Kreativitas, Salah Satu Kunci Utama Keberhasilan Mencari Alternatif Pemecahan MasalahTerkadang anda mungkin sering mentok, karena anda sulit untuk mencari alternatif pemecahan masalah yang melanda anda. Banyak orang yang sulit menyelesaikan dan mengatasi masalah mereka karena sulit untuk mencari alternatif pemecahan masalah yang tepat. Salah satu faktor yang terkadang menyebabkan seseorang sulit untuk menemukan alternatif pemecahan masalah yang tepat antara lain adalah karena kurangnya kreativitas.

Ya, kreativitas adalah salah satu kunci utama dan faktor penting yang harus dimiliki oleh seseorang untuk melakukan problem solving atau pemecahan masalah. Terkadang orang-orang atau bahkan anda sendiri terlalu banyak berpikir keras, dan berpikir terlalu jauh, sehingga seringkali melupakan hal-hal yang simple sekalipun.

Misalnya saja ketika anda sedang terjebak macet di dalam kendaraan umum yang panas. Banyak dari anda yang mungkin memikirkan akan terlambat kerja, potong gaji karena telat, tidak boleh masuk oleh dosen, dan sebagainya.

Pemikiran yang terlalu jauh ini terkadang menghambat anda untuk mencari pemecahan masalah yang kreatif. Apabila anda tidak berpikir terlalu jauh dan kreatif, maka anda bisa memutuskan untuk melakukan sesuatu yang lebih menbuat anda tenang, misalnya saja:

  1. Membaca komik humor di smartphone anda

Membaca komik humor adalah salah satu cara yang tepat untuk menjadikan diri kita kreatif. Beberapa kata humor yang membuat kita tertawa, diketahui akan membangkitkan rasa bahagia di dalam diri kita. Rasa bahagia tersebut akhirnya dapat membuat kita semakin ringan untuk memecahkan segala persoalan rumit dengan cara sederhana.

2. Mendengarkan Hal Yang Disukai

Saat anda tengah mengalami kebuntuan maka ada beberapa alternatif yang dapat di coba, salah satunya adalah mendengarkan hal-hal yang anda sukai. Jika anda adalah seorang muslim, maka anda dapat mendengarkan murotal yang tersedia. Toh banyak sekali rekaman murotal yang dilantunkan oleh mereka yang memiliki suara merdu. Selain dapat menenangkan, hatipun merasa tentram. Jika hati merasa tentram tentu mudah sekali untuk memunculkan ide-ide kreatif.

Begitu juga jika anda beragama, nasrani, katolik, protestan. Anda dapat mendengarkan kidung-kidung suci yang dilantunkan dengan suara merdu. Menyejukkan hati bukan

3. Mengajak penumpang lain untuk mengobrol

Momen ini adalah saat di mana anda sedang dalam angkutan umum. Jika anda sedang dalam angkutan umum jangan segan untuk menyapa penumpang yang lainnya. Barangkali anda tak sengaja berbicara dengan orang yang memiliki pemikiran brilian. Jangan anggap remeh siapapun, bisa jadi orang yang anda anggap biasa-biasa karena kemana-mana hanya naik angkutan umum tak dinyana ternyata ia adalah insiyur yang sedang survey moda transportasi.

4. Turun dari angkutan umum dan menggunakan transportasi lain yang lebih efektif

Hal ini adalah kelanjutan dari poin nomer 3. Jika anda sedang naik transportasi dan anda tengah terjebak macet, dan anda tak menemukan penumpang yang enak di ajak untuk ngobrol, maka ada baiknya anda untuk turun dan memilih menggunakan transportasi lain yang lebih efektif. Toh saat ini juga sudah banyak layanan ojek online. Agar lebih afdhol pilihlah layanan yang asli anak negeri ya, kan sayang uang yang kita berikan jika yang berjaya perusahaan layanan transportasi asal negeri orang 😀

5. Dan masih banyak lagi

Dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat anda lakukan jika sedang mengalami kebuntuan dalam memecahkan permasalahan yang ada.

Terkadang kreativitas akan membantu anda untuk lepas dari masalah anda lebih mudah dari yang anda bayangkan. Karena itu, kembangkanlah kreativitas di dalam diri anda supaya dapat membantu anda mengatasi masalah dengan lebih mudah.

Kreativitas Muncul Seiring Dengan Pengalaman

Salah satu hal yang bisa membuat kreativitas anda semakin berkembang dan membantu anda dalam menemukan alternatif pemecahan masalah adalah pengalaman. Ya, pengalaman yang sudah pernah anda alami sebelumnya akan membuat anda berpikir lebih jernih dan lebih kreatif dalam menghadapi masalah yang mirip atau sama. Dengan begitu, anda akan menjadi lebih tenang dan juga tidak mudah panik ketika menghadapi masalah.

Banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang kreatif lebih mudah terhindar dari stress, karena mereka dapat mencari alternatif pemecahan masalah lebih mudah dan lebih luwes dalam berpikir, sehingga membuat mereka mampu untuk berpikir dari berbagai macam sisi dengan mudah dan juga cepat.

Emosi Positif Dan Kreativitas

Inilah alasan mengapa ketika anda mengalami masalah, anda harus selalu berpikir positif dan memunculkan emosi positif. Kreativitas banyak muncul pada mereka yang sering berpikir positif dan memiliki emosi positif di dalam dirinya. Ketika anda mampu untuk menunjukkan emosi yang positif, maka seluruh pikiran anda akan menjadi positif. Dari sinilah anda bisa memunculkan kreativitas yang anda butuhkan untuk mencari alternatif pemecahan masalah.

Oleh karena itu, ketika anda sedang mengalami suatu masalah, buang jauh-jauh emosi dan pemikiran negatif anda, supaya anda mampu berpikir jernih dan bisa lebih kreatif dalam mencari alternatif pemecahan masalah. By: Eduardus Pambudi


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia