Kenapa Kita Tidak Bisa Saling Menjauh? Nama : Ade xxx
E-mail :
adevalenia_khawa@yahoo.com
Judul : Kenapa kita tidak bisa saling menjauh?
Isi Konsultasi : Selamat siang, perkenalkan nama saya Ade yang berusia 20th. Saya mempunyai seorang teman laki2 usianya terpaut satu tahun di bawah saya,kita udh dekat kurang lebih hampir 3tahun sampai sekarang ini. Setahun pertama kita menjalin hubungan kemudian dua tahun selanjutnya kita masih berteman hingga sekarang namun sering kali berantem, dia menjadi sangat sensitif, dia sering cemburu dan selalu menilai apa yang saya lakukan sering salah. Bahkan pada saat dia sedang marah, dia selalu bilang tidak mau kenal saya lagi, dia benci saya, dia lelah karna saya sakiti.. Padahal saya tidak melakukan apapun yang menurut saya tidak menyakiti hatinya. Namun meskipun sering begitu, saat kita dekat, semacam tidak ada permasalahan apa2 namun disaat saya sedang jauh (kebetulan saya kuliah disemarang) pasti selalu aja ada yang jadi permasalahan.. Selama 2 tahun kita menjalani hubungan seperti itu. Pertanyaan saya, kenapa kita tidak bisa saling melupakan padahal kita bisa dikatakan sering berantem seperti itu? Kemudian cara apa supaya bisa mencegah dia selalu berpikiran negatif terhadap saya?? Terimakasih

Jawaban

Hai Ade, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan baik ya.

Dalam sebuah hubungan, apalagi hubungan dengan lawan jenis dengan waktu yang sudah cukup lama memang sulit untuk saling melupakan atau saling menjauh satu sama lain. Hal ini bisa jadi disebabkan karena antara anda dan teman laki – laki anda sudah terjalin attachment atau kelekatan yang cukup kuat. Meskipun anda kurang detail menjelaskan tentang sedekat apa anda dengan teman laki – laki anda, apakah benar – benar seorang teman, sahabat, atau menjurus ke arah pasangan romantis. Terlepas dari hal itu, attachment adalah salah satu hal yang bisa menjadi penyebab mengapa anda dan teman laki – laki anda tidak bisa saling menjauh satu sama lain.

Selain karena adanya attachment atau kelekatan, anda dan teman laki – laki anda kemungkinan juga memiliki kebutuhan – kebutuhan yang sama. Kebutuhan atau needs ini bisa muncul secara sadar maupun tidak sadar. Jadi antara anda dan teman laki – laki anda saling melengkapi (baik secara sadar maupun tidak sadar). Hal ini juga bisa menjadi penyebab mengapa anda tidak bisa saling melupakan atau menjauh, karena selain sudah terlalu lekat (attach), anda dan juga teman laki – laki anda memiliki kebutuhan yang sama dan saling melengkapi satu sama lain.

Cara Mencegah Supaya Orang Tidak Berpikiran Negatif

Untuk permasalahan berikutnya, mungkin agak sulit untuk dilakukan. Ada kemungkinan bahwa seseorang bisa memiliki kepribadian yang cenderung sering berpikir negatif dan juga cemburu karena di dalam dirinya terdapat masalah yang belum selesai dan menyebabkan dia berperilaku seperti itu.

Misalnya saja, pada masa kecilnya, seseorang seringkali dicurigai oleh orangtuanya, atau seringkali dituduh orangtuanya melakukan suatu hal yang tidak dia lakukan. Apabila hal ini dipendam dan tidak diselesaikan, maka bisa memunculkan kecenderungan kepribadian yang mudah merasa curiga.

Jadi yang ingin ditekankan adalah, untuk mencegah supaya orang tidak berpikiran negatif, kita harus memahami terlebih dahulu hal apa yang membuat orang tersebut mudah berpikiran negatif. Tidak bisa kita langsung melakukan sesuatu, tanpa mengetahui apa yang menjadi pokok permasalahannya. Cukup sulit untuk dilakukan, namun bukan berarti tidak bisa.

Saran yang mungkin bisa dilakukan adalah, secara lembut dan sabar anda memahami betul-betul teman laki-laki anda. Perlahan, anda mungkin bisa menemukan sesuatu yang mungkin bisa menjadi pokok permasalahan, dan menemukan cara terbaik untuk menyelesaikannya. Psikologi Mania