Kecemasan Melanda Saat Memilih Jurusan PerkuliahanNama : habib rizqi
E-mail : habibrixxx@gmail.com
Judul : kecemasan dalam memilih jurusan perkuliahan
Isi Konsultasi : diwaktu mendekati UN banyak siswa pergi ke BK untuk mendata jurusan dan universitas yang dipilih. disaat itu salah satu siswa merasa sudah mantap dengan pilihannya. dua hari kemudian siswa itu kembali ke BK dgn perasaan bingung dgn pilihannya. dari siswa tersebut apakah dia mengalami gangguan kecemasan atau yang lainnya.

Jawaban

Mengalami kecemasan Saat Memilih jurusan perkuliahan – Untuk mas habib, trimakasih sebelumnya. Permasalahan yang dialami tersebut adalah hal yang normal saja terjadi. Hal tersebut adalah salah satu respon stress yang tengah di rasakan. Dimana stress yang dialami tersebut sumber stresornya adalah terkait masa depan yang akan dijalani. Mau kemanakah anda nantinya setelah menyelesaikan sekolah menengah atas.

Konsultasi ke guru BK adalah cara yang sudah tepat dilakukan. Karena dari guru BK tersebut, Anda akan di arahkan, sebaiknya memilih jurusan apa yang paling baik bagi diri anda. Masalah cemas yang anda alami adalah benar adanya. Namun bukanlah sebuah gangguan kecemasan yang berat.

Kecemasan sendiri dalam psikologi diartikan sebagai ketegangan, rasa tak aman dan rasa kekhawatiran yang timbul dikarenakan ada perasaan yang tidak menyenangkan. Dan sumber yang tidak menyenangkan anda adalah kegundahan benar/tidaknya dalam memilih jurusan nantinya. Yang sedang anda rasakan pun terkait dengan apakah nanti jika memilih jurusan tertentu anda dapat diterima ataukah tidak.

Agar lebih mantap lagi menentukan, jurusan apa yang harus di ambil nantinya, mas Habib bisa mencoba untuk melakukan tes psikologi. Dengan tes psikologi anda akan dapat mengetahui bakat dan minat anda secara mendalam.

Jika belum memiliki waktu tes psikologi, coba untuk mengevaluasi ulang, apa yang sebenarnya Anda sukai dan senangi. Karena saat anda telah menemukan hal yang disukai dan disenangi, hal tersebut dapat menjadi patokan yang paling mudah, kemana seharusnya jurusan yang anda ambil nantinya.

Mungkin mengambil jurusan dengan gengsi tinggi seperti Kedokteran adalah baik untuk di coba. Namun jika memang hal tersebut hanya berdasarkan gengsi semata, sebaiknya ditinggalkan. Karena mengambil jurusan kuliah adalah langkah pertama dalam meniti karir masa depan.

Persiapkan diri anda sebelum Seleksi Masuk Perguruan Tinggi. Dengan mempersiapkan diri, maka kepercayaan diri untuk mengambil jurusan yang hendak di ambil akan semakin besar. Jika kepercayaan diri telah tumbuh tidak ada yang mustahil. Giat berlatih dan belajar lengkapilah dengan doa dan ridho dari kedua orang tua. Mulailah belajar mempersiapkan Ujian Nasional yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan saat anda mengalami kecemasan saat memilih jurusan perkuliahan. Semoga Sukses meraih cita-cita. Salam. Psikologi Mania


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia