Lakukan Hal Ini Jika Teman Hanya MemanfaatkanmuLakukan Hal Ini Jika Teman Hanya Memanfaatkanmu. Pernahkan anda merasa bila hanya dimanfaatkan teman sendiri? Mungkin anda memiliki pengalaman pahit memiliki teman yang ternyata tidak tulus dengan anda, melainkan hanya memanfaatkan anda saja. Wajar jika anda merasa sakit hati diperlakukan seperti itu.

Oleh karena itu selektiflah dalam memilih teman yang tulus kepadamu. Tanda jika dia hanya memanfaatkanmu saja ialah pada saat ia hanya ada diwaktu senang saja, tidak suka melihat anda sukses, dan yang pasti tidak ada take and give didalam pertemanan anda. Dan ketika anda sudah tahu bahwa teman anda hanya memafaatkan anda.

Memang tidaklah baik memilih teman, namun teman itu ada yang baik dan ada juga yang tidak baik. Akan tetapi, anda bingung bagaimana cara yang harus dilakukan? Dibawah ini ialah cara yang bisa dilakukan ketika anda mengetahui teman hanya memanfaatkan saja :

Lakukan Hal Ini Jika Teman Hanya Memanfaatkanmu

 

  1. Berani katakan “Tidak”

Hal pertama yang bisa anda lakukakan ialah mengatakan “Tidak” atau menolak, namun secara halus agar dia tidak tersinggung atas penolakanmu. Memang sulit mengatakan “tidak” terhadap teman namun jika anda tegas tidak ada salahnya. Karna anda berhak untuk tidak setuju dan menolak permintaan orang lain termasuk teman anda sendiri, jika dibalik itu semua ada unsur ingin memanfaatkanmu saja.

  1. Melakukan “Negosiasi”

Melakukan negosiasi adalah cara yang baik yang bisa anda lakukan. Coba anda ingat kembali kejadian anda bersama teman anda. Pernahkan anda akhirnya harus menuntaskan segala pekerjaan sendirian dan seharusnya dia ikut membantu dalam hal ini? dan jika jawaban anda ya, cobalah untuk melakukan negosisasi sebelum kalian menuntaskan pekerjaan kelompok atau hal lainnya. Cara ini dilakukan ketika anda tidak bisa menerima begitu saja. Daripada membuat suasana menjadi keruh nantinya.

  1. Melakukan “Tes”

Sebagian orang tidak menyadari bahwa mereka hanya dimanfaatkan olek temannya. Dan bila sejak awal anda mengetahuinya. Cobalah lakukan tes, namun tidak terburu-buru. Lakukanlah tes jika memang anda sudah merasa dimanfaatkan.

  1. Jadilah Pribadi Yang “Tegas”

Selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah menjadi pribadi yang tegas. Jika anda mendapatkan situasi dimana anda akan  dimanfaatkan saja, tegaslah dalam  mengambil keputusan. Pribadi yang tegas akan membuat mereka merasa segan untuk memanfaatkanmu.

Rubahlah sikap anda yang dulu merasa tidak enak jika menolah dan sekarang tegas atau berani mengambil keputusan sendiri. Karna sikap anda yang seperti ini tidak akan lagi mengundang seseorang untuk memanfaatkanmu saja.

  1. Tanyakan Alasannya

Jika anda mengetahui bahwa anda hanya dimanfaatkan saja, tidak perlu anda mengungkapkan bahwa anda merasa di manfaatkan saja. Kita tidak tau alasannya mengapa. Kemungkinan ada kondisi tertentu yang membuat terpaksa melakukan hal itu.

By: Nurus Syarifatul Ngaeni