Kapan Gejala Social Phobia Harus Ditangani Dengan TepatNama : Astuti
E-mail : astixxx@rockexxl.com (Gejala Social Phobia)

Isi Konsultasi : Salam, dok. Sebelumnya saya membaca artikel psikoma.com tentang social phobia, pertanyaan saya: 1. Bagaimana saya tahu kalau saya benar-benar memiliki gejala social phobia? 2. Apakah social phobia bisa disembuhkan dgn self treatment? 3. Dan kapan gejala social phobia harus dikonsultasikan dgn psikolog atau psikiater? Kondisi saya saat ini: Semenjak saya mulai bekerja diawal tahun ini, ada beberapa hal dari dalam diri saya yang akhirnya membuat saya tidak kerasa nyaman. Beberapa bulan ini saya bersikap terus menerus berpikir negatif, khawatir tentang penilaian orang lain terhadap saya,saya merasa orang lain terus mengawasi saya (bahkan perasaan tersebut juga terjadi ketika saya memainkan social media, maupun tempat saya bekerja). Pada akhirnya Saya mengurung diri Karena hal yang disebutkan sebelumnya. Sekian dari saya. Terimakasih.

Jawaban: Salam, melihat kondisi dari apa yang anda alami saat ini, belum dapat dipastikan bahwa anda mengalami social phobia

Berikut beberapa ciri-ciri umum dari social phobia:

  • Rasa takut yang jelas dan menetap terhadap satu atau lebih situasi sosial, dimana individu akan merasa takut bahwa ia akan menunjukkan tindakan yang membuat dirinya sendiri merasa direndahkan

Maksudnya, individu yang mengalami social phobia akan merasa takut melakukan kesalahan, takut salah, dan takut gejala kecemasannya muncul dan dilihat oleh orang lain.

  • Kecemasan akan muncul pada situasi sosial tertentu.
  • Menyadari bahwa rasa takutnya berlebihan
  • Cenderung menghindari situasi sosial yang membuat cemas.

Untuk keluhan yang diberikan, agak sulit untuk menyebutkan bahwa anda mengalami social phobia, karena situasi sosial yang menyebabkan anda menarik diri atau mengurung diri tidak jelas / tidak disebutkan dalam pertanyaan yang anda kirimkan.

Maksud dari situasi sosial ini misalnya saja ketika Di stasiun, dengan kondisi orang yang ramai dan padat, anda merasa takut kalau orang lain melihat kecemasan yang anda rasakan, makanya anda menghindari stasiun dan situasi yang ramai dan padat akan orang

Khawatir dengan penilaian orang lain bisa menjadi salah satu ciri umum dari gangguan kecemasan, dan bisa jadi muncul pada social phobia.

Namun demikian, adanya pikiran negatif yang terus menerus dan merasa orang lain memperhatikan atau mengawasi merupakan salah satu ciri dari adanya unsur paranoid di dalam diri anda. Paranoid memunculkan gejala kecurigaan yang berlebihan, dan cenderung menetap dalam berbagai situasi.

Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan anda.

  1. Bagaimana saya tahu kalau saya benar-benar mengalami social phobia?

Anda bisa dibilang mengalami social phobia apabila anda memang mengalami rasa kecemasan yang berlebihan terhadap situasi sosial tertentu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, misalnya saja berada di dalam stasiun kereta api dengan penumpang yang padat.

Namun untuk memastikan apakah anda mengalami social phobia, diperlukan assessment lebih lanjut dari seorang psikolog atau mereka yang kompeten, berupa :

  • Observasi
  • Wawancara secara klinis
  • Penggunaan skala kecemasan

Untuk sementara, anda mungkin memiliki kecenderungan social phobia, namun belum dapat dipastikan, mengingat kondisi yang anda berikan kurang detail, dan anda juga menyebutkan kondisi yang mengarah kepada paranoid.

  1. Apakah social phobia bisa disembuhkan dgn self treatment?

Gangguan phobia, seperti misalnya social phobia, biasanya akan ditangani dengan pendekatan behavioral ataupun kognitif. Untuk self treatment, yang bisa anda lakukan mungkin hanyalah melakukan relaksasi untuk menurunkan kecemasan anda.

Namun untuk benar – benar menyelesaikan social phobia (apabila anda benar didiagnosa mengalami social phobia), maka dibutuhkan dukungan dan support, misalnya teman yang menemani anda untuk terjun langsung ke situasi sosial yang membuat anda merasa cemas. Karena bagi mereka yang mengalami social phobia, sangat tidak mungkin untuk terjun sendirian ke situasi sosial yang membuat mereka merasa cemas. Maka dari itu, dibutuhkan support atau dukungan.

  1. Kapan gejala social phobia harus dikonsultasikan dgn psikolog atau psikiater?

Secepatnya, segera setelah anda merasakan gejala-gejala yang muncul dapat mengganggu aktivitas dan kehidupan anda secara signifikan. Misalnya anda menjadi tidak bisa dan takut ke kantor karena kondisi anda, atau ketika anda sudah merasa bahwa ketakutan / perasaan sering diawasi anda membuat anda menjadi takut melakukan aktivitas seperti biasa. Psikologi Mania