Karakteristik Pola Pikiran Bawah Sadar AnakPikiran Bawah Sadar Anak. Pikiran bawah sadar adalah suatu hal yang masih di pelajari oleh para ilmuan, untuk membuka rahasia yang masih menjadi misteri sampai saat ini. Dalam pikiran bawah sadar pun, terkadang seorang manusia mampu untuk melakukan, hal-hal yang sekiranya tak mampu untuk di lakukan. Termasuk dalam tingkat kecerdasan yang luar biasa tinggi dari seorang anak kecil yang dengan cepatnya mampu untuk mempelajari, hingga mengidentifikasi lingkungan di sekitarnya.

Namun di sisi lain pikiran sadar juga merupakan gerbang masuk memori jangka panjang, yang pada akhirnya membentuk karakter dari seorang anak manusia. Melalui pikiran bawah sadar ini pulalah, karakter seorang manusia terbentuk.

Berikut ini akan kita bahas mengenai karakteristik dari pola pikiran bawah sadar seorang anak. baca juga artikel mengenal lebih dalam pikiran sadar dan bawah sadar

Seorang anak hingga tujuh tahun diketahui masih didominasi oleh pikiran bawah sadar, dalam setiap perilakunya. Akibatnya maka, segala ucapan dari orang tua akan mengandung kebenaran dalam fikiran seorang anak tersebut. Kata-kata dari orang tua, baik itu positif ataupun negatif akan mudah untuk diterima sebagaimana sebuah realitas dalam dirinya. Telah menjadi sebuah kewajiban dari orang tua untuk memilah dan memilih agar anak senantiasa selalu menerima informasi yang positif karena hal itu akan menjadi sebuah karakter emosi dalam diri seorang anak.

Sering kali mereka para remaja, ataupun orang dewasa sekalipun yang mengalami mental blok, ataupun fobia, disebabkan akar masalah pengalaman masa lalu yang tak tertangani dengan baik. Ia mendapatkan beragam informasi negatif yang di berikan oleh lingkungan sekitarnya.

Oleh karenanya maka fenomena seperti ini haruslah disikapi oleh para orang tua dengan sangat hati-hati. Sebuah kata, dapat berimplikasi sebagai sugesti, baik itu perkataan yang bersifat memberdayakan, atau perkataan yang bersifat menjelekkan. Hal tersebut dikarenakan pikiran sadar memiliki sebuah karakteristik yang unik.

  1. Pikiran bawah sadar bersifat lugu. Semua informasi baik itu positif ataupun negatif, benar ataupun salah akan diterima sebagaimana fakta dan kebenaran.
  2. Pikiran bawah sadar memiliki jangka ingatan masa depan yang tak terbatas. Informasi yang diterima akan berarti kebenaran hingga saatnya nanti informasi baru menggantikannya.
  3. Pikiran bawah sadar mampu mendominasi tindak-tanduk seorang manusia hingga mencapai 88%. Sementara itu pikiran sadar hanya memiliki kapasitas mendominasi 12%. Dengan demikian maka, haruslah dipastikan bahwa hanya data maupun maupun informasi positif saja yang diinstall di dalam pikiran bawah sadar.
  4. Pikiran bawah sadar memiliki kemampuan untuk mengakses serta mengendalikan pikiran sadar. Sementara hal tersebut tak berlaku sebaliknya pada pikiran sadar. Pikiran sadar pun disebut-sebut sebagai sumber potensi tersembunyi.
  5. Pikirna bawah sadar merupakan bentuk dari reaksi fisik ataupun psikis.

Itulah beberapa hal yang dapat kita ketahui tentang karakteristik pola pikiran bawah sadar, semoga menjadi hal yang bermanfaat untuk kita semua. Oleh: Muhamad Fadhol Tamimy