Kenali Tanda Depresi Pada RemajaSuasana hati para remaja terkadang labil, sehingga hal ini dapat membuat mereka stres dan apabila tidak diatasi dengan baik, maka akan berkembang menjadi depresi karena despresi tidak mengenal usia.

 

Namun perlu di ingat bahwa depresi sangat berbeda dengan moody, karena moody ialah yang dalam satu waktu mereka terlihat baik-baik saja, namun tidak lama mereka tampak sedih dan murung.

 

Sedangkan depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari pada keadaan sedih, yang dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, perilaku bahkan kesehatan secara umum. Yang paling mengerikan dari depresi ialah munculnya ide atau keinginan untuk mengakhiri hidup yaitu bunuh diri.

 

Faktor terjadinya depresi pada remaja ialah faktor psikologis karena tekanan beban psikis, serta depresi bisa terjadi karena permasalah dalam keluarga atau di  pendidikan. Lalu, bagaimana anda dapat membedakan antara remaja yang sedang mengalami depresi atau hanya moody saja? Berikut beberapa tanda mengenali  remaja yang sedang mengalami depresi :

  1. Menjadi Murung

Tanda depresi pada remaja yang pertama ialah jika anda anda menjadi murung, yang biasanya cerewet menjadi sangat pendiam dan tidak mau menjawab saat seseorang sedang bertanya. Bisa jadi anak anda mengalami depresi.

  1. Hilangnya Minat

Tanda depresi pada remaja yang kedua ialah, pada remaja laki-laki misalnya yang biasanya suka bermain sepak bola tiba-tiba malas ingin bermain sepak bola. Lalu pada remaja perempuan, jika ia selalu berdandan rapi, tiba-tiba menjadi malas untuk keluar kamar serta dandanannya berantakan dari biasanya.

 

  1. Perubahan Nafsu Makan

Tanda depresi pada remaja berikutnya ialah, perubahan pada nafsu makan dan mengakibatkan hilangnya berat badan yang signifikan saat tidak melakukan diet, bahkan ada beberapa remaja yang bertambah berat badan secara signifikan.

  1. Mengalami insomnia atau hipersomni.

Insomnia adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Sedangkan hipersomnia ialah kelainan tidur yang ditandai kantuk yang berlebih. Jika anak anda mengalami salah satu hal tersebut bisa jadi anak anda sedang depresi, karena depresi dapat mengubah pola tidur.

  1. Gelisah dan Cemas

Selanjutnya tanda depresi yang ke enam adalah mengalami kegelisahan dan cemas. Remaja yang sedang depresi cendrung mengalami kegelisahan serta cemas. Jika anak anda mengalami hal tersebut dalam waktu yang cukup lama bukan tidak mungkin anak anda mengalami depresi.

  1. Mudah Marah

Jika pada akhir-akhir ini anak anda mudah marah, padahal sebelumnya tidak begitu. Maka patut anda mewaspadai bisa jadi anak anda mengalami depresi.

  1. Hilangnya Semangat

Tanda depresi selanjutnya ialah hilangnya semangat pada anak remaja. Karena pada saat depresi remaja akan hilang semangat untuk melakukan aktivitas apapun.

 

Semoga bermanfaat…

 

By: Nurus Syarifatul Ngaeni