Kuliah Psikologi? Yuk Ikuti Tips Berikut ini Supaya Bisa Belajar Lebih OptimalSaat ini, banyak yang berminat untuk mengikuti kuliah psikologi. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya mahasiswa fakultas psikologi di berbagai kampus di Indonesia, dan banyak juga yang bertanya-tanya tentang belajar psikologi.

Kuliah Psikologi

Bagi kamu yang ingin masuk kuliah psikologi atau baru ingin mengikuti kuliah jurusan psikologi, ada beberapa tips menarik yang bisa kamu terapkan supaya bisa belajar lebih optimal di fakultas psikologi. Berikut ini adalah tips-tips belajar psikologi supaya menjadi lebih optimal:

  1. Selalu sedia buku catatan khusus

Psikologi adalah salah satu jurusan yang memiliki banyak sekali teori. Karena itu, bagi kamu yang masuk ke dalam kuliah psikologi, wajib hukumnya memiliki buku catatan khusus. Hal ini akan membantu kamu dalam mencatat bahan kuliah psikologi yang dijelaskan oleh dosen. Catatan ini nantinya akan sangat membantu kamu dalam belajar psikologi, seperti menghafal teori, membuat mind mapping, ataupun sekedar menambah informasi.

  1. Siapkan juga buku pegangan yang sesuai

Selain buku catatan, dalam belajar psikologi kamu juga membutuhkan buku pegangan yang sesuai dengan mata kuliah psikologi yang kamu ambil. Buku pegangan ini akan membantu kamu untuk lebih memahami catatan yang kamu buat, sehingga kamu menjadi lebih optimal dalam belajar psikologi.

  1. Kurang-kurangi bolos kelas

Ilmu psikologi kebanyakan memiliki keterkaitan satu dengan yang lain. Misalnya saja psikologi pendidikan, biasanya terkait dengan psikologi kognitif. Atau psikologi klinis terkait dengan psikologi abnormal. Nah, kamu harus bisa kurang-kurangi perilaku membolos kelas, supaya belajar psikologi kamu menjadi lebih optimal, dan lebih mudah memahami setiap materi kuliah psikologi yang diajarkan di dalam kelas.

  1. Rajin konsultasi dengan dosen

Banyak dosen fakultas psikologi yang sudah menjadi seorang psikolog profesional. Nah, kamu bisa juga konsultasi masalah kamu ke dosen-dosen tersebut. Kamu harus bisa memanfaatkan kondisi ini dengan baik. Selain mengkonsultasikan masalah kuliah, kamu bisa mengkonsultasikan masalah lain yang mungkin menjadi penghambat kamu. Sambil menyelam minum air. Kapan lagi kamu bisa konsultasi psikologi gratis?

  1. Selalu update dengan masalah-masalah yang ada di sekitar kamu

Psikologi adalah ilmu yang banyak mempelajari tentang masalah, baik di dalam lingkungan sosial, industri, organisasi, sekolah, dan sebagainya. Nah, sebagai mahasiswa fakultas psikologi, kamu juga harus peka dan up to date dengan masalah-masalah seperti ini. Hal ini akan membantu kamu belajar psikologi lebih baik lagi, karena bisa menerapkan teori yang sudah kamu peroleh secara langsung. Ini juga merupakan salah satu bentuk praktek dalam belajar psikologi yang bisa diterapkan dimana pun.

Nah, seperti itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan di dalam kuliah psikologi. Kelak, tips tersebut akan sangat membantu kamu supaya bisa belajar psikologi dengan lebih optimal, dan tentu saja bisa mengamalkan ilmu psikologi yang telah kamu peroleh kepada orang banyak. Selamat mencoba, dan selamat belajar. By: Eduardus Pambudi


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia