X

Kesalahan Interview Kerja Yang Seringkali Dilakukan Para Pelamar Kerja

Kesalahan Interview Kerja. Di tengah persaingan dalam lapangan pekerjaan, akhirnya turut menuntut setiap orang untuk mampu menampilkan diri sesempurna mungkin di hadapan calon bos, melalui tangan-tangan recruternya.

Segala aspek mulai dari review profile diri yang tertera dalam daftar riwayat hidup, hingga kemampuan berkomunikasi pun akan selalu di uji. Salah satu hal yang menentukan keberhasilan anda di terima di suatu perusahaan adalah sesi wawancara.

Banyak orang yang mengabaikan hal yang sangat penting dan krusial ini, karena ia terlalu yakin bahwa ia akan di terima setelah mendapatkan panggilan wawancara kerja. Padahal hal itu adalah salah.

Penting pula untuk memperhatikan bagiamana anda mempromosikan dan meyakinkan diri anda di hadapan recruiter perusahaan temapt anda akan bekerja nantinya. Media mempromosikan diri dan meyakinkan adalah interview kerja.

Berikut ini akan di bahas beberapa kesalahan interview kerja yang seringkali dilakukan para pelamar kerja

Kesalahan Interview Kerja

Kesalahan 1

Kesalahan yang pertama saat melakukan interview kerja adalah tidak melakukan kontak mata. Sebanyak 67% kesalahan yang terjadi pada saat wawancara kerja adalah tidak melakukan kontak mata.

Padahal para pelamar melakukan hal ini dengan para interviewer. Hal ini di karenakan, dengan melakukan kontak mata berarti anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Ada rasa confidence di dalam diri anda. Dan sikap confidence inilah yang akan menggambarkan, seberapa anda mampu untuk tetap tenang dalam menghadapi tekanan dalam dunia pekerjaan nantinya.

Kesalahan 2

Kesalahan selanjutnya yang di lakukan oleh pelamar kerja adalah kurang informasi atas perusahaan yang ia lamar.

Kesalahan ini terjadi pada sebanyak 47% pelamar kerja yang gagal dalam sesi interview kerja. Sebaiknya sebelum anda berangkat menghadiri interview kerja, akan lebih baik anda mengetahui terlebih dahulu profile dari perusahaan tempat anda akan bekerja nantinya.

Informasi-informasi seputar bidang yang akan anda kerjakan, hingga sebuah bayangan keuntungan dan kerugian perusahaan jika merekrut anda nantinya pun akan menjadi sebuah nilai plus. Terlebih lagi apabila anda mampu untuk menjelaskan keberhasilan yang telah anda lakukan yang akan di terapkan di pekerjaan yang anda lamar, disertai dengan analisis kaitan kebermanfaatan jika anda diterima yang sesuai antara pengalaman dengan bidang pekerjaan yang anda lamar.

Kesalahan ketiga

Kesalahan selanjutnya yang dilakukan oleh mereka yang gagal dalam interview adalah kurang senyum. Bahkan kesalahan ini dilakukan mereka yang gagal sebanyak 38%. Padahal dengan tersenyum adalah bentuk penghormatan bagi siapa saja, terutama rekan anda nantinya.

Dengan tersenyum, juga dapat membuat kesan baik, bahwa anda merupakan orang yang ceria, dan menyenangkan. Dan orang yang menyenangkan tentunya akan sangat mudah dalam bekerjasama.

Kesalahan Keempat

Kesalahan keempat yang sering dilakukan mereka yang gagal interview kerja yaitu posisi tubuh yang buruk. Kesalahan ini dilakukan oleh mereka yang gagal dalam interview kerja sebanyak 33%. Sebaiknya perhatikan postur anda saat berdiri maupun dalam keadaan duduk. Usahakan untuk selalu tegap dan tidak terlalu membungkuk

Kesalahan Kelima

Kesalahan selanjutnya adalah terlalu gugup saat proses wawancara. Kesalahan ini banyak dilakukan oleh para pelamar yang gagal sebanyak 33%. Jika anda terlalu gugup maka hal tersebut dapat mengakibatkan anda terlihat kikuk, posisi tubuh menjadi tidak baik, dan akhirnya anda kesulitan dalam menghadapi beberapa pertanyaan.

Kesalahan keenam

Kesalahan selanjutnya yang kerap kali dilakukan oleh para pencari kerja saat di fase interview adalah jabat tangan yang terlalu lemah. Jabat tangan yang terlalu lemah ini dilakukan sebanyak 26% orang yang gagal di fase interview kerja.

Sebaiknya lakukanlah jabat tangan dengan interviwer atau pewawancara secara mantab. Hal ini menunjukkan bahwa anda memiliki spirit, energi, dan karakter yang kuat dan anda terlihat siap apabila mengemban beban kerja yang akan di berikan pada anda nantinya.

Kesalahan Ketujuh

Kesalahan selanjutnya adalah sering kali memegang rambut maupun wajah. Hal ini dilakukan oleh mereka yang gagal sebanyak 21%. Memegang rambut, maupun beberapa areal wajah hanya akan membuat kesan, bahwa anda tidak percaya diri, atau sedang membuat jawaban yang sebenarnya belum pernah anda lakukan di kehidupan nyata.

Kesalahan kedelapan

Kesalahan selanjutnya adalah gesture tubuh anda yang terlihat tidak sopan. Gesture tersebut seperti menyilangkan tangan anda di dada. Sebanyak 21 % mereka yang gagal dalam interview kerja melakukan hal ini. Sebaiknya letakanlah tangan anda di samping tubuh ketika berdiri, dan letakanlah di atas paha ketika and sedang duduk.

Kesalahan Kesembilan

Kesalahan selanjutnya adalah terlalu banyak gerakan tangan yang anda lakukan. Sebanyak 9% orang yang gagal dalam interview kerja melakukan hal yang demikian. Selain gerakan ini sangat tidak penting, hal ini pun dapat membuat para pewawancara merasa terganggu atas apa yang anda lakukan.

Lantas apa yang harus anda lakukan?

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh collegeatlas.org kesan pertama yang dilihat pada seorang pelamar kerja saat melakukan interview kerja yaitu sebagai berikut;

55% : Para pewawancara akan melihat kesan pertama berdasarkan beragam cara anda dalam berpakaian, bertindak dan juga berjalan

38% : Hal selanjutnya adalah menentukan kesan pertama daripada kualitas suara anda, keyakinan anda saat berbicara, dan juga tata bahasa yang anda gunakan dalam berkomunikasi.

7% : Para pewawancara menentukan suatu kesan pertama tentang gambaran diri anda dari pemilihan kata yang digunakan saat anda berbicara

Berikut ini merupakan beberapa dampak yang akan ditimbulkan ataupun dipikirkan setelah para pewawancara melihat kesan pertama pada seorang pencari kerja;

70%: Sebanyak 70% orang mengatakan bahwa mereka tak terlalu menyukai seorang pelamar kerja yang tampil terlalu modis ataupun trendi

Sebanyak 65% perekrut pun juga mengatakan bahwa, warna pakaian juga akan mempengaruhi antara satu kandidat dengan kandidat yang lainnya.

Beberapa hal di atas sekiranya dapat menjadi bahan pertimbangan anda, sebelum anda berangkat melakukan interview kerja. Ingat, bahwasanya anda bersaing dengan seabrek calon pelamar kerja yang memiliki kualitas yang sama atau bahkan lebih baik daripada anda. (Muhamad Fadhol Tamimy)