hal yang harus dicapai pada masa dewasaManusia hidup dalam beberapa fase atau tahapan, mulai dari tahapan lahir, anak-anak, hingga tua atau lansia. Nah, dalam tahapan tersebut, terdapat banyak sekali tugas perkembangan, atau hal-hal yang harus dicapai pada masing-masing tahap. Termasuk fase dewasa yang mana ia juga memiliki apa saja yang harus dicapai pada masa dewasa tersebut.

Bagi anda yang sudah memasuki usia dewasa, yang menurut ilmu psikologi berusia 20 hingga 40 an tahun, maka ada beberapa hal penting yang harus dicapai pada tahap perkembangan tersebut. Penasaran? Inilah beberapa hal yang harus dicapai pada masa dewasa, menurut teori psikologi perkembangan.

 

Hal yang harus dicapai pada masa dewasa

  1. Menjalin Hubungan atau relasi khusus dengan orang lain

 

Hal penting yang harus dicapai pada masa dewasa awal yang pertama adalah menjalin hubungan atau relasi yang khusus dan juga intim dengan orang lain. perlu anda ingat, bahwa untuk menjalin hubungan seperti ini bukan berarti anda harus memiliki pasangan hidup, ataupun melakukan kegiatan se__ks__ual.

Menjalin hubungan atau relasi khusus dengan orang lain bisa jadi menjalin hubungan dengan sahabat dekat, kawan, orang yang lebih tua, teman kantor, teman kuliah, dan sebagainya. Hal ini akan membuat anda yang berada pada masa dewasa akan merasa lebih intim dan dekat dengan orang lain. Apabila hal ini tidak berhasil dicapai pada masa dewasa, maka anda akan menjadi orang atau individu yang terisolasi, tidak memiliki relasi khusus, dan bisa jadi nantinya akan merasa kesepian.

 

  1. Menikah dan Menjadi Orangtua

Tidak semua, namun kebanyakan ini adalah hal yang harus dicapai pada masa dewasa awal. Pernikahan dan memiliki anak, serta menjadi orangtua umum dilakukan dan terjadi pada masa-masa dewasa. Hal ini tidak bersifat mutlak, meskipun dalam teorinya, memang pernikahan adalah salah satu hal penting yang harus dicapai pada masa dewasa awal.

Namun demikian, pilihan untuk tidak menikah pun juga memiliki sisi positif, yang terpenting adalah point nomor 1, yaitu menjalin hubungan atau relasi khusus dengan orang lain bisa tercapai pada masa dewasa ini.

 

  1. Berkarir atau Kuliah (dan bisa kedua-duanya)

Karir dan juga meneruskan pendidikan (kuliah) adalah hal paling penting, dan wajib dilakukan pada masa dewasa. Beberapa orang memilih untuk fokus dengan pendidikan, misalnya dengan fokus terhadap kelulusan dan gelar sarjana, magister, dan doktoral, pendidikan diploma, keterampilan, dan sebagainya.

Beberapa orang fokus pada karir mereka, bagaimana supaya karir mereka menanjak dan berkembang, sehingga mampu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dan, beberapa orang memilih keduanya di masa dewasa mereka. Hal ini berkaitan dengan tanggung jawab dan juga kebutuhan pada masa dewasa yang jauh lebih meningkat dan tinggi dibandingkan masa anak – anak dan juga masa remaja.

Disamping 3 hal yang harus dicapai pada masa dewasa tersebut, sebenarnya masih ada banyak hal yang juga harus bisa anda capai pada masa dewasa. Namun demikian, apabila dilihat dari perspektif teori psikologi perkembangan, ketiga hal tersebut adalah 3 hal penting yang harus atau diusahakan untuk dicapai pada masa dewasa, supaya nantinya, fase atau tahap kehidupan anda berikutnya akan lebih mudah untuk dijalani.

 

By: Eduardus Pambudi