Kesehatan mental adalah salah satu hal yang sangat penting dan harus diraih oleh siapapun. Kesehatan mental ditandai dengan proses berpikir yang sehat, perilaku yang baik, dan juga mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial dengan baik. Nah, ada beberapa hal yang harus dihindari supaya anda bisa memperoleh kesehatan mental yang optimal. Berikut ini adalah beberapa hal-hal yang harus dihindari supaya anda bisa memiliki kesehatan mental yang optimal:

  1. Iri hati dan cemburu

Hindari Hal-Hal ini Untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik Lagi

Hal pertama yang harus anda hindari apabila anda ingin memperoleh kesehatan psikologis dan mental yang optimal adalah menghilangkan rasa iri hati dan juga cemburu. Iri hati dan cemburu adalah salah satu bentuk emosi negatif yang akan menyebabkan kesehatan psikologis dan mental anda memburuk. Anda yang terlalu sering merasakan iri hati dan juga cemburu, bahkan untuk hal-hal yang kecil sekalipun akan terjebak dalam situasi yang tidak enak, dan selalu merasa bahwa diri anda tidak memiliki hal apapun untuk disyukuri. Padahal, mensyukuri apa yang dimiliki adalah salah satu kunci kesehatan mental yang optimal.

  1. Nyinyir

Hindari Hal-Hal ini Untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik Lagi

Nyinyir, suka ngomongin orang, menggosip, sirik adalah sifat yang hampir sama dengan iri hati atau cemburu. Anda yang sering nyinyir dengan orang lain akan memiliki kecenderungan kesehatan psikologis dan mental yang kurang baik. Anda terlalu sibuk melihat sisi negatif pada diri orang lain, dan lupa bahwa orang lain juga memiliki hal positif di dalam dirinya. Hal ini secara tidak langsung akan membuat anda selalu menilai orang lain secara negatif, yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan mental anda.

  1. Sombong dan Takabur

Hindari Hal-Hal ini Untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik Lagi

Siapa yang suka dengan orang sombong? Sepertinya tidak ada orang yang suka dengan orang sombong bukan? Nah, supaya anda memiliki kesehatan yang optimal dan lebih baik daripada mental anda, maka sombong dan takabur ini wajib anda pinggirkan. Tidak harus 100% hilang dari diri anda, namun setidaknya anda tidak merasa sombong dalam segala hal. Rendah hati adalah kunci lainnya dari kesehatan mental yang optimal.

  1. Egois dan tidak mau berbagi

Hindari Hal-Hal ini Untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik Lagi

Egois dan tidak mau berbagi adalah hal berikutnya yang harus anda pinggirkan untuk mencapai kesehatan secara psikologis yang optimal. Orang yang egois cenderung tidak mau berteman, dan sedikit pula orang yang mau berteman dengan orang yang egois. Hal ini akan membuat anda kehilangan teman dan orang kepercayaan akibat keegoisan anda. Padahal, teman dan orang terdekat adalah salah satu hal penting untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kesehatan mental anda loh. Jadi, kurangi dan hindari menjadi orang yang terlalu egois kalau anda ingin kesehatan mental anda menjadi lebih optimal.

  1. Pesimis dan mudah putus asa

Hindari Hal-Hal ini Untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik Lagi

Pesimis adalah kunci dari keterpurukan mental, begitu pula dengan putus asa. Ketika anda terlalu sering mengalami dua hal ini, maka kondisi anda akan menjadi sangat down, anda akan merasa menjadi orang yang sangat tidak berguna karena tidak mampu untuk mencapai tujuan anda. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kesehatan mental anda. Bagi anda yang mungkin sering merasa pesimis dan mudah putus asa, kurang-kurangilah, dan perbanyak berpikir positif untuk kesehatan mental anda yang lebih baik dan lebih optimal lagi.

Itu adalah beberapa hal yang harus anda hindari apabila anda ingin mengoptimalkan kesehatan mental anda. Masih ada beberapa hal lainnya yang harus anda hindari, yang akan dibahas pada artikel psikologi berikutnya. Selamat mencoba, dan semoga anda bisa menggapai kesehatan mental yang lebih baik dan optimal. Selanjutnya