Yuk Kenali Perbedaan Antara Anorexia Dan BulimiaPerbedaan Antara Anorexia Dan Bulimia

Anorexia dan bulimia merupakan salah satu gangguan psikologis tepatnya gangguan makan, yang kerap kali tidak disadari oleh banyak orang, bahkan mereka yang mengalaminya pun tidak menyadari hal tersebut. anorexia dan bulimia adalah dua istilah yang berbeda, namun demikian, keduanya sama – sama merupakan bentuk gangguan makan, yang biasanya muncul pada remaja ataupun dewasa awal (usia 20-an tahun).

Ciri khas dari kedua gangguan makan ini adalah body image, alias citra tubuh yang buruk, sehingga selalu merasa bahwa tubuhnya memiliki bentuk yang kurang baik, seperti terlalu gemuk. Karena masalah ini, maka muncullah keinginan untuk “mengatur” pola makan secara tidak normal dan tidak terkontrol, yang menyebabkan kemunculan anorexia dan juga bulimia.

Apa Itu Anorexia?

Anorexia merupakan sebuah gangguan makan yang memiliki gejala utama berupa puasa secara berlebihan, tidak makan dalam waktu tertentu, dan memaksa untuk tidak makan meskipun lapar. Hal ini membuat tubuh dari mereka yang mengalami anorexia terlihat sangat kurus dan juga kering, bahkan hingga terlihat tulang – tulangnya. Anehnya, meskipun sudah memiliki bentuk tubuh yang sangat kurus dan “tipis” mereka yang mengalami anorexia ini tetap saja merasa bahwa berat badan mereka tidak ideal, dan merasa terlalu gemuk.

Kebanyakan, anorexia adalah gangguan makan yang paling banyak menimbulkan masalah kesehatan dan juga mental. Asupan gizi yang kurang, sudah pasti akan menyebabkan banyaknya komplikasi masalah dan gangguan medis yang berbahaya. Begitu pula dengan kondisi mental. Karena itu, mereka yang mengalami anorexia hampir pasti akrab dengan yang namanya rumah sakit, karena sering dirawat ataupun mengalami masalah medis.

Apa Itu Bulimia?

Bulimia, sama seperti anorexia, yaitu gangguan makan dimana mereka yang mengalaminya merasa bahwa berat badan mereka terlalu berlebihan, padahal sebenarnya normal. Mereka yang mengalami bulimia, terlihat biasa saja, dan tidak separah anorexia, terutama dari bentuk tubuhnya. Biasanya mereka yang mengalami bulimia akan :

  1. Makan berlebihan, dan secara sengaja memuntahkannya kembali bagaimanapun caranya.
  2. Makan berlebihan, kemudian berolahraga berat untuk membakar lemak
  3. Makan berlebihan, kemudian langsung puasa selama beberapa hari.

Mereka yang mengalami bulimia ini, biasanya memang tidak mengalami masalah kesehatan yang berarti dan berbahaya, namun hanya mengalami masalah gizi saja sedikit. Namun demikian, tetap saja gangguan makan bulimia ini sangat tidak baik untuk kesehatan mental dari dirinya.

Jadi, satu perbedaan utama dari anorexia dan juga bulimia adalah dari bentuk tubuh dan juga berat tubuh. mereka yang mengalami anorexia, akan sangat terlihat kurus kering dan juga sangat tidak normal, dan memiliki berat badan jauh di bawah normal.

Sedangkan mereka yang mengalami bulimia, biasanya memiliki bentuk tubuh yang biasa saja (meskipun terkadang ada yang terlihat ideal), dan juga memiliki berat badan yang tidak obesitas, namun juga tidak kekurangan. Namun dari segi pola pikir, mereka selalu merasa bahwa tubuh mereka adalah sangat jelek, sehingga harus diturunkan berat badannya.

Itulah perbedaan utama dari kedua gangguan makan anorexia dan juga bulimia.

By: Eduardus Pambudi