Inilah Beberapa Fakta Kebutuhan Manusia Menurut Teori Kebutuhan MaslowTeori Kebutuhan Maslow. Sebagai manusia, maka pastilah kita semua memiliki kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi supaya bisa menjadi seorang manusia yang utuh dan tidak kekurangan. Kebutuhan yang mungkin sudah anda kenal adalah kebutuhan primer, sekunder dan juga tersier, yang meliputi banyak sekali barang, mulai dari rumah, makanan, dan sebagainya.

Namun demikian, ternyata disamping 3 kebutuhan tersebut, masih ada saja kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi supaya anda bisa menjadi manusia yang utuh.

Tokoh yang mengungkapkan mengenai hal ini adalah Abraham Maslow, yang mana ia memperkenalkan teori mengenai piramida kebutuhan, dimana terdapat 5 kebutuhan manusia, mulai dari kebutuhan paling dasar, hingga kebutuhan tertinggi, dimana seseorang mampu untuk menggunakan kemampuan yang dimilikinya secara penuh atau menyeluruh, yang dikenal dengan istilah aktualisasi diri.

Berikut ini adalah 5 kebutuhan utama yang harus dimiliki seseorang menurut teori kebutuhan Maslow:

Teori Kebutuhan Maslow

  1. Kebutuhan Fisiologis

Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan utama manusia yang pertama dan harus dipenuhi. Merupakan kebutuhan yang bersifat fisiologis, yang artinya menyangkut kebutuhan fisik seseorang. Kebutuhan fisiologis ini misalnya adalah :

  • Kebutuhan untuk makan dan minum
  • Kebutuhan se__ks__ual
  • Kebutuhan untuk mendapatkan penghasilan (gaji)
  • Dan sebagainya

Kebutuhan ini adalah kebutuhan dasar dalam hierarki kebutuhan Maslow. Sehingga mereka yang belum memenuhi kebutuhan ini, maka otomatis akan sulit untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan lainnya.

  1. Kebutuhan Akan Rasa Aman

Kebutuhan akan rasa aman merupakan kebutuhan berikutnya yang harus dipenuhi setelah kebutuhan fisiologis. Kebutuhan akan rasa aman ini meliputi segala bentuk kebutuhan seseorang akan kepastian dalam hidup, dan juga safety needs. Kebutuhan akan rasa aman ini bisa jadi meliputi beberapa hal berikut ini :

  • Rumah (aman dari bencana alam)
  • Memiliki karir yang stabil
  • Tidak merasa khawatir atau cemas dalam menghadapi suatu masalah (misalnya tidak memiliki hutang, dan sebagainya)
  • Dan lain sebagainya

Kebutuhan akan rasa aman akan muncul setelah seseorang mampu memenuhi kebutuhan fisiologisnya dengan baik.

  1. Kebutuhan Akan Dicintai

Kebutuhan akan dicintai dan dimiliki (Love and Belonging) adalah kebutuhan berikutnya yang muncul setelah kebutuhan akan rasa aman dipenuhi.

Kebutuhan ini meliputi kebutuhan afeksi dan afiliasi seseorang, misalnya saja memperoleh pasangan hidup. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi, ketika kebutuhan fisiologis dan juga rasa aman belum terpenuhi, tapi anda sudah berjuang untuk memenuhi kebutuhan yang ketiga ini? karena itu, idealnya kebutuhan ini baru akan terpenuhi dengan baik apabila anda sudah berhasil memenuhi dua kebutuhan sebelumnya.

  1. Kebutuhan Akan Harga Diri

Kebutuhan akan harga diri meliputi kebutuhan seseorang untuk menghargai diri sendiri dan juga menghargai orang lain. Selain itu, beberapa hal yang juga termasuk ke dalam kebutuhan akan harga diri ini antara lain adalah kesuksesan, gengsi, dan juga prestise.

Ketiga hal tersebut adalah beberapa contoh dari kebutuhan seseorang akan harga diri. Tentu saja kebutuhan ini baru akan muncul, ketika seseorang sudah mapan dalam segala hal.

  1. Kebutuhan Aktualisasi Diri

Yang terakhir, Maslow mengatakan bahwa kebutuhan aktualisasi diri adalah kebutuhan yang paling tinggi, dan jarang sekali orang mampu mendapatkan hal ini. kebutuhan akan aktualisasi diri ini merupakan suatu kebutuhan seseorang dalam mengembangkan dan menerima secara penuh potensi yang mereka miliki.

Bisa dibilang, kebutuhan ini merupakan kebutuhan dimana seseorang ingin benar-benar menjadi manusia seutuhnya, dan secara penuh. Mereka yang sudah mencapai atau memiliki kebutuhan aktualisasi diri ini biasanya sering dianggap sebagai orang yang bijak, toleran, dan juga mampu menghargai diri sendiri serta orang lain.

Itu adalah 5 kebutuhan utama manusia menurut Abraham Maslow. Setelah melihat kelimanya, apakah anda bisa melihat, saat ini anda berada pada kebutuhan yang mana?

By: Muhamad Fadhol Tamimy