Cyber Bullying. Kenali Lebih Lanjut Apa Itu Cyber Bullying

Cyber Bullying. Kenali Lebih Lanjut Apa Itu Cyber Bullying

November 7, 2016 Off By admin

Cyber Bullying. Kenali Lebih Lanjut Apa Itu Cyber BullyingAnda mungkin pernah dan sering mendengar istilah cyber bullying, namun mungkin belum memahami mengenai apa itu cyber bullying. Cyber bullying saat ini sudah menjadi perhatian serius, dikarenakan berkembang pesatnya kultur dan budaya dunia maya, yang memicu munculnya tindakan bullying di dalam dunia maya. Sebenarnya seperti apa itu cyber bullying? Dan seperti apa contoh dari cyber bullying? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Aksi Bullying di Dalam Dunia Maya

Cyber bullying tak ubahnya perilaku bullying yang dilakukan di dalam dunia maya. Cyber apabila diartikan adalah dunia maya, atau yang kita kenal dengan nama internet saat ini. Ternyata, kegiatan membully tidak hanya terjadi di sekolah, di kantor, ataupun di lingkungan sosial saja. Praktek bullying ini juga marak dan berkembang pesat di dalam dunia cyber alias dunia maya. Hal inilah yang kemudian memicu tercetusnya sebuah istilah bernama cyber bullying. Jadi, apabila kita artikan secara harafiah mengenai apa itu cyber bullying, maka Jawabannya cyber bullying adalah sebuah perilaku bullying yang terjadi di dalam dunia maya.

Cyber bullying bisa dikategorikan sebagai sebuah bentuk kekerasan non fisik. Itu artinya cyber bullying hanya mengandalkan kekerasan atau agresi dalam bentuk verbal saja, seperti tulisan, makian, saling menyerang dengan komentar-komentar, dan sebagainya. Fenomena cyber bullying saat ini erat sekali kaitannya dengan istilah “haters” meskipun belum tentu “haters” melakukan tindakan cyber bullying. Namun kebanyakan tindakan cyber bullying ini dilakukan oleh “haters” di dalam dunia maya, terutama social media.

Haters, Contoh Konkret dari Cyber Bullying

Pernahkah anda melihat seorang artis terkenal, yang komentar di social medianya penuh dengan komentar yang menyudutkan dirinya, yang menjelek-jelekan dirinya ataupun memaki-maki dirinya. Itu adalah salah satu bentuk dari kemunculan haters di social media, dan hal ini juga termasuk ke dalam tindakan cyber bullying.

Social media menjadi salah satu sasaran empuk dari tindakan cyber bullying ini, dikarenakan satu hal penting, yaitu adanya deindividuisasi. Deindividuisasi merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mampu menutupi identitasnya, sehingga tidak dikenali oleh orang lain. Dalam social media, dan juga dunia maya secara umum, banyak terjadi kondisi deindividuisasi ini. Kondisi ini menyebabkan seseorang menjadi terkesan lebih agresif, karena merasa aman identitasnya sudah tersembunyi.

Bagaimana fenomena ini bisa muncul? Selain karena adanya faktor deindividuisasi tadi, faktor lainnya juga bisa menjadi penyebab munculnya fenomena haters dan cyber bullying ini. Salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab fenomena ini muncul adalah karena adanya pembalasan, dimana seseorang yang mungkin pernah mengalami bullying di dunia nyata, hanya mampu membalaskan dendamnya di dalam dunia maya saja. Atau bisa juga seseorang yang kurang perhatian, dimana dia banyak mencari perhatian di dunia maya, dan membuat dirinya lama kelamaan menjadi seorang pelaku cyber bullying.

Saat ini penelitian mengenai apa itu cyber bullying sudah banyak dilakukan, dan faktanya adalah ada banyak sekali hal yang membuat seseorang melakukan tindakan cyber bullying tersebut. Karena itulah, setelah anda mengetahui apa itu cyber bullying, anda bisa mencegah munculnya fenomena seperti ini, dimulai dari diri anda sendiri. By: Eduardus Pambudi