Inilah Hal Mencolok Perbedaan Antara Hobi Dan PassionPerbedaan Antara Hobi Dan Passion – Mungkin kita memiliki hobi: yang mana kegiatan tersebut adalah kegiatan menyenangkan untuk di lakukan di waktu – waktu senggang. Sebagian orang mungkin saja merasa beruntung, apabila ia mampu menjalankan hobinya sebagai pekerjaan tetap. Oleh sebab hal hal-hal menyenangkan tentunya akan di lakukannya sepanjang hari. Penghasilan daripada hobi yang didapatkan merupakan bonus. Mungkin kita akan iri dengan seorang gamer yang dapat menjalani profesinya sebagai game tester, karena sesuai dengan kesenangan mereka. Kita pun akan sangat mengagumi rekan maupun sahabat yang memiliki hobi dan jago komputer, yang akhirnya menjadi seorang konsultan IT.

Namun mengapa tak semua orang dapat menjadikan hobinya sebagai pekerjaan? Mungkin kita pernah melihat rekan di sekitar kita atau saudara memiliki suara emas. Namun ia tak menjadi seorang penyanyi, justru malah menjadi seorang pegawai PLN. Di lain waktu kita melihat rekan yang lain menjadi seorang pengusaha yang memiliki semangat dalam mengembangkan bisnisnya. Namun di waktu senggang, ia selalu melakukan kegiatan favoritnya seperti olahraga.

Perbedaan Antara Hobi Dan Passion

Seperti di lansir dalam situs Qerja, chief of Organiztional Happinerss Insight Out, Bapak Ali Zaenal Abidin, telah menjelaskan bahwasanya hobi dan juga passion memiliki banyak sekali kesamaan di dalamnya. “Kita mungkin senang melakukannya. Namun kalau melakukan pekerjaan dan juga kegiatan yang sesuai passion dan hobi, maka energy yang kita miliki akan serasa terus bertambah dan waktu terasa begitu cepat,”. Namun, Ali pun mendapati perbedaan yang paling medasar daripada hobi dan juga passion. Seperti berikut

Hobi

Dalam kamus besar bahasa indonesia, hobi seringkali diartikan sebagaimana sebuah kesenangan istimewa yang mana di lakukan di waktu senggang. Bahkan dalam kamus besar bahasa indonesia tersebut menegaskan bahwasanya hobi bukanlah sebuah pekerjaan utama.

Ali pun berpendapat hal yang sama. Menurutnya, seorang tidaklah melakukan hobi guna mencapai tujuan maupun capaian tertentu. Namun apa yang dilakukannya hanya sekedar mencari kesenangan semata. “ Misalkan saja, saya menonton filem, akan tetapi tidak merasa harus menjadi seorang pengusaha filem terbaik dunia. Saya pun juga suka bermain basket, akan tetapi tidak juga berharap untuk menjadi seorang pemain basket atau lebih baik daripada Michael Jordan,” Tegas Ali.

Passion

Sedangkan passion dalam arti kata bahasa inggris memiliki makna gairah di dalam bahasa indonesia. Menurut kamus besar bahasa indonesia, gairah memiliki pengertian, keinginan ataupun hasrat ataupun keberanian yang kuat. Ali pun menambahkan bahwasanya ketika seseorang merasakan “passion” di dalam dirinya, maka ia akan dibarengi dengan rasa “lapar” terus menerus. “Dia pun ingin lebih baik di dalam melakukan pekerjaan (ataupun kegiatan yang berdasarkan passion). Walaupun taka da kompetisi. Maka orang pun akan berkompetisi dengan dirinya sendiri,” tutur Ali.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan perbedaan antara hobi dan passion adalah, jika hobi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan atas dasar keseangan dan dilakukan di waktu senggang, sedangkan passion adalah sebuah gairah dalam melakukan kegiatan yang dibarengi dengan keinginan untuk melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya. Hobi berdasarkan kesenangan dalam melakukan, sedangkan passion berdasarkan kompetisi dengan diri sendiri.

Itulah beberapa perbedaan antara hobi dan passion yang paling medasar. Bekerja menurut apa yang disukai tidak ada permasalahan, bekerja sesuai dengan kebutuhan pasar pun juga tidak mengapa. Yang paling terpenting dalam menjalankan pekerjaan itu sendiri adalah, nilai manfaat yang akan di dapat. Baik bagi diri sendiri maupun nilai manfaat bagi orang lain. By: Muhamad Fadhol Tamimy


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia

1 Comment

Comments are closed.