Konsultasi Kepribadian Tentang Pengaruh Masa LaluNama : leha xx
E-mail : xxlehaxx33@gmail.com
Judul : konsultasi kepribadian
Isi Konsultasi : Selamat pagi,sya ingin konsultasi tentang kepribadian saudra sya,diy semasa kecil smpai dewasa pnya masa lalu yg buruk,apakah masa lalu itu yg mmbuat diy merusak rmah tangganya sendiri dan jg tdk sewajarnya dlam mndidik anaknya,bahkan sma orng tua dan orng lain diy pnya sifat yg buruk,sya ingin sekali menginngatkan diy,sya ksihan sma keluarganya,suami dan anaknya,klau boleh sya ingin cerita dlu tentang diy sedari kecil,karena smua rahasia diy ada pada saya,sya saudara sepupu yg dekat sama diy,

Jawaban

Hai leha, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan baik ya.

Konsultasi Kepribadian – Megnenai pertanyaan dari anda, mungkin ada beberapa hal yang perlu dikonfirmasikan terlebih dahulu. Misalnya saja, merusak rumah tangganya sendiri itu seperti apa? Apa yang sudah dilakukan oleh saudara anda dalam hal merusak rumah tangganya? Dan, sifat buruk apa yang sangat mengganggu anda dan keluarga anda?

Lalu, apakah ada dampak yang sangat signifikan dan sangat mengganggu, yang muncul pada keluarganya? Misalnya saja muncul masalah psikologis yang berarti seperti gangguan kecemasan, atau mungkin bahkan adanya kekerasan dalam rumah tangga.

Masa lalu yang buruk memang sangat mungkin memberikan dampak yang luar biasa terhadap masa kini. Banyak sekali orang yang memiliki perilaku buruk dan sulit untuk diterima oleh masyarakat atau orang terdekat, yang disebabkan oleh masalah atau trauma pada masa lalu.

Anda mungkin bisa saja menceritakan masa lalu, masalah, dan juga situasi yang terjadi saat ini. Namun hal ini mungkin akan sulit apabila saudara anda tidak merasa bahwa dirinya memiliki masalah, atau saudara anda tidak mau berubah. Kunci untuk merubah perilaku saudara anda, ataupun membuat saudara anda sadar dengan perilakunya adalah dari dirinya sendiri. Anda mungkin bisa mencoba untuk menceritakan masalah saudara anda dengan lengkap dan juga sistematis. Namun, hal ini hanya akan sangat sedikit sekali membantu saudara anda.

Hal ini dikarenakan sifat manusia yang terkadang justru cendrung defensive dalam menerima kesalahan yang dimilikinya. Mungkin beberapa nasehat terkadang membantu, namun terkadang nasehat pun juga hanya akan memperburuk hubungan anda dengan saudara. Ada beberapa hal yang dapat meluluhkan hati seseorang, yaitu nasehat yang di barengi dengan contoh logis, dan keteladanan dari pribadi kita.

Saran terbaik adalah, anda bisa membantu saudara anda untuk menyadarkan bahwa dia sedang mengalami masalah, barulah nanti anda bisa berkontribusi besar untuk membantunya merubah sikap dan perilakunya. Apabila anda ingin menceritakan masalah saudara anda, kami tentu saja akan siap membantu, namun yang pasti adalah, anda harus bisa meyakinkan saudara anda bahwa perilakunya adalah salah, dan dia ingin berubah.

Jika saudara anda telah memahami dan mengetahui bahwa apa yang di lakukannya tersebut adalah salah maka langkah selanjutnya adalah memberikan nasehat. Setelah nasehat maka anda dapat memberikan contoh bagaimana yang dapat di lakukan dengan baik. Dan seterusnya.

Hingga pada akhirnya nanti apa yang anda anjurkan dan nasehatkan pada saudara anda, dapat di dengar dan dapat di laksanakan dengan baik. Kunci dalam memberikan nasehat dan contoh teladan adalah kesabaran dan konsisten, tanpa kenal lelah. Karena apa yang kita lakukan jika hal tersebut di lakukan dengan konsisten dan tulus maka orang yang kita berikan contoh dan teladan akan berubah tanpa adanya keterpaksaan di dalam dirinya. Bahkan orang lain pun akan merasakan dampak kebaikan daripadanya. Semoga dapat memberikan pencerahan dan manfaat. Psikologi mania