Jatuh Cinta Pada Diri Sendiri Juga PerluJatuh Cinta Pada Diri Sendiri. Setiap manusia pasti pernah mengalami kegagalan, terjatuh ataupun kehilangan yang membuat manusia tersebut terpuruk, mungkin salah satunya adalah Anda. Seringkali di antara kita merasa bahwa kita benar-benar menjadi sosok yang tidak berguna bagi diri sendiri dan keluarga atau teman-teman di sekeliling kita. Ketika berada di titik ini, biasanya manusia menjadi sosok yang paling lemah dan jika Anda tidak mampu keluar dari rotasi ini, Anda harus merasakan stres maupun depresi berkepanjangan.

Bagi sebagian orang memilih untuk menyalahkan diri sendiri adalah pilihan paling tepat dan dianggap sebagai bagian dari bentuk pertanggungjawaban terhadap masalah yang sedang atau pernah dialami. Hasilnya, Anda seringkali membenci diri Anda sendiri dan menyalahkan diri Anda tanpa henti. Padahal, sebenarnya diri Anda tidak sepenuhnya salah. Lalu, bagaimana cara agar kita bisa kembali mencintai diri sendiri? Berikut ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

  1. Tanamkan Sugesti Positif

Cobalah ketika bangun tidur hadapkan diri Anda pada sebuah cermin yang besar. Lihatlah mata Anda baik-baik lewat cermin tersebut. Lihatlah ketika Anda bernafas di sana dan lihatlah betapa Anda harus bersyukur dengan segala hal yang telah Anda miliki. Setelah itu, cobalah tersenyum dan tahan selama 10 detik untuk meningkatkan mood Anda. Berikutnya, letakkan tangan Anda di dada dan bicaralah pada diri Anda dengan kalimat positif seperti “Hari ini aku akan berbahagia” atau “Aku bisa melewati semuanya”. Hal tersebut akan membantu diri Anda merasa percaya diri kembali.

  1. Menyayangi Tubuh

Jangan biarkan tubuh Anda tidak terawat hanya karena Anda bersedih. Cintai diri Anda kembali dengan mencintai tubuh Anda. Ubahlah potongan rambut Anda, pakailah parfum dengan aroma berbeda dan syukuri apa yang Anda miliki. Anda memiliki berat badan berlebih? Tidak usah berkecil hati, asalkan Anda sehat, semua akan baik-baik saja.

  1. Be Your Self

Jadilah diri Anda sendiri. Berhentilah menjadi orang lain. Lakukan apa yang Anda suka dan jangan lakukan apa yang tidak Anda sukai. Jangan pernah memaksa diri Anda untuk sama dengan orang lain.

  1. Bersyukur

Bersyukurlah selalu dengan setiap hal yang terjadi pada diri Anda saat ini. Bersyukur karena setiap pagi Anda masih diberikan kesempatan untuk menikmati karunia Tuhan yang sebaiknya Anda rawat dan jaga.

Membenci diri sendiri dengan alasan apapun sesungguhnya tidak diperbolehkan karena akan mengganggu kondisi psikologi Anda. Anda akan menjadi pribadi yang selalu rendah diri dan tidak berani melangkah karena takut akan membuat kesalahan berikutnya. Berhentilah membenci diri dan mulailah mencintai diri Anda agar Anda mampu mencintai orang lain dan berbagi kebahagian bersama.

By TrI Indarti