Kuliah Jurusan Psikologi. Apa Yang Akan Dipelajari Disini?

Kuliah Jurusan Psikologi. Apa Yang Akan Dipelajari Disini?

October 27, 2016 Off By admin

Kuliah Jurusan Psikologi. Apa Yang Akan Dipelajari Disini?Kuliah jurusan psikologi adalah salah satu jurusan yang saat ini menjadi minat banyak orang. Hal ini terlihat dari semakin bertambahnya peserta pendidikan jurusan psikologi di berbagai Universitas dan Kampus di Indonesia. Lalu sebenarnya, apa saja sih yang nantinya akan dipelajari di kuliah jurusan psikologi? Nah, untuk anda yang penasaran, berikut ini adalah beberapa hal yang akan anda pelajari apabila anda masuk kuliah jurusan psikologi.

Aneka Mata Kuliah Jurusan Psikologi

  1. Psikologi Umum

Psikologi umum ini nantinya akan membahas pengertian psikologi secara umum dan luas. Mulai dari teori-teori dasar psikologi, sejarah psikologi, dan juga tokoh-tokoh psikologi. Mungkin sedikit membosankan dan sulit dimengerti, karena pelajaran ini biasanya diberikan di awal-awal masuk kuliah psikologi. Namun, psikologi umum akan memperkenalkan teori dasar psikologi yang sangat luas, jadi manfaatnya sangat besar.

  1. Biopsikologi dan Psikologi Faal

Nah, jangan kira masuk kuliah jurusan psikologi tidak akan mendapatkan pelajaran ilmu alam. Anda akan mendapatkan mata kuliah berupa biopsikologi dan juga psikologi faal. Mata pelajaran ini erat sekali kaitannya dengan ilmu biologi dan juga fisiologis yang dihubungkan dengan kondisi psikologis seseorang, mulai dari masalah, hingga proses kognitif seseorang.

  1. Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan merupakan mata kuliah dari jurusan psikologi, dimana anda akan belajar mengenai tahapan perkembangan manusia secara fisik, kognitif, dan juga psikososial. Kira-kira anak usia 2 tahun itu harusnya sudah bisa ngapain sih? Atau wajar nggak kalau anak usia 2 tahun belum bisa berbicara? Semua ini nanti akan dipelajari di dalam mata kuliah psikologi perkembangan. Mulai dari proses pembentukan hingga nanti proses menjelang kematian seseorang, semuanya akan dibahas tuntas.

  1. Psikologi Pendidikan

Nah, kalau mata kuliah yang satu ini, anda akan mempelajari ilmu psikologi dari perspektif pendidikan dan kemampuan kognitif seseorang.  Apa sih inteligensi, minat, bakat, dan juga kreativitas itu? Atau mengapa ada anak-anak yang IQ nya tinggi, tapi sering tidak naik kelas. Hal ini nantinya akan dipelajari di dalam mata kuliah psikologi pendidikan ini.

  1. Psikologi Sosial

Psikologi sosial adalah mata kuliah dari jurusan psikologi yang mempelajari tentang ilmu psikologi dan juga sosial. Afeksi, emosi, konformitas, cinta, dan sebagainya adalah sedikit bahasan dari ilmu psikologi sosial. Komunikasi juga merupakan salah satu bahasan yang paling banyak dibahas di dalam mata kuliah psikologi sosial ini.

  1. Psikologi Industri dan Organisasi

Tertarik dengan dunia perkantoran, HRD, dan sebagainya? Kalau begitu mata kuliah psikologi industri dan organisasi ini sangat cocok untuk anda nantinya. PIO akan membahas segala macam hal tentang ilmu psikologi yang diterapkan di dalam lingkungan industri. Rekrutmen, penggajian, sistem shift, kinerja, stress kerja adalah beberapa bahasan utama dari mata kuliah psikologi industri dan organisasi ini.

  1. Psikologi Klinis

Psikologi klinis merupakan salah satu mata kuliah yang mempelajari Psikologi yang original, dimana pada awalnya psikologi berkaitan dengan ilmu psikiatri yang sifatnya klinis. Dalam mata kuliah ini anda akan mempelajari tentang gangguan-gangguan klinis, seperti misalnya stress, depresi, gangguan makan, dan beberapa teknik-teknik untuk melakukan asesmen (wawancara, observasi) secara klinis.

Itu adalah beberapa mata kuliah yang akan dipelajari apabila anda memutuskan untuk masuk kuliah jurusan psikologi bagian pertama.  Bagian kedua pada post berikutnya.