjadi, tentu permasalahan tersebut bukanlah sebagai masalah lagi. Yakinlah bahwa setiap manusia yang hidup tentu membutuhkan permasalahan, karena dengan masalah itulah manusia dapat berkembang dan menjadi lebih dewasa.

Memandang Dari Beragam Sudut Pandang

Perlu untuk di cermati bahwa setiap kejadian yang telah terjadi, mengandung banyak sekali arti, tinggal bagaimana diri Anda menyikapi. Masalah atau tidaknya, hal tersebut tergantung pada sejauh mana diri Anda memahami nilai tersebut, karena di dalam suatu kejadian maupun tempat, antara orang yang satu dengan yang lain berbeda-beda memaknainya.

Semua itu adalah tergantung dari sudut pandang Anda untuk menyikapinya. Bisa jadi apa yang anda anggap suatu masalah sebenarnya hal itu justru adalah sebuah solusi dari sudut pandang orang lain.

Memaknai Nilai Yang Positif Sebuah Masalah

Ketika anda memahami permasalahan dengan segala sudut pandang, maka perlu anda pahami kembali beberapa hal yang mana sering kali terjadi. Berikut ini akan di uraikan beberapa pernyataan mengenai masalah, baik itu dari sudut pandang negative maupun positif.

  1. Negatif

Masalah bencana atau musibah: Banyak dari orang yang menganggap masalah ini seperti halnya bencana maupun musibah yang akan terjadi di dalam kehidupannya, sehingga mereka akan berpikiran untuk benar benar berada dalam suatu musibah. Akhirnya secara perlahan merkea benar-benar larut dalam suatu pemikirannya dan pada akhirnya mereka mengalami kesulitan.

Masalah adalah sebuah penghakiman: Biasanya banyak dari orang yang akan berpikiran seperti ini adalah orang yang mudah untuk putus asa, dikarenakan mereka menganggap bahwa dengan adanya masalah maka berakhirlah harapan mereka untuk menjadi yang lebih baik.

Masalah Adalah Suatu Hal Yang Sangat Menyakitkan: Tipe dari orang yang seperti ini biasanya merupakan orang orang yang akan sangat mengandalkan perasaannya dalam hal penyikapan masalah. Akibatnya, akhrinya logika yang dimiliki pun tak berjalan. Otomatis apabila logika mereka tak berjalan, maka ide kreatif yang memunculkan solusi menyelesaikan permasalahan pun tak kan berjalan.

Masalah Adalah Hal Yang Dihindari: Jenis orang yang memandang masalah sebagai hal yang harus dihindari ini adalah tipikal orang yang cenderung tak berani dalam menghadapi kenyataan dan juga cenderung akan lari dari masalah. Padahal sejatinya, masalah yang hadir bukan untuk di hindari, namun untuk di hadapi.

  1. Positif

Masalah Adalah sebuah proses Untuk Menuju Perubahan Yang Lebih Baik: orang orang yang biasanya berpikiran seperti ini adalah orang-orang dengan golongan yang akan selalu berpikir positif. Mereka pun akan selalu dapat mengambil hikmah daripada setiap permasalahan yang sedang di hadapi

Masalah adalah solusi dari kesalahan masa lalu: Orang dengan pandangan seperti ini adalah, mereka yang selalu mampu menemukan sebuah solusi dan juga mampu mengubah sudut pandang daripada permasalahan menjadi hal yang solutif alias reframing.

Masalah adalah saksi dari perjalanan hidup: Orang yang tergolong seperti ini adalah orang yang selalu mau belajar daripada masa lalunya, dengan menjadikan sebagai sebuah catatan penting di dalam hidupnya. Pengalaman adalah guru terbaik yang akan di miliki setiap manusia dalam hidupnya. Baca juga peran maindset dalam kehidupan sehari-hari

Dan ingatlah kedua hal di atas saat anda sedang dirundung masalah. Hal itulah yang penting untuk di pahami bahwa saat harimu terasa berat maka lakukanlah manajemen masalah dengan tepat, agar hidupmu mudah dan bermanfaat. By: Muhamad Fadhol Tamimy