Jika Anda Kurang Motivasi, Cobalah Selidiki 3 Hal IniMotivasi merupakan hal yang cukup dan bahkan sangat penting untuk dimiliki oleh siapapun termasuk Anda. Motivasi merupakan suatu hal yang sangat penting, tanpa adanya sebuah motivasi dalam melakukan berbagai hal, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal jika Anda kurang motivasi. Oleh karena Anda tidak punya semangat dan tujuan yang Anda pakai sebagai pelecut untuk berusaha.

Di saat jatuh atau ketika Anda merasakan sebuah kegagalan, biasanya Anda membutuhkan motivasi entah yang datang dari dalam diri sendiri, melalui perkataan orang lain atau mungkin dari buku-bukum, dan kalimat yang Anda baca. Tapi perlu dilihat kembali bahwa tidak semua orang memiliki motivasi meskipun mereka sering membaca buku-buku motivasi dan tidak pernah melewatkan diskusi bersama motivator kenamaan. Adakah jaminan ketika Anda selesai mendengarkan motivator atau membaca buku motivasi Anda akan langsung merasa termotivasi? Jawabannya adalah tidak. Kenapa begitu? Berikut ini ada tiga hal yang membuat Anda kurang termotivasi:

  1. Tidak Percaya Diri

Siapapun dan apapun yang Anda gunakan sebagai motivator diri Anda tidak akan pernah berguna jika Anda tidak percaya pada kemampuan diri Anda sendiri. Kemampuan diri Anda untuk mempercayai diri sendiri sangat dibutuhkan agar Anda bisa melangkah maju menuju tujuan Anda, Jika Anda takut untuk melangkah, dapat dipastikan bahwa Anda pasti takut untuk mengambil risiko. Padahal, yang perlu Anda ketahui adalah cara meningkatkan percaya diri Anda melalui proses penyelesaian risiko dari apa yang sudah Anda kerjakan.

  1. Kurang Fokus

Membuat tujuan utama dari sebuah kegiatan yang Anda lakukan secara asal-asalan dan tidak terstruktur dapat membuat Anda selalu gaagal dalam memotivasi diri Anda sendiri. Sebab, Anda tidak punya alasan pasti mengapa Anda melakukan hal tersebut. Tidak terstrukturnya tujuan juga dapat membuat Anda mudah berpindah-pindah tujuan dan akhirnya Anda malah tidak fokus dengan apa yang Anda kerjakan.

  1. Kurang Petunjuk

Bisa jadi kurangnya motivasi dalam diri Anda adalah karena Anda kurang memiliki petunjuk untuk menyelesaikan urusan Anda. Petunjuk-petunjuk bisa Anda dapatkan melalui banyak sumber bacaan dan diskusi bersama orang-orang yang tepat. Yang seringkali terjadi adalah ketika Anda kurang termotivasi, Anda justru memilih bersembunyi dalam kebingungan dan ketidaktahuan Anda atau Anda merasa bahwa tidak akan pernah Anda yang bisa membuat Anda termotivasi lagi. Jika hal tersebut terjadi, mulailah untuk keluar dari ketakutan tersebut dan cobalah bertemu banyak orang dan membicarakan banyak hal positif dengan mereka.

Sesungguhnya tidak ada satupun yang akan mampu membuat diri Anda sendiri termotivasi untuk melakukan berbagai macam hal. Anda hanya memiliki diri Anda sendiri untuk memacu diri Anda untuk melakukan berbagai macam hal positif dan bermanfaat bagi orang lain. Oleh sebab itu, semua pilihan untuk maju atau tetap pada titik Anda sekarang ada di tangan Anda sendiri. Silakan pilih! By Tri Indarti